5 Makanan Khas Hungaria yang Menggugah Selera

5 Makanan Khas Hungaria yang Menggugah Selera

5 Makanan Khas Hungaria yang Menggugah Selera – Hungaria merupakan salah satu negara paling tua yang berada di Benua Eropa. Berbagai bangunan dengan arsitektur antik menjadi ciri khas dari negara yang beribukota di Budapest ini. Negara yang memiliki keindahan kota yang sangat menarik ini juga ternyata memiliki berbagai makanan-makanan khas yang sangat wajib untuk dicoba. Berikut ini adalah 5 makanan khas Hungaria yang menggungah selera dan wajib untuk dicoba:

1. Goulash
Makanan khas Hungaria yang pertama adalah Goulash. Makanan ini merupakan salah satu hidangan nasional Hungaria. Goulash adalah salah satu jenis masakan tradisional yang terdiri dari sup daging yang dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran seperti kentang, wortel, serta paprika. Rasa yang dimiliki oleh masakan ini sangat kaya akan rempah dan tidak akan ditemukan di negara lain. Daging yang digunakan untuk membuat Goulash ini cukup bervariasi dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, domba, angsa, atau rusa.

2. Halaszle
Hungaria memiliki salah satu hidangan terpedas yang ada di Benua Eropa. Hidangan tersebut adalah Halàszlé. Hidangan khas Hungaria yang satu ini merupakan sup pedas yang di dalamnya terdapat bawang, tomat, anggur putih, dan juga ikan segar. Untuk tingkat kepedasannya sendiri pun bervariasi. Ada yang memiliki tingkat kepedasan yang ringan bahkan ada pula yang sangat pedas. Tingkat kepedasan Halàszlé ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

3. Palinka
Pàlinka merupakan salah satu jenis minuman khas yang berasal dari Hungaria. Minuman yang satu ini diolah dari brendi dengan rasa yang unik. Rasa yang dimiliki oleh Pàlinka ini merupakan campuran rasa dari buah aprikot, ceri, dan juga plum. Yang unik dari minuman khas Hungaria ini adalah harus disajikan pada kisaran suhu 18-20 derajat celcius agar aroma dan juga rasa campuran buahnya yang halus dapat dinikmati secara maksimal. hal tersebut dikarenakan rasa Pàlinka akan sulit untuk diapresiasi jika disajikan dengan suhu yang terlalu dingin.

4. Langos
Làngos merupakan makanan khas Hungaria yang biasanya disajikan untuk sarapan. Namun makanan ini juga bisa dijadikan sebagai kudapan dan sangat mudah untuk ditemukan karena Làngos sudah menjadi street food yang sangat populer. Makanan ini berbentuk seperti roti pipih yang digoreng secara deep fried yang bisa dimakan dengan paduan krim asam, cokelat, kacang, keju, atau bahkan olahan daging yang menggiurkan. Untuk menambah cita rasa yang gurih, bawang putih menjadi rekomendasi dari para pemain yang menyukai makanan tersebut.

5. Hortobagyi Palacsinta
Hortobàgyi Palacsinta merupakan jenis makanan seperti crepe yang sangat populer di Hungaria. Gulungan tipis Hortobàgyi Palacsinta biasanya disajikan dengan suraman kuah sup kental yang menggugah selera. Selain itu potongan daging sapi atau ayam krim asam dapat menjadi perpaduan yang pas ketika dimakan bersama Hortobàgyi Palacsinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!