Sat. May 21st, 2022

7 Barang Yang Harus Dibeli Saat Berlibur di Hungaria Budapest, Selain bahasa yang berdiri sendiri dan lagu Czardas yang menarik, masih banyak lagi yang harus dihafalkan. Berikut adalah beberapa barang yang mungkin ingin Anda bawa dari Budapest ke keluarga dan teman Anda di rumah.

1. Porcelain

Menurut hungaria.org Porselen kerajinan tangan tradisional Hungaria sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Benar-benar porselen bangsawan, porselen Herend telah digunakan di istana kerajaan dari Austria hingga Meksiko. Ratu Victoria sangat terkesan dengan porselen Hungaria ketika ditampilkan di pameran di seluruh Eropa, sehingga dia memesan beberapa untuk istananya. Hari ini, Herend masih membuat produk terkenal mereka di sebuah pabrik kecil di pedesaan Hungaria. Menggunakan campuran kuarsa, kaolin dan feldspar, porselen dibakar dengan panas yang luar biasa dan kemudian dilukis dengan tangan oleh pengrajin.

Cangkir kopi yang indah, mangkuk sup, piring dan mangkuk dihiasi dengan pola daun, burung, dan bunga. Herend juga membuat patung-patung porselen yang indah– figur pekerja karnaval yang dilukis dengan tangan halus, kuda, dan tentara tradisional. Porselen Herend tidak murah, berkisar antara $75-$300, tetapi harganya sepadan. Ada banyak produk Herend imitasi yang dijual di Budapest, jadi Anda harus berhati-hati saat membelinya. Tempat terbaik untuk membeli porselen Herend adalah dari salah satu ruang pamer perusahaan di sekitar kota, seperti toko Porselen Herend di Szentharomsag utca 5, Budapest, Hungaria. Mereka buka setiap hari dari jam 10:00 pagi – 7:00 malam dan karyawan mereka berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik.

Di mana menemukannya:

Herend Porcelain:

Alamat: Szentharomsag utca 5, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Setiap hari dari 10:00-19:00

2. Ajka Crystal

Didirikan pada tahun 1897, Pabrik Kristal Ajka terkenal di dunia dengan produk kristal buatan tangan yang indah yang mereka hasilkan. Produk peralatan makan dan dekorasi mereka yang indah tersedia dalam hingga 20 warna berbeda dan hadir dalam kotak hadiah yang indah dan mewah. Di pabrik, master glass blower Ajka meniup kaca ke dalam cetakan kayu dan kemudian melakukan proses pendinginan terus menerus selama empat jam. Kristal kemudian memiliki desain yang terukir di dalamnya dengan tangan.

Proses unik pabrik memastikan bahwa tidak ada dua keping kristal Ajka yang persis sama. Tidak heran perusahaan membanggakan bahwa saat Anda memegang sepotong kristal Ajka “Anda tidak hanya menyentuh sebuah mahakarya, tetapi juga hati sang master.” Jika Anda tidak dapat pergi ke pedesaan untuk mengunjungi pabrik, perusahaan memiliki sejumlah ruang pamer yang indah di sekitar Budapest. Mereka memiliki lokasi di 10 Kossuth Utca dan 7 Jozsef Attila Street, keduanya mudah diakses. Toko mereka di 18. Szent Istvan Korter sangat cantik dan memiliki banyak pilihan produk Ajka yang tersedia. Buka dari hari Senin sampai Jumat dari jam 9 pagi – 5 sore.

Di mana menemukannya:

Ajka Crystal:

Alamat: Szent Istvan Korter 18, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Senin – Jumat dari jam 9 pagi – 5 sore.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Terbaik di Hongaria

3. Telur Lukis

Meskipun popularitasnya melonjak sekitar Paskah, telur yang dilukis dengan tangan adalah makanan pokok toko suvenir dan kios pasar di Budapest. Secara tradisional, seorang pria akan mengunjungi kekasihnya pada hari Senin Paskah dan akan memercikkan air padanya. Sebagai imbalannya, wanita itu akan memberinya telur yang dilukis dengan tangan sebagai hadiah. Saat ini, telur-telur cantik ini hadir dalam berbagai warna dan desain yang berbeda dan dicat serta dijual oleh pengrajin Hungaria. Sangat indah dan halus, desain pada telur ini sering kali merupakan penggambaran bunga, hewan, atau simbol agama.

Beberapa di antaranya dijual sebagai hiasan – baik untuk Paskah atau Natal – dan ada pula yang dijual dalam karton telur, memberikan kebebasan kepada pembeli untuk menggunakannya sesuai keinginannya. Beberapa orang Hungaria menggantungnya di ranting willow vagina, menjadikannya hiasan yang cocok sepanjang tahun. Telur dijual di hampir setiap toko di Vaci Street, serta di pasar kerajinan yang indah di Castle Hill.

Pasar buka setiap hari dalam seminggu, meskipun masing-masing kios memiliki jam buka dan tutupnya sendiri, yang tidak selalu konsisten. Anda dapat membelinya di mana saja di sana, jadi pastikan Anda menelusuri semua kios dan melihat semua desain yang berbeda, sebelum membuat pilihan!

4. Kemeja Tradisional Hungaria

Beri sedikit warna pada lemari pakaian Anda, atau lemari pakaian seorang teman, dengan membawa kembali kemeja tradisional Hungaria dari Budapest. Meskipun tidak lagi dipakai setiap hari, orang Hungaria masih senang mengenakan pakaian tradisional mereka untuk acara tarian rakyat atau perayaan nasional. Kostum rakyat dari Hungaria sangat berwarna-warni dan disulam dengan desain yang indah.

Pakaian wanita cenderung terdiri dari rok melebar dengan rok, dan blus dengan lengan mengembang. Kostum pria cenderung berlengan panjang dan dilengkapi dengan rompi atau selempang. Sepatu bot dan sepatu bordir juga menjadi pakaian tradisional mereka. Kemeja rakyat biasanya berwarna putih dan disulam dengan tangan dengan desain warna-warni. Terkadang pita digunakan untuk menghias kerah atau manset.

Vaci utca adalah rumah bagi sejumlah toko yang menjual suvenir indah ini. Yang paling direkomendasikan adalah Folkart Centrum di 58. Vaci utca. Terletak di dekat balai kota tua, pilihan mereka sangat luas dan tampilan serta nuansa tokonya menawan. Folkart Centrum buka setiap hari dalam seminggu dari pukul 10:00 – 19:00.

Di mana menemukannya:

Folkart Centrum:

Alamat: Vaci utca 58, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Setiap hari dalam seminggu mulai pukul 10:00 hingga 19:00.

5. Boneka Tradisional

Boneka Hungaria telah dipamerkan di museum di seluruh dunia. Kostum mereka yang indah, fitur halus dan topi bordir, membuat mereka dikagumi di mana pun mereka ditampilkan. Boneka Hungaria membuat suvenir yang indah untuk dibawa kembali sebagai hadiah atau barang koleksi. Boneka buatan tangan yang indah ini datang dengan mengenakan kostum tradisional petani Hungaria, atau gaun pesta yang elegan dan kuno. Wajah porselen mereka yang indah dilukis dengan tangan dan jahitan, manik-manik dan bordir pada gaun mereka semuanya dilakukan dengan tangan.

Anda dapat membeli boneka kecil berukuran enam inci untuk diletakkan di atas meja rias atau boneka berukuran penuh untuk dipajang. Boneka terkecil berharga sekitar $6,50, yang berukuran sedang sekitar $35 dan boneka besar yang indah dapat berharga lebih dari $150. The Handicraft & Gift Shop di 32 Vaci Street adalah harta karun berupa boneka, bordir, dan kerajinan tradisional Hungaria. Staf berbicara bahasa Inggris dan harga cukup masuk akal. Mereka buka setiap hari dalam seminggu dari jam 9:00 pagi – 8:00 malam.

6. Anggur Tokaji

Setiap tahun pada hari ulang tahun Ratu Victoria, Kaisar Franz Josef akan mengiriminya satu botol Anggur Tokaji untuk setiap bulan dia hidup (total 972 botol pada hari ulang tahunnya yang ke-81!) Selama perjalanan Anda ke Budapest, kami sarankan Anda mengikuti Contoh Kaisar dan beli beberapa Tokaji untuk teman dan keluarga Anda di rumah. Disebutkan dalam lagu kebangsaan Hungaria, anggur ini telah menjadi harta Hungaria selama berabad-abad.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Terbaik Untuk Dikunjungi di Spanyol

Diproduksi hanya di Hungaria Timur Laut, anggur Tokaji hadir dalam berbagai rasa yang berbeda termasuk kering, Szamorodni, Aszu, Eszencia, Fordiatas, dan Maslas. Warnanya yang cerah dan rasanya yang fantastis, ditambah dengan kemasan botol yang ramping dan elegan, menjadikan Tokaji sebagai hadiah yang indah dan lezat. Anggur di Budapest sangat murah dan harga Tokaji berkisar dari $7-$25. Tokaji mudah dibeli di toko minuman keras Bacchus Borkereskedes yang terletak di 23 Vaci Utca. Tepat di jantung jalan perbelanjaan terbesar di Budapest, tokonya besar, harga terjangkau dan karyawan yang sangat ramah berbicara sedikit bahasa Inggris. Tempat ini buka setiap hari dalam seminggu mulai pukul 10:00 hingga 20:00.

Di mana menemukannya:

Bacchus Borkereskedes:

Alamat: Vaci utca 23, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Setiap hari dalam seminggu dari 10:00-20:00.

7. Taplak meja

Berikan meja ruang makan Anda tampilan tradisional yang elegan dengan taplak meja sulaman tangan yang indah dari Budapest. Ada beberapa gaya bordir berbeda yang populer di Hongaria, yang paling umum adalah pola biru di atas putih dan desain bunga berwarna-warni.

Benang biru digunakan untuk menyulam kain putih dengan desain halus yang membangkitkan keanggunan tradisional, mirip dengan pola pada cangkir teh porselen. Untuk tampilan yang lebih berwarna, pertimbangkan pola bunga merah dan hijau cerah yang disulam ke kain putih dan hitam. Pembuatan renda adalah kerajinan lain yang terkenal di Hongaria dan beberapa kain juga dilapisi dengan renda buatan tangan yang indah.

Harga taplak meja sangat bervariasi berdasarkan ukuran dan kualitas bordir. Anda dapat membeli pakaian berukuran kecil, ujung meja, dengan harga sekitar $50 tetapi pakaian ukuran penuh mungkin akan berharga beberapa ratus dolar. Anda akan menemukannya di kios-kios di Nagy Csarnok (The Great Market Hall) di Fovam Ter. Pilihannya sangat luas, jadi pastikan Anda berbelanja sebelum membuat keputusan. Jam buka pasar adalah Senin dari pukul 06:00-17:00, Selasa-Jumat dari pukul 06:00-18:00 dan pada hari Sabtu dari pukul 06:00-14:00

Di mana menemukannya:

Central Market Hall:

Alamat: Vámház krt. 1-3, 1093, Budapest, Hongaria.
Telepon:+36 1 366 3300
Jam Buka:
Senin dari 06 : 00-17 : 00,
Selasa-Jumat dari 06:00-18:00
Sabtu dari 06:00-14:00