Sun. Dec 5th, 2021

10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest – Hari ini kami menyusun daftar 10 hal teratas yang harus dicoba setiap orang di Budapest, dan juga menambahkan di mana menemukannya ketika seseorang mengunjungi ibu kota Hungaria. Daftar ini berisi hidangan dan minuman tradisional Hongaria yang paling ikonik.

10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest

 Baca Juga : Barang Hongaria Yang Harus Kalian Beli Jika Di Budapest

1. Fisherman’s soup (Halászlé)

Sup Fisherman’s Hongaria mirip dengan paprikash ikan, tetapi dengan lebih banyak air. Sup pedas lezat ini biasanya terbuat dari ikan mas yang ditangkap di sungai Danube. Resepnya yang paling berpengaruh dalah bubuk paprika tradisional, yang memberi warna merah cerah pada sup. Versi sup Fisherman’s yang paling terkenal merupakan: sup nelayan Baja, Szeged dan wilayah Tisza. Anda bisa mencoba sup ini di banyak tempat di Budapest, misalnya di Horgásztanya Restaurant .

2. Gulai (Gulyás)

Goulash adalah salah satu (jika bukan No. 1) hidangan Hongaria yang paling terkenal. Goulash adalah sup kaya yang terbuat dari daging dan sayuran, dan dengan banyak paprika. Secara tradisional, gulai terbuat dari daging sapi, tetapi Anda juga dapat menemukan gulai yang terbuat dari racikan daging babi maupun ayam. Anda dapat mencoba gulai di hampir setiap restoran di Budapest, tetapi untuk pengalaman bersantap yang unik, Anda dapat pergi ke restoran Vagon atau Gettó Gulyás .

3. Paprikas Ayam (Csirke paprikás)

Paprika ayam memiliki semua yang menjadi ciri khas masakan Hungaria: paprika, merica, bawang merah, bawang putih, hijau, merica, tomat, daging, dan krim asam. Hidangan ini mempunyai saos krim yang daging ayamnya direbus selama satu jam. Secara tradisional, disajikan dengan nokedli atau yang biasa kita sebut pangsit telur. Anda dapat mencoba hidangan Hungaria yang sangat populer ini di Paprika Jancsi , Budapest.

4. Lecsó . Hongaria

Beberapa negara memiliki versi makanan ini sendiri (misalnya ratatouille Prancis). Lecsó Hungaria pada dasarnya adalah rebusan sayuran yang terbuat dari tomat, paprika kuning, dan bawang. Sayuran dibumbui dengan garam dan bubuk paprika. Pecinta daging sering memasukkan sosis ke dalam lecó mereka, tetapi versi asli dari makanan ini dibuat tanpa daging. Lecsó biasanya disajikan dengan roti dan satu sendok krim asam. Tidak banyak hidangan vegetarian tradisional Hongaria, jadi Lecsó benar-benar harus dicoba untuk vegetarian yang mengunjungi ibu kota. Anda bisa mencobanya di restoran M10 di Buda.

5. Solet Sólet

adalah rebusan yang terbuat dari kacang merah, bawang bombay, barley, dan paprika. Ini adalah hidangan tradisional Hungaria-Yahudi. Sólet biasanya disajikan dengan telur utuh atau setengahnya sebagai hiasan. Anda dapat mencobanya di jantung Kawasan Yahudi Budapest, di restoran Kőleves .

6. Makanan jalanan Hungaria: Lángos

Lángos adalah adonan gorengan yang disajikan dengan berbagai topping. Namun, Lángos Hungaria tradisional disajikan dengan minyak bawang putih , krim asam, dan keju parut di atasnya. Anda dapat menemukan lángos terbaik di pasar makanan yang berbeda di Budapest, seperti Great Market Hall, atau Anda dapat mengunjungi restoran Lángos Papa .

Hidangan penutup

7. Kue Sponge ( Somlói galuska )

Kue bolu merupakan makanan penutup Hongaria yang paling familiar.  Ini adalah kue kecil yang dibuat dengan tiga kue bolu rasa yang berbeda, krim, kismis serta kenari dan saus cokelat. Makanan penutup ini pertama kali dibuat untuk World Expo pada tahun 1958, dan langsung sukses. Anda dapat mencoba makanan penutup ini langsung di restoran tempat pembuatannya: Gundel .

Minuman

8. Fröccs

Fröccs adalah minuman paling sederhana dan paling indah untuk dinikmati di hari yang panas: pada dasarnya adalah anggur yang dicampur dengan air soda. Ada banyak versi fröccs dengan nama yang berbeda, tergantung pada rasio anggur-soda. Karena anggur Hungaria lezat, begitu juga fröccs. Anda dapat memesan fröccs di setiap bar di Budapest, tetapi World of Food & Drinks merekomendasikan Szimpla untuk pengalaman fröccs paling otentik.

9. Palinka

Pálinka mungkin adalah minuman beralkohol Hongaria yang paling terkenal. Ini adalah suntikan yang kuat, secara tradisional disuling dari berbagai jenis buah-buahan: plum, pir, persik, ceri, anggur, dll. Pálinka biasanya dinikmati sebelum makan (untuk membantu nafsu makan) dan di akhir makan (untuk membantu pencernaan). Pálinka berkualitas dan buatan sendiri memang bagus, tetapi jauhi yang murahan. Anda dapat mencoba 250 pálinka premium dengan rasa yang berbeda di Abszolut Palinka.

10. Milk bars

Minum susu di bar susu khusus adalah tradisi yang relatif baru di Budapest. Bar susu buka pagi-pagi sekali untuk menyambut siapa saja yang mampir untuk minum kopi atau susu dan sarapan dalam perjalanan untuk memulai hari mereka. Kunjungi Cserpes Tejivó untuk melihat apa yang dimaksud dengan bar susu khas Hongaria. Tempat ini menawarkan banyak pilihan kue dan produk susu.