Mengenali Gaya Arsitektur yang Ada di Hungaria

Mengenali Gaya Arsitektur yang Ada di Hungaria – Hungaria adalah salah satu negara tertua yang ada di Benua Eropa. Oleh sebab itu di negara ini banyak sekali bangunan-bangunan yang memiliki gaya arsitektur yang kuno namun tetap menarik perhatian karena hingga kini bangunan-bangunan yang ada di negara ini masih terawat dengan baik. Berikut ini adalah berbagai gaya arsitektur yang ada di Hungaria:

1. Arsitektur Bergaya Gothic
Arsitektur gotik merupakan salah satu gaya arsitektur yang banyak digunakan pada abad pertengahan. Gaya arsitektur yang satu ini adalah evolusi dari gaya arsitektur romanesque dan diteruskan oleh gaya arsitektur renaisans. Arsitektur bergaya gotik ini berasal dari Perancis yang dimulai sejak abad ke-12. Di Hungaria Kita juga akan menemukan bangunan-bangunan yang memiliki gaya arsitekur gotik. Salah satu bangunan dengan gaya arsitektur ini adalah Gedung Parlemen Hungaria.

2. Arsitektur Bergaya Baroque
Arsitektur Baroque diperkirakan sudah mulai berkembang sekitar abad ke-16. Gaya arsitektur yang satu ini biasanya didominasi oleh bangunan Gereja Katolik. Fitur yang bergelombang menjadi ciri khas yang paling menonjol dari bangunan yang satu ini. Di Hungaria juga terdapat beberapa bangunan yang memiliki gaya arsitektur seperti ini. Salah satu bangunan yang memiliki gaya baroque yang paling terkenal di Hungaria adalah Gereja Anna yang terletak di Margaret Island. Selain itu bangunan lain dengan gaya arsitektur serupa adalah The Royal Palace.

3. Arsitektur bergaya renaisance
Gaya arsitektur renaisance sudah dimulai sejak abad ke-15 hingga abad ke-17 di negara-negara Eropa. Gaya arsitektur ini digunakan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali budaya-budaya klasik kuno seperti yang berasal dari Yunani dan juga Romawi. Gaya arsitektur yang satu ini kini lebih bervariasi. Fokus utama dari gaya arsitektur ini ada di bagian kubah. Dari segi interiornya sendiri arsitektur bergaya renaisance ini menggabungkan unsur furniture yang klasik dengan warna dan juga seni dekorasi yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Salah satu bangunan yang memiliki arsitektur gaya renaisance ini adalah Gedung Opera yang ada di Hungaria. Bangunan ini terletak di pusat Kota Budapest tepatnya di Jalan Andrassy. Bangunan ini didirikan pada tahun 1875 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1884.

4. Arsitektur bergaya neoklasik
Arsitektur bergaya neoklasik ini merupakan sebuah gaya arsitektur yang dihasilkan oleh gerakan neoklasik yang dimulai sekitar pertengahan abad ke 18. Gaya bangunan dari gaya arsitektur ini mengacu kepada zaman klasik. Di hungaria sendiri bangunan bergaya arsitektur klasik ini banyak. Ciri-ciri dari arsitektur klasik ini adalah memiliki garis yang besar, bangunan terlihat elegan dengan penampilan yang rapi, simetris, serta kolom yang berdiri bebas. Biasanya bangunan bergaya arsitektur klasik ini tidak memiliki kubah atau menara. Bangunan bergaya neoklasik di Hungaria adalah Basilika Santo Istvan. Bangunan ini merupakan gereja bergaya neoklasik yang dibangun selama 54 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!