Sun. Dec 5th, 2021

5 Makanan Populer di Hongaria – Masakan Hungaria berkembang selama bertahun-tahun. Pada abad ke – 15 pada masa Raja Mathias dan istrinya Beatrice dari Napoli, bahan-bahan baru dan teknik memasak diperkenalkan seperti kastanye manis, bawang putih, jahe, fuli, kunyit, pala, dan bawang, penggunaan buah untuk memasak dengan daging. dan dalam isian, dan pembuatan pasta.

5 Makanan Populer di Hongaria

 Baca Juga : 10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest

hungaria – Dalam beberapa abad terakhir, metode persiapan makanan dipinjam dari masakan Ottoman dan Austria, dan sebaliknya, khususnya untuk beberapa kue dan manisan yang menunjukkan pengaruh Jerman-Austria yang kuat.

Kekhasan Makanan Hongaria

Beberapa hidangan datang dengan lauk biasa seperti csirkepaprikás (ayam paprika) yang selalu dimakan dengan nokedli (mie), untuk beberapa roti utama hampir wajib sementara yang lain dapat disajikan sesuka hati.

Berbagai macam produk daging babi asap adalah makanan pokok di rumah tangga Hongaria seperti sosis asap, lemak babi asap, dan ham asap yang merupakan bintang dari “hidangan dingin” . Di samping roti dan sayuran segar, ini dikonsumsi saat datang untuk sarapan dan makan malam, dan di restoran terkadang ditawarkan sebagai makanan pembuka . Meskipun salah satu bahan utama di dapur Hungaria adalah lemak babi, seringkali diganti dengan lemak angsa, lemak bebek, atau minyak sayur. Lemak angsa adalah media memasak yang sempurna, bahkan dalam makanan penutup, karena praktis dan murah, dan disukai oleh beberapa orang karena rasanya yang khas.

Salami musim dingin adalah salami Hungaria yang terbuat dari daging babi Mangalitsa dan rempah-rempah yang diproduksi menurut tradisi berabad-abad. Disembuhkan di udara dingin dan dihisap perlahan , ia mengembangkan cetakan mulia di permukaan selama proses pematangan.

Produk acar utama adalah savanyú káposzta (sauerkraut) , yang secara tradisional dikonsumsi di musim dingin sebagai sumber vitamin C. Untuk musim panas, ada hidangan sup buah dingin yang menarik , misalnya hideg meggyleves (sup ceri asam) , yang menghilangkan panasnya.

1. Gulyás

Goulash, duta makanan Hongaria yang terkenal, pertama kali disiapkan oleh para gembala yang memasak daging potong dadu dengan bawang dan perasa lainnya di atas api terbuka sampai semua cairannya terserap. Daging tersebut kemudian dijemur agar para penggembala dapat mengemasnya ke dalam kantong yang terbuat dari perut domba . Ini adalah makan siang mereka yang dikemas , disiapkan sebelum berangkat dengan kawanan mereka. Ketika tiba waktunya untuk makan, mereka menambahkan air ke sebagian daging untuk menyusunnya kembali menjadi sup atau rebusan.

“gulai ketel” klasik disiapkan dengan menggoreng kubus daging sapi atau kambing dengan bawang dalam lemak babi. Tambahan bawang putih, biji jintan, tomat, paprika hijau, dan kentang ditambahkan untuk melengkapi rebusan.

Seiring waktu gulai menjadi hidangan nasional dan sup lezat ini, dengan potongan daging sapi yang empuk , kini dinikmati di rumah. Resepnya menyajikan kentang, wortel, bawang, seledri, paprika, dan tomat dengan banyak paprika dan sangat populer di kalangan juru masak yang lebih suka menggunakan potongan murah untuk rasa yang kaya . Berkat teknik memasaknya yang lambat, potongan daging yang murah dan keras menjadi lembut seperti garpu.

Hidangan ini juga dapat dibuat dengan ayam atau babi seperti Székely gulyás , rebusan daging babi dan asinan kubis yang dibumbui dengan tomat, bawang, biji jintan, dan krim asam.

2. Lángos

The populer jalan langos makanan ini dikenal sebagai “pizza Hungaria” karena menggunakan bahan yang sama untuk pizza kerak (gandum, ragi, garam, dan air) . Itu diperkenalkan oleh orang Turki selama pendudukan mereka berabad-abad yang lalu dan sekarang kesenangan gila ini dapat ditemukan di sebagian besar pameran di semua perbatasan negara-negara Eropa Timur selama perayaan lokal.

Pertama-tama digoreng dengan minyak sayur, roti pipih keemasan yang renyah kemudian diolesi dengan bawang putih cincang, di atasnya dengan krim asam dan keju parut, yang meleleh nikmat di permukaan yang panas. “Láng” dalam bahasa Hongaria berarti api dan disebut demikian karena, pada hari-hari memanggang roti, itusecara tradisional dipanggang di depan oven bata dekat dengan api. Tetapi karena saat ini orang tidak memiliki oven batu bata, dan mereka juga tidak banyak membuat roti di rumah, lángos digoreng dengan minyak dan dijual sebagai makanan cepat saji yang lezat.

3. Töltött Paprika

Pengaruh kuliner Ottoman lainnya yang lezat adalah paprika isi, yang menjadi hidangan pembuka atau lauk yang enak. Dibuat dengan paprika lilin Hungaria, lebih disukai karena kulit dan aromanya yang lebih tipis, dua bahan umum paprika dan saus tomat Hungaria dan krim asam yang selalu ada untuk hiasan hidangan memenuhi syarat töltött paprika sebagai hidangan adopsi yang dicetak dengan karakter Hongaria yang kuat. Isiannya adalah campuran daging giling dan babi, nasi, bawang bombay cincang, bawang putih cincang, peterseli, paprika Hungaria, telur kocok, garam dan merica . Paprika Töltött dimasak dalam oven sambil berdiri dan diberi saus tomat dimaniskan dengan sejumput gula. Setelah selesai, satu sendok krim asam diletakkan di atasnya dan disajikan panas.

4. Csirke Paprikás

Variasi paling terkenal dari hidangan paprika , yang umum di meja Hungaria, adalah paprika ayam . Begitu terkenalnya bahkan nenek saya yang setengah Hungaria yang tinggal di Rumania memasaknya; itu adalah bagian besar dari kenangan masa kecil saya yang tinggal di pedesaan. Makanan pokok ini mendapatkan namanya dari banyaknya penggunaan paprika . Potongan ayam direbus sebentar dalam saus berdasarkan roux yang diresapi paprika. Untuk membuat roux, Anda membutuhkan tepung dan lemak dalam jumlah yang sama ( lemak bebek atau angsa baik, tetapi jenis lemak apa pun bisa digunakan). Setelah melelehkan lemak di wajan, campur dan aduk tepung sampai rata dan berwarna cokelat. Basis ini diwarnai dengan paprika dan digunakan sebagai bahan pengental untukayam paprika , yang disiapkan dengan bawang bombay, paprika manis, dan bawang putih dan diakhiri dengan krim asam. Daging ayam yang dimasak begitu empuk sehingga benar-benar lepas dari tulangnya sendiri .

Csirkepaprikásis biasanya disajikan dengan mie telur rebus seperti pangsit . Lauk pauk lain yang mungkin disajikan termasuk millet, nasi, atau tagliatelle, tetapi nenek saya selalu memasangkannya dengan polenta dan itu sempurna, terlepas dari “aturan nokedli” .

5. Gyümölcsleves (Sup Buah)

Hidangan musim panas yang mungkin tidak Anda kenal tetapi dengan antusias dipilih oleh orang Austria, Polandia, Slovakia, dan Jerman adalah sup buah yang menyegarkan ini . Bertentangan dengan harapan, itu tidak dimakan sebagai makanan penutup tetapi sebagai sup dan orang Hongaria lebih suka panas . Ini memiliki banyak variasi tergantung pada buah musiman dan dimasak dengan krim atau susu murni, cengkeh, kayu manis, dan gula . Secara tradisional disajikan sebagai hidangan makan malam tetapi juga dapat diubah menjadi makanan penutup atau hidangan pembuka jika sedikit anggur putih atau merah yang manis.bersama dengan crème fraîche ditambahkan sebelum disajikan. Selera Eropa lainnya menyukainya langsung dari lemari es untuk penyegaran di hari-hari musim panas.

Gyümölcsleves dapat dibuat dari redcurrant, blackberry, apel, pir, atau quincebu t resep sup buah yang paling populer adalah meggyleves, sup ceri asam. Hidangan ini dapat disiapkan bahkan di musim dingin menggunakan jeruk, clementine, atau buah manis apa pun yang tersedia – segar adalah yang terbaik tetapi beku dapat digunakan.