Sun. Dec 5th, 2021

13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria – Bahasa resmi Hongaria sangat unik dan kompleks: terlepas dari lokasi negaranya di Er0pa tengah, dialoknya tidak sama dengan yang digunakan di negara-negara tetangganya. Kami melihat 13 fakta tentang Hungaria yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria

 Baca Juga : Sejarah Hongaria Modern

Ini adalah salah satu bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari

Siapa pun yang belajar bahasa Hongaria akan tertarik untuk memberi tahu Anda bahwa ini adalah salah satu bahasa yang paling menantang untuk dipelajari. Sementara pendapat bervariasi, kurang lebih semua orang setuju itu ada di 10 besar berkat 26 kasus dan banyak aturan kompleks.

Ini sebenarnya disebut Magyar

Sementara bahasa Hongaria umumnya disebut sebagai bahasa Hongaria di luar perbatasan negara, sebenarnya nama aslinya adalah “Magyar”, yang juga dapat digunakan untuk merujuk pada orang Hongaria.

Itu hanya diucapkan oleh 13 juta orang

Hongaria adalah negara kecil dengan sekitar 9,8 juta penduduk, tetapi – mungkin mengejutkan – ini bukan satu-satunya negara yang menggunakan bahasa Hongaria. Daerah di sekitar negara itu, yang dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Hongaria, adalah rumah bagi sekitar 2,2 juta penutur bahasa Hongaria. Negara-negara seperti Austria , Kroasia dan Slovenia termasuk dalam daftar, sedangkan bahasa Hongaria juga digunakan oleh ribuan orang yang tinggal di negara-negara seperti Amerika Serikat.

Itu berasal dari Asia

Bahasa Hungaria benar-benar berbeda dengan dialek yang digunakan oleh tetangganya, yang biasanya berbicara bahasa Indo-Eropa. Faktanya, bahasa Hongaria berasal dari wilayah Ural di Asia dan termasuk dalam kelompok bahasa Finno-Ugric, yang berarti kerabat terdekatnya sebenarnya adalah orang Finlandia dan Estonia.

Ada 14 vokal

Lima vokal bahasa Inggris pucat jika dibandingkan dengan total 14 vokal dalam bahasa Hongaria. Selain vokal dasar “a, e, i, o, u”, bahasa Hongaria juga menyertakan 9 variasi lebih lanjut pada ini: á, é, í, ó, ö, , , ü, . Pengucapan masing-masing sedikit berbeda dan dapat mengubah arti kata sepenuhnya.

Urutan kata fleksibel

Saat menyusun kalimat dalam bahasa Hongaria, ada sejumlah opsi dalam hal urutan kata (seolah-olah semuanya tidak cukup rumit!). Meskipun urutan kata fleksibel, itu tidak sepenuhnya gratis – masih ada aturan tentang bagaimana kata-kata perlu diatur. Hal ini bergantung pada penekanan kalimat, dan pengertian yang disampaikan.

Orang Hongaria mungkin mengunjungi Amerika sebelum Columbus

Christopher Columbus terkenal dengan perjalanannya ke Amerika, tetapi bahasa Hongaria mungkin hanya menjadi bukti bahwa seorang Magyar ada di sana sebelum dia. Di Yarmouth County Museum , sebuah batu dapat ditemukan yang bertuliskan bentuk awal dari Old Hungarian – yang merupakan dialek dari waktu jauh sebelum Columbus menjelajahi bumi.

Kata terpanjang memiliki 44 huruf

Tanpa padanan bahasa Inggris, kata terpanjang Hongaria adalah frasa sepanjang 44 huruf: Megszentségteleníthetetlenségeskedéseitekért . karena mungkin panjangnya, percakapan itu tidak kagi digunakan dalam sehari-hari . Apa artinya? Sesuatu di sepanjang baris “untuk perilaku [jamak] Anda yang berkelanjutan seolah-olah Anda tidak dapat dinodai”.

Tapi sebenarnya, kata-kata bisa jauh, jauh lebih lama

Bahasa H0ngaria merupakan bahasa aglutinatif, yang berarti bahwa berbagai komp0nen tata bahasa – seperti imbuhan dan batang – dapat ditambahkan ke sebuah kata untuk menambah panjangnya (dan mengubah artinya). Berkat ini, kata-kata lebih dari 100 huruf telah dibuat di masa lalu, meskipun semakin panjang kata, semakin cenderung kehilangan maknanya.

Bahasa Hungaria benar sampai ke akar-akarnya

Selama bertahun-tahun, sejak diciptakan sebagai bahasa, bahasa Hongaria telah berkembang dan berubah seperti dialek lainnya. Namun, tetap setia pada akar kunonya, bahasa Hongaria mengandung 68% etimmon, atau kata-kata aslinya. Bandingkan ini dengan 4% yang dipertahankan oleh bahasa Inggris, atau 5% yang disimpan oleh bahasa Ibrani , dan skalanya bahkan lebih mengesankan.

Ada dua kata untuk warna merah

Ketika dihadapkan dengan menggambarkan sesuatu yang merah, orang Hongaria memiliki dua kata untuk dipilih. ” Piros” dan ” vörös” keduanya menawarkan arti yang sama. Namun, sedikit membingungkan, mereka dapat dipertukarkan dalam beberapa kasus dan tidak dalam kasus lain. Anggur selalu vörös , misalnya, sedangkan darah atau mawar bisa jadi keduanya.

Nama belakang ke depan

Saat memperkenalkan diri di Hongaria, nama depan Anda selalu dicantumkan setelah nama belakang Anda. Misalnya, Tamas Nagy akan diperkenalkan sebagai Nagy Tamas. Ini dapat menarik perhatian beberapa pengunjung, namun nama yang diberikan masih digunakan saat berbicara dengan atau tentang seseorang.

Alfabet memiliki 44 huruf – dan beberapa huruf sebenarnya memiliki 2 atau 3 bagian

Alfabet Hongaria tidak hanya menampilkan 44 huruf secara total, tetapi beberapa dari mereka yang dihitung sebagai huruf sebenarnya terdiri dari dua atau bahkan tiga. Bingung ? Ambil, misalnya, “dsz”, sebuah huruf dalam alfabet Hungaria diucapkan sebagai “j”, atau “zs” yang setara dengan “z”.