Tue. Jan 25th, 2022

3 Tempat Populer di Hungaria yang Wajib Dikunjungi

3 Tempat Populer di Hungaria yang Wajib Dikunjungi – Berlibur ke Eropa merupakan salah satu impian yang dimiliki oleh banyak orang. Salah satu negara yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Hungaria. Negara yang masuk ke dalam daftar negara paling tua di benua Eropa ini selain menawarkan keindahan perkotaan yang klasik juga memiliki berbagai tempat-tempat populer yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Hungaria. Tempat-tempat populer ini merupakan warisan berharga yg dimiliki oleh Hungaria. berikut ini adalah 3 tempat populer yang ada di Hungaria dan wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan:

1. Buda Castle
Buda Castle merupakan salah satu tempat yang paling bersejarah untuk Hungaria. Bangunan ini masuk ke dalam daftar salah satu warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 1987. Buda Castle juga merupakan bangunan istana pertama yang memiliki gaya gothic dengan arsitetur berornamen barique. Buda Castle juga memiliki sejarah yang sangat penting bagi perjalanan Hungaria sebagai sebuah negara. Kastil ini pun dijadikan sebagai simbol dari naik atau turunnya keberuntungan yang dimiliki oleh dari Hungaria. Saat ini Buda Castle digunakan untuk mengadakan kegiatan lembaga kebudayaan. Di dalam bangunannya sendiri terdapat dua buah museum. Yang pertama adalah Museum galeri nasional dan yang kedua Museum Sejarah Budapest.

2. Jembatan Chain
Jembatan Chain merupakan jembatan yang menjadi penghubung di antara Kota Buda dan Kota Pest. Jembatan ini adalah jembatan paling besar yang ada di hungaria dan dibangun pada tahun 1849. Yang unik dari Jembatan Chain adalah bahan bakunya yang terbuat dari batu alam permanen. Jembatan ini membentang di atas sungai Danube serta jembatan ini memiliki rantai raksasa. Dari Jembatan Chain para wisatawan bisa melihat keindahan bangunan Buda Castle yang begitu megah serta pemandangan kota yang memukau. Jembatan Chain ini adalah ikon wisata dari Hungaria. Tempat ini sangat populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara termasuk para anggota agen bola yang datang berkunjung ke Hungaria. Jembatan Chain memiliki struktur dan desain yang elegan sehingga membuatnya nampak menawan. Nama chain sendiri diambil dari kata rantai karena jembatan ini memiliki rantai raksasa.

3. Heroes Square
Heroes Square adalah alun-alun yang paling bersejarah yang berada di ujung wilayah Andrassy Abenue tepatnya berada di sebelah city park. Di Heroes Square ini juga terdapat monumen millenium serta bangunan Museum Seni Rupa yang dibangun pada tahun 1896. Heroes Square ini dibangun sebagai peringatan hari jadi negara yang ke-1000 sejak kedatangan Basin Carphatian ke Hungaria. Tempat ini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan Heroes Square ini dikelilingi oleh berbagai tempat penting di Hungaria. Bangunan ini mulai dibangun pada masa kekuasaan Kaisar Austro Hungaria.

Hungaria Telah Membangun Kerajaan Manufaktur di Eropa
Informasi

Hungaria Telah Membangun Kerajaan Manufaktur di Eropa

Hungaria Telah Membangun Kerajaan Manufaktur di Eropa – 40 tahun yang lalu, Hongaria bahkan bukan tempat di peta untuk komunitas manufaktur karena kurangnya sumber daya dan ekonomi kecil.

Hungaria Telah Membangun Kerajaan Manufaktur di Eropa

Hungaria – Namun hari ini, Hongaria adalah mitra dagang utama untuk Jerman, Prancis, Italia, Austria, Rumania, Slovakia, Polandia, dan Republik Ceko. Setiap tahun semakin banyak perusahaan memilih untuk berekspansi ke Hongaria secara strategis.

Baca Juga : Hungaria Membayar Dennis Prager 30.000 Dollar

Multi-juta dolar, perusahaan multi-nasional seperti Knorr-Bremse, Thyssen-Krupp, Suzuki, Bosch, dan Mercedes-Benz semuanya memiliki kehadiran yang kuat. Apa yang menyebabkan ledakan manufaktur ini? Lokasi terpusat, biaya produksi rendah, pekerja terampil dan yang terpenting, insentif politik untuk perusahaan besar.

Insentif Pemerintah

Kontributor utama ledakan manufaktur Hungaria ini adalah insentif pemerintah untuk investasi asing. Insentif yang dapat dikembalikan dan tidak dapat dikembalikan tersedia bagi investor dengan potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja, meratakan ketidaksetaraan kekayaan, dan mendorong inovasi melalui penelitian. Pemerintah Hungaria memberikan peluang dukungan untuk investasi yang lebih besar dari EUR 10 juta. Insentif ini termasuk subsidi tunai, insentif pajak, pinjaman berbunga rendah, dan tanah gratis dan potongan harga. Penawaran semacam itu sulit ditolak bagi perusahaan multi-nasional yang mencari lokasi terpusat di Eropa.

Pekerja Terampil

Tenaga kerja Hungaria dikenal berpendidikan tinggi, sangat terampil, dan pekerja keras. Mereka cenderung bekerja berjam-jam dan mengambil hari libur lebih sedikit daripada pekerja Eropa lainnya. Selain itu, sekitar dua pertiga dari angkatan kerja telah menyelesaikan pendidikan menengah, kejuruan, atau gelar teknis. Secara khusus, Hungaria menghasilkan talenta hebat di bidang TI, teknik, matematika, ekonomi, dan fisika—bidang yang mendorong teknologi dan inovasi. Terakhir, hampir 90 persen siswa yang lulus berbicara bahasa Inggris dengan lancar, yang membuat akuisisi dan transisi lebih mudah.

Elektronik Tercanggih

Manufaktur dan penelitian elektronik adalah pendorong utama inovasi dan pertumbuhan ekonomi lainnya. Sebagai produsen elektronik terbesar di Eropa Tengah dan Timur, Hongaria adalah pemimpin dalam keamanan informasi, teknologi seluler, dan penelitian terkait. Sektor ini mempekerjakan sekitar 112.000 orang dan memproduksi 26% elektronik di kawasan itu. Ini adalah rumah bagi enam dari sepuluh layanan manufaktur elektronik teratas termasuk Foxconn, Sanmina, Zollner, Flextronics, Jabil, dan Videoton. Kekuatan mereka dalam manufaktur elektronik merupakan kontributor parsial untuk pertumbuhan ekonomi.

Otomotif Kompetitif

Manufaktur otomotif adalah industri inti yang menghasilkan hampir 21% dari semua ekspor Hongaria dan mempekerjakan lebih dari 100.000 orang. Pemangku kepentingan termasuk Mercedes-Benz, Audi, Suzuki, Opel, dan Daimler. Győr bahkan merupakan rumah bagi pabrik mesin terbesar kedua di dunia. Sektor otomotif begitu dibentengi sehingga beberapa perusahaan otomotif lokal yang lebih kecil telah muncul dan menjadi stabil di antara para raksasa. Dengan kehadiran yang kuat dalam produksi mobil, banyak lembaga pendidikan telah bermitra dengan sektor otomotif untuk mendirikan penelitian dan pengembangan.

Memiliki semua komponen untuk mendorong manufaktur—investasi, penelitian lokasi, dan pekerja ideal—upaya Hongaria sangat besar dan intensif dan sejauh ini telah menunjukkan hasil yang bagus hanya dalam beberapa dekade. (Meskipun masih jauh di belakang produsen global teratas seperti Amerika Serikat, Cina, Jepang, dan Jerman.) Mereka telah mengatasi ekonomi yang tidak seimbang dan kurangnya sumber daya, dan kemungkinan akan segera bersaing di liga besar karena semakin banyak perusahaan mengamankan pabrik mereka di Eropa tengah.

Atas penvapaiannyaa itu, Hungaria juga masuk dalam 10 negara produsen organik dengan pertumbuhan tercepat

Laporan menunjukkan Hungaria adalah salah satu dari 10 produsen organik yang paling berkembang secara dinamis – Hasil hortikultura organik juga menjanjikan

Institut Penelitian Pertanian Organik Hongaria (ÖMKi) baru-baru ini melaporkan bahwa Hongaria adalah salah satu dari 10 negara berkembang paling dinamis dalam pertanian organik, berdasarkan laporan The World of Organic Agriculture Statistics and Emerging Trends 2021 oleh Research Institute of Organic Agriculture FiBL dan IFOAM.

Meskipun dalam total luas lahan, pangsa pertanian organik di Hongaria tidak terlalu tinggi (6%, angka ini untuk tetangga Barat Hongaria, Austria, adalah 26,1%), peningkatan luas lahan yang digunakan dalam pertanian organik telah tinggi pada tahun 2020. Dengan peningkatan 93,8 ribu hektar yang digunakan dalam pertanian organik berdasarkan data 2019, Hongaria menempati peringkat ke-10 dalam daftar peningkatan lahan organik tertinggi di dunia. Jumlah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian organik juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir, pada tahun 2019, jumlah ini mencapai 5600.

Pada topik hortikultura organik, Hongaria memiliki hasil yang menguntungkan. Dengan luas total 6884 ha, Hungaria adalah produsen buah organik terbesar ke- 12 di dunia. Produk buah organik terkemuka dalam total volume produksi adalah elderberry (20%), kenari (lebih dari 40%), pome (15-20%) serta buckthorn laut, ceri dan ceri asam.

Hungaria Membayar Dennis Prager 30.000 Dollar
Informasi

Hungaria Membayar Dennis Prager 30.000 Dollar

Hungaria Membayar Dennis Prager 30.000 Dollar, Sebuah yayasan pendidikan Hungaria membayar Dennis Prager dana publik sebesar $30.000 untuk dua penampilan selama festival pemuda Agustus di mana dia dan pembawa acara Fox News Tucker Carlson menggembar-gemborkan sikap sayap kanan negara itu pada masalah media, imigrasi, dan LGBTQ, menurut kontrak yang diperoleh oleh Hatewatch .

Mathias Corvinus Collegium (MCC) mengundang Prager, pembawa acara talk show radio populer dan ikut mendirikan PragerU nirlaba sayap kanan yang berpengaruh, dan pembawa acara Fox News Tucker Carlson untuk memberikan pidato memuji model nasionalis Kristen sayap kanan Hungaria sebagai penyelamat dari budaya Barat.

PragerU bukan universitas. Ini menjadi tuan rumah video lima menit di mana tuan rumah memberikan penjelasan sayap kanan tentang topik kontroversial. Sebagian besar pembawa acara adalah konservatif mapan, tetapi banyak video menampilkan poin pembicaraan ekstremis sayap kanan, termasuk kata-kata kasar anti-imigran dan retorika anti-trans.

Penampilan Prager dan Carlson adalah bagian dari upaya berkelanjutan oleh Perdana Menteri Hongaria Viktor Orbán “untuk mengambil alih, sedikit melunakkan dan kemudian mengarusutamakan pesan ekstrem kanan untuk menyatukan hak di bawah benderanya,” menurut Bulcsú Hunyadi, kepala Program Radikalisasi dan Ekstremisme di think tank Hungaria, Political Capital.

Orbán dan partainya yang berkuasa Fidesz telah memimpin Hongaria pada platform populis sayap kanan sejak 2010. Pemerintah telah memperoleh kendali hampir total atas lanskap media. Mereka melarang materi pengajaran LGBTQ dari sekolah-sekolah Hungaria dan mengarusutamakan teori konspirasi yang mengklaim bahwa miliarder liberal Amerika-Hongaria George Soros mendanai upaya yang disengaja untuk mengubah demografi negara-negara Barat, sebuah variasi dari narasi nasionalis kulit putih yang dikenal sebagai “pengganti yang hebat.”

Hatewatch memperoleh kontrak melalui permintaan informasi publik Hungaria ke MCC, yang menjadi tuan rumah acara Agustus. MCC mengirim dua pembayaran $15.000 ke Prager’s Kansas dan Brooklyn Inc. Satu pembayaran untuk pidato kira-kira 30 menit, berjudul “Media dan Kebebasan Berbicara” dan pembayaran lainnya untuk penampilan podcast 30 menit, “Pendidikan seperti apa yang dibutuhkan di Abad ke- 21 ,” menurut kontrak.

Jumlah ini lebih besar dari empat tahun gaji tahunan minimum Hongaria , yang kira-kira $6.780. Kontrak menyatakan MCC membayar akomodasi Prager, tetapi organisasi tersebut mengatakan kepada Hatewatch bahwa mereka tidak membayar biaya akomodasi.

MCC mengatakan kepada Hatewatch bahwa tidak ada biaya untuk penampilan Carlson dan tidak memberikan kesepakatan apa pun di antara para pihak.

Prager mengatakan dalam menanggapi permintaan Hatewatch untuk berkomentar bahwa $10.000 dari biaya yang dibayarkan untuk “tiket pesawat kelas bisnis”, jadi biayanya “sekitar $20k.” Kontrak yang diperoleh Hatewatch tidak menguraikan aspek perjanjian ini. Kontrak memang mengatakan PKS menyediakan akomodasi “dengan biaya sendiri.”

Undangan PKS untuk Prager dan Carlson “sesuai dengan strategi di atas,” kata Hunyadi dalam email. Pidato tersebut mengangkat “citra Orbán, menyebarkan pesannya di AS dan secara global, dan membuatnya tampil sebagai pemain global yang berpengaruh.”

Carlson, pembawa acara berita kabel yang paling banyak ditonton di AS, memuji kebijakan anti-imigrasi Hongaria selama pidatonya. Dia telah mendukung teori penggantian nasionalis kulit putih pada programnya dan sebagian menyalahkan Soros atas “mengapa begitu banyak orang dirampok, diperkosa dan dibunuh di kota-kota Amerika” dalam sebuah editorial untuk Fox News.

Prager menyebut pengajaran tentang komunitas LGBTQ sebagai “propaganda” selama penampilan podcast MCC-nya, yang berfokus pada perlunya propaganda sayap kanan dalam pendidikan dan pendirian PragerU.

‘Propaganda, bukan pendidikan’

Prager menggunakan poin pembicaraan serupa dalam pidatonya dan penampilan podcastnya, di mana dia mengklaim bahwa merek pemerintahan ultranasionalis sayap kanan Hungaria menjadikan mereka “penyelamat” dari “Budaya Barat.”

Selama pidatonya di PKS, Prager berkata: “Eropa Barat hampir hilang. … Amerika belum kalah dari kiri. Tapi itu tidak terlihat bagus.”

Parlemen Hungaria – di mana Fidesz telah memegang tiga supermayoritas berturut-turut sejak 2010 – mengesahkan undang-undang pada bulan Juni yang melarang materi pengajaran yang menyertakan penyebutan identitas LGBTQ.

Prager mengatakan kepada pembawa acara podcast MCC Péter Heltai bahwa materi LGBTQ di sekolah hanya muncul “sebagai propaganda, bukan pendidikan,” dan anak-anak “tidak boleh diajari apa pun yang anti atau pro, masalah ini tidak boleh diangkat.”

Penelitian dari GLSEN, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk mengakhiri diskriminasi berdasarkan preferensi seksual dan identitas gender di sekolah, mengklaim sebaliknya.

GLSEN menghasilkan studi tahunan tentang pengaruh kurikulum inklusif dan dukungan sekolah untuk siswa LGBTQ. Studi tahun 2019 menunjukkan bahwa siswa yang mengajar di sekolah dengan kurikulum inklusif dan sumber daya pendukung lainnya cenderung tidak mendengar komentar dan hinaan homofobia, dan merasa tidak aman.

Lingkungan yang positif menghasilkan hasil yang lebih baik. Menurut penelitian GLSEN , siswa LGBTQ cenderung tidak bolos sekolah dan lebih cenderung memiliki IPK lebih tinggi ketika diajar di sekolah dengan kurikulum inklusif.

Prager mengatakan dalam tanggapannya “posisi umumnya” adalah bahwa “sekolah tidak boleh berurusan dengan topik apa pun tentang seks atau seksualitas” sampai “sekolah menengah.” Prager juga mengatakan bahwa dia memandang “seorang gay sebagai anak Tuhan persis seperti yang saya lakukan terhadap seorang heteroseksual.”

Prager telah menyatakan penerimaan sosial orang gay dan biseksual, tetapi menentang pernikahan sesama jenis dan telah membuat komentar anti-trans.

Prager juga muncul di halaman penggalangan dana untuk Alliance Defending Freedom , sebuah kelompok kebencian anti-LGBTQ.

Hongaria melarang pasangan sesama jenis mengadopsi pada bulan Desember dan melarang transgender mengubah jenis kelamin lahir pada dokumen mereka pada Mei sebelumnya.

Uni Eropa telah berulang kali mengkritik undang-undang anti-LGBTQ Orbán. Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan kepada wartawan pada bulan Juni bahwa “RUU itu memalukan.”

Video PragerU menuduh media arus utama bias sayap kiri. Selama pidatonya, Prager menyayangkan media “mencuci otak” publik dan upaya perusahaan teknologi untuk menghentikan penyebaran informasi yang salah tentang pandemi COVID-19.

“Anda tidak bisa mengatakan bahwa mungkin terapi lebih baik daripada vaksin. … Saya pribadi telah menggunakan ivermectin selama satu setengah tahun terakhir,” kata Prager. Dia mengaku tidak divaksinasi dan tidak tertular COVID-19 meski tidak mempraktikkan jarak sosial.

“ Twitter akan mengatakan itu informasi yang salah,” lanjut Prager.

Ivermectin digunakan pada manusia dan hewan untuk mengobati parasit, bukan virus. Food and Drug Administration memperingatkan penggunaan ivermectin untuk mengobati COVID-19 pada bulan April.

Selama bagian tanya jawab di akhir pidato kira-kira 25 menit Prager, seorang penonton yang mengaku berasal dari Kanada bertanya kepada Prager harapan apa yang dia lihat untuk AS dan Kanada.

Prager mengatakan ada harapan, tetapi upaya media untuk menyensor gerakan sayap kanan “masalah yang sangat serius.”

“Kebebasan media di Kanada jauh lebih sedikit daripada di Hongaria,” kata penonton.

Prager menjawab: “Itu benar. Itu poin saya.”

Baca Juga : Hungaria Melarang Semua Informasi LGBTQ di Dekolah, Buku anak-anak

Pengawas internasional dan jurnalis Hungaria tidak setuju. Reporters Without Borders, yang dikenal dengan akronim Prancis RSF, menempatkan Hongaria di peringkat 92 dari 180 negara dalam hal kebebasan pers pada tahun 2021. RSF menempatkan Kanada ke 16 dari 180 negara.

RSF mengatakan “hegemoni pemerintah atas lanskap media Hungaria” adalah alasannya untuk peringkat yang rendah. RSF memasukkan Orbán dalam laporan “predator kebebasan pers” tahun ini, kepala negara Eropa pertama yang muncul dalam daftar.

RSF mengutip kontrol Fidesz atas “80 persen” media Hungaria baik melalui kepemilikan langsung atau Yayasan Kesma, konglomerat media pro-pemerintah yang “memiliki sekitar 500 outlet pro-pemerintah”. Kantor perdana menteri secara langsung mengontrol dana UE yang dihabiskan untuk iklan media.

“Pemerintah membeli ruang publik” dan menggunakan dana negara untuk iklan “dengan tujuan mengulangi dan mengintensifkan pesan pemerintah yang sebenarnya,” Attila Batorfy, guru master jurnalisme, studi media dan grafik informasi di Universitas Eötvös Loránd Budapest dan anggota tim data investigasi outlet Hungaria Atlatszo, mengatakan kepada Hatewatch.

“Oposisi tidak bisa menantang sejumlah besar uang publik ini untuk pidato yang disubsidi.”

Tamas Bodoky, pemimpin redaksi outlet investigasi utama Hungaria Atlatszo , mengatakan kepada Hatewatch, “Kebijakan media pemerintah adalah kebalikan dari apa yang saya sebut keterbukaan, itu benar-benar totaliter.”

Penolakan yang ‘sopan’

Sementara undang-undang anti-LGBTQ Hungaria baru-baru ini menimbulkan kontroversi, Orbán pertama kali mendapat pengakuan sayap kanan atas kebijakan imigrasi garis kerasnya.

Pada 2015, puluhan ribu pencari suaka tiba di perbatasan Hungaria, pintu masuk ke Uni Eropa bagi mereka yang datang melalui Serbia. Mereka melarikan diri dari daerah yang dilanda perang di Suriah, Irak dan di tempat lain.

Hongaria awalnya mengizinkan masuknya pencari suaka tetapi dengan cepat mengesahkan undang-undang hukuman pada tahun 2015 untuk mencegah pencari suaka. Ini termasuk RUU yang menciptakan “zona transit” penahanan migran yang kemudian oleh Pengadilan Eropa dikatakan “seperti penjara”, dan menyetujui pembangunan tembok perbatasan tahun itu.

Carlson memuji kebijakan imigrasi Hongaria selama pidatonya di PKS.

“Saya terkesan secara pribadi dengan tanggapan pemerintah Anda terhadap krisis migran 2015. Hongaria berdiri sendiri, pada dasarnya, dengan mengatakan, ‘Tidak, terima kasih.’ Dan itu menurut saya sebagai hal yang benar-benar sah untuk dilakukan, ”kata Carlson di bagian atas pidatonya.

Carlson menyelenggarakan programnya dari Hongaria selama dia tinggal. Dia menayangkan cuplikan perjalanannya dengan helikopter militer ke perbatasan Serbia-Hungaria, di mana dia menyaksikan penegakan hukum Hungaria mendorong dua pria ke Serbia.

Carlson mengatakan perbatasan itu “bersih” dan “tidak ada adegan penderitaan manusia, karena itu terkendali.”

Selama pidato PKS-nya, Carlson menceritakan bagaimana penjaga perbatasan Hungaria menangkap dua pria yang “dituntun dengan sopan dan dibawa ke sisi lain. … Semuanya memakan waktu 30 menit.”

András Léderer, petugas advokasi senior di Komite Helsinki Hungaria, satu-satunya kelompok di Hungaria yang memberikan nasihat hukum tingkat tinggi gratis kepada para pengungsi, mengatakan kepada Hatewatch bahwa ini adalah “penolakan yang tidak sah dari dua warga negara Suriah.”

Petugas advokasi menjelaskan Konstitusi Hungaria “melarang pengusiran kolektif,” seperti halnya Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia, Konvensi Pengungsi 1951, Piagam Hak Fundamental Eropa dan persetujuan suaka Eropa.

Meskipun Carlson menggambarkan interaksi “sopan”, banyak “dari tindakan ini disertai dengan kekerasan parah yang dilakukan oleh aparat penegak hukum. Terlepas dari kekerasannya, tindakan itu melanggar hukum,” kata Léderer.

Fox News tidak menanggapi permintaan Hatewatch untuk mengomentari penampilan Carlson di Hungaria.

Legislasi melawan Soros
Orbán membenarkan sikap garis keras itu dengan menyebut imigrasi sebagai ancaman bagi susunan etnis Hongaria. “Kita tidak ingin warna, tradisi, dan budaya bangsa kita sendiri tercampur dengan orang lain,” katanya dalam pidato tahun 2018.

Orbán menyalahkan Soros, yang adalah orang Yahudi, karena mendanai organisasi “pro-migrasi”. Fidesz mengesahkan undang-undang “ Hentikan Soros ” pada tahun 2017 dan 2018. Undang-undang ini memaksa LSM dengan dana asing untuk mendaftar dan memungut pajak 25% atas sumbangan asing kepada LSM yang berjumlah lebih dari $24.000. Dia juga menyebut pengungsi sebagai “penyerbu Muslim” dalam wawancara 2018 dengan tabloid Jerman Bild .

Nasionalis kulit putih memandang teori penggantian sebagai kenyataan. Mereka meneriakkan, “Yahudi Tidak Akan Menggantikan Kami” di Charlottesville, Virginia, menjelang unjuk rasa nasionalis kulit putih 2017 yang mematikan.

Carlson mengudarakan retorika ekstremis serupa pada programnya. Dia membela “pengganti hebat” pada 8 April tahun lalu. Dia menyalahkan Demokrat atas upaya berkelanjutan untuk “mengubah pemilih,” mengklaim imigran yang mendapatkan hak untuk memilih mencabut haknya.

Prager, yang adalah orang Yahudi, tidak berbicara tentang imigrasi dalam penampilan publiknya di PKS. Tetapi Prager muncul di podcast rasis sayap kanan Stefan Molyneux pada tahun 2017 untuk berbicara tentang perlunya Tuhan dalam moralitas, di mana Prager menyoroti bahwa ada lebih banyak masjid daripada gereja yang dibangun di Eropa.

Prager menjawab bahwa dia tidak melihat mengapa “orang tidak akan menyimpulkan bahwa lebih banyak masjid daripada gereja telah dibangun di negara-negara Eropa Barat,” mengingat bahwa “sebagian besar orang Eropa Barat sekuler, terutama di kalangan anak muda.” Prager mengutip data dari Pew Research dan survei sosial Eropa yang dilakukan antara 2014 dan 2016.

Mengenai wawancaranya di podcast Molyneaux, Prager berkata, “Hampir tidak ada orang, kanan atau kiri, yang podcastnya akan saya tolak. Saya ingin menyebarkan nilai-nilai Amerika dan Yudeo-Kristen kepada setiap audiens yang memungkinkan.”

Orbán menghadapi tantangan pemilihan terberat dari sepuluh tahun kekuasaannya pada tahun 2022. Semua partai oposisi utama telah bersatu dalam satu tiket untuk menghadapi Fidesz. Jajak pendapat Politico menunjukkan mereka secara konsisten saling bersaing hingga Desember.

Hunyadi mengakui kekhawatiran atas Fidesz kehilangan supermayoritasnya.

“Undangan Prager dan Carlson,” bersama dengan Bannon dan Yiannopoulos, “memiliki manfaat untuk konteks domestik: pemilih Hungaria dapat mengalami bahwa ideolog AS terkemuka mengunjungi negara itu, berbicara seperti PM Orbán dan memuji dia dan politiknya, ” kata Hunyadi.

Namun, Hunyadi melihat kondisi yang menguntungkan bagi Orbán di tahun-tahun mendatang.

“Imigrasi kemungkinan akan memainkan peran penting di tahun-tahun mendatang dan mungkin beberapa dekade karena gejolak politik dan ketidakpastian di Timur Tengah dan Afrika serta dampak perubahan iklim,” katanya. “Saya berharap dia menemukan peluang untuk menampilkan dirinya sebagai garda depan gerakan populis sayap kanan global di masa depan juga.”

Tempat Paling Unik di Budapest
Informasi

Tempat Paling Unik di Budapest

Tempat Paling Unik di Budapest, Namanya Szimpla Kert. Maksudnya“ ladang yang apa adanya.” Tempat ini sejatinya suatu pujasera yang ditempati belasan industri bebas, mulai dari shisha kafe, persewaan sepeda, restoran, sampai design shop. Di halamanbelakangnya ada ruang layar tusuk yangberoperasi sesudah masa dingin. Seluruhnya memberi tempat di kondominium kumal 3 lantai yang sempat lama terbengkalai.

Menurut hungaria Bidang dalamnya kumal serta suram. Kotor serta riasan silih sengkarut. Berhamburan, tetapi berseni. Sekujur bilik gedung dijejali etiket, graffiti, pula plakat. Kita dapat meningkatkan coretan serta tidak seseorang juga hendak mengetahuinya. Bersandar di suatu kafe temaram, aku dihibur oleh film abstrak yang ditembakkan belasan alat pemantau pc dari era disket. Beranjak ke lantai 2, sisa- sisa acara mulanya malam sedang terendus: aroma cimeng yang menusuk hidung.

Szimpla seakan mencampurkan beberapa barang keranjang sampah dari Jalur Surabaya, daya cipta nyeleneh artis Yogya, dan antusiasme hipster wiraswasta Pasar Santa.“ Tidak terdapat tempat semacam ini di mana juga,” ucap pembimbing aku. Amati saja suguhannya: bangku yang terbuat dari bagian kediaman skateboard; lemari berupa kulkas berumur; bunga yang berkembang di atas sepatu ski; meja makan di dalam mobil ringsek.

Terbebas dari kejanggalannya, Szimpla menggantikan impian banyak orang. Tempat ini menyuntik nyawa terkini pada Jewish Quarter, kawasan tinggal kalangan Ibrani di Budapest. Szimpla menghidupkan gedung lusuh, teratur mengadakan acara, membuat malam- malam di area ini tidak lagi menyeramkan. Lebih dari itu, beliau menjelma jadi subjek darmawisata.

Szimpla merupakan alasan kenapa Budapest dinamai tanah kelahiran“ ruin bar.” Wisatawan berdatangan saban hari. Rekreasi kunjungan di Jewish Quarter saat ini tidak komplit tanpa singgah sejenak di Szimpla. Hasil yang luar biasa buat suatu tempat yang dirakit dari modul siklus balik.

Meninggalkan Szimpla, aku meniti jalan- jalan berangkap batu, melampaui gedung- gedung yang kecapekan melawan durasi, mengarungi desa Ibrani di kota terpadat di Hungaria. Aku tiba kala masa dingin terkini memulai angkat kaki. Hawa runcing menggerayangi badan, memforsir aku buat tetap merapatkan jaket.

Tetapi aku tidak senantiasa meringik. Jalan- jalan di Budapest dapat tiap dikala berganti jadi pertandingan pencarian wanita bungkus. Populasi perempuan menawan di kota ini sedemikian itu besar.“ Dari 10 perempuan di Budapest, 11 tentu menawan,” seseorang sahabat sempat berseloroh. Salah satunya permasalahan besar di Budapest: kalangan laki- laki lokal pada umumnya sangat ganteng buat disaingi.

Jalan- jalan di Jewish Quarter sedang mendengungkan cerita lembut dari kejadian Holocaust, tetapi area ini sejatinya sudah jauh berganti. Hari- hari saat ini lebih dimeriahkan oleh denting cangkir, gelak tawa, serta buaian nada. Di banyak ujung, kita dapat menciptakan warung kebab, kedai kopi serta kafe, kelab malam, bengkel seni tato, pula gerai roti.“ Cimeng sesungguhnya bawah tangan di negara ini, tetapi kita dapat dengan gampang membelinya di Jewish Quarter,” tutur pramusaji di penginapan aku.“ Jewish Quarter…kadang kita menyebutnya Party Quarter.”

Berakhir melampaui gerai perlengkapan seks bernama Tutti Frutti, aku merambah alam ghetto di jantung Jewish Quarter. Di era Perang Bumi II, tempat ini dikurung pagar besar serta diawasi teliti. Ghetto merupakan tempat masyarakat Ibrani digelandang, digabungkan, didata, setelah itu disortir buat memastikan siapa yang bisa bertahan, siapa yang dikirim ke barak Fokus, serta siapa yang harus dihabisi. Tetapi apalagi zona horor sejenis ini sudah beralih bentuk jadi area urban yang modern. Dinding- dinding bangunan dilapisi mural. Lahan- lahan kosong ditempati sentra jajanan bermuatan food truck. Walaupun badannya renta, Jewish Quarter tampak fresh bagaikan seseorang anak muda.

Seluruh itu sesungguhnya kejadian yang relatif terkini. Berakhir Perang Bumi II, dikala Hungaria berasosiasi dengan gulungan kiri Uni Soviet, Jewish Quarter luang berganti jadi“ kota makhluk halus.” Area ini lowong dibiarkan penghuninya. Banyak ruko, rumah, serta kondominium masyarakat Ibrani beralih jadi kediaman para pemadat serta gembel. Titik baliknya diawali sehabis Hungaria bebas dari cengkaman pemerintahan komunis. Gorden besi dinaikan. Martil clurit digantikan hak kepunyaan serta antusiasme keuntungan. Di dasar jampi- jampi terkini bernama ekonomi pasar, tiap jengkal tanah serta tiap bongkah bata di Jewish Quarter ditatap selaku peninggalan yang harus digunakan.

Andrea, seseorang pembimbing darmawisata kelahiran Budapest, menggambarkan gimana penguasa royal menawarkan insentif keuangan untuk pihak swasta yang bersedia membeli gedung reyot di Jewish Quarter, kemudian mengisinya dengan restoran ataupun gerai.“ Seluruhnya diawali berakhir Tembok Berlin ambruk,” melamun Andrea.“ Banyak bangunan, tercantum Szimpla, yang sebelumnya ialah petarangan pemadat, saat ini jadi tempat bidang usaha yang amat profitabel.”

Sayangnya, pergantian yang gempita itu tidak sukses memperbaiki bagian terutama dari Jewish Quarter: masyarakat Ibrani. Mengambil informasi World Jewish Congress, populasi pemeluk Ibrani di Hungaria dekat 35. 000- 120. 000 jiwa.( Gap statistik yang sangat luas ini diakibatkan banyak orang memilah merahasiakan bukti diri agamanya.) Kebanyakan dari mereka beralamat di Budapest, kota yang mengumpulkan dekat 20 sinagoge. Anehnya, lumayan susah untuk kita buat menciptakan masyarakat Ibrani di Jewish Quarter.

“ Berakhir perang, masyarakat Ibrani hidup menabur, tidak lagi terkonsentrasi di Jewish Quarter,” nyata seseorang masyarakat lokal. Jewish Quarter, tuturnya, bukan lagi kawasan tinggal yang disatukan oleh kecocokan agama. Pendek tutur, Jewish Quarter dikala ini merupakan“ desa Ibrani” yang hidup dalam memo asal usul. Tetapi Jewish Quarter paling tidak sedang mempunyai sinagoge.

Sesuatu siang, aku berjamu ke Kazinczy, sinagoge yang didedikasikan untuk pengikut mengerti Kolot, kalangan minoritas di Budapest. Berakhir melampaui gerbangnya, seseorang eyang berdiri memaksa donasi.“ Jumlahnya tergantung Kamu, dapat 5 euro ataupun 5 dolar,” tuturnya adab. Sehabis itu, ia memohon aku menggunakan kippah, kopiah kecil yang menutupi bubun.

Kazinczy dibuat pada 1912 dengan arsitektur art nouveau. Sinagoge ini mengaplikasikan pakem konvensional di mana kalangan perempuan dipisahkan di teras lantai atas, sedangkan kalangan laki- laki bersandar berjajar mengarah arena di lantai dasar. Kala aku tengah menjelajahi bidang dalamnya, si eyang pengawal pintu mendatangi serta menarangkan sebabnya memohon kontribusi.“ Pengikut Kolot cuma dekat 100 keluarga di kota ini. Kita tidak memiliki lumayan duit buat menjaga sinagoge,” ucapnya.

Ini awal kalinya aku merambah sinagoge. Hati aku dipadati perasaan ambivalen, bisa jadi sebab aku tiba dari negeri di mana seluruh yang terpaut Yudaisme ditatap miring. Di Indonesia, Ibrani kolam sekerat tutur kotor yang sering disejajarkan dengan zionisme, dengan aniaya kepada orang Palestina, dengan sedikit konglomerat yang ahli mengatur pasar modal.

Aku ingat, guru ngaji aku sempat menceritakan jauh mengenai kepribadian beret serta oportunis Anak cucu Israel. Orang Ibrani susah diyakini, tutur ajengan aku dahulu. Seburuk itukah? Bukankah menyumpahi seluruh orang Ibrani kejam tidak ubahnya menuduh seluruh Orang islam teroris?

Pergi dari ruang penting sinagoge, aku singgah di“ rumah berkah” serta mendapati seseorang Illah yang intens merenungkan Taurat, buku samawi yang mendahulukan Injil serta Alquran.“ Kalian wajib dapat membaca Taurat. Terdapat banyak pelajaran yang dapat dipetik,” ucap si Illah yang lahir di Budapest, tetapi saat ini hidup selaku diaspora di New York.

Baca Juga : 5 Tempat Makan untuk Muslim di Budapest

Aku mengintip buku yang dibacanya. Aksara Yahudi sejenak mendekati Alquran. Metode membacanya juga serupa: dari kanan ke kiri. Aku memanglah terlambat tiba dengan bias, dengan stereotip yang ditanamkan di langgar serta langgar, oleh banyak orang yang saat ini bisa jadi tengah asik main aplikasi Facebook ciptaan orang Ibrani. Tetapi pertembungan pendek aku dengan si Illah sudah meninggalkan opini kebatinan yang membekas.

Menemui pengikut Ibrani bagaikan menemui kerabat berumur yang sudah lama diasingkan dari kegiatan gabung keluarga. Aku kembali meniti jalan- jalan berumur. Di pinggir ghetto, suatu sinagoge yang lain menjulang bagak: Great Synagogue, sinagoge terbanyak di Eropa. Dinaungi minaret serta kubah, fasadnya sejenak menyamai langgar, serta terdapat uraian asal usul kenapa opini itu sedemikian itu kokoh. Sinagoge ini mengadopsi style Moorish Revival. Arsiteknya memetik gagasan dari masjid- masjid di Afrika Utara serta Alhambra.

Di teras sinagoge, suatu karnaval bergulir dengan mengaitkan sebagian serdadu kavaleri. Seseorang nenek mendatangi aku serta membagikan suatu bros bintang Daud.“ Kita mau membuktikan kalau pemeluk Ibrani memiliki kedudukan di negara ini,” tuturnya. Hari ini, 15 Maret, Budapest tengah memeringati Revolusi Hungaria serta masyarakat Ibrani memakai momen ini buat menampilkan kalau mereka bagian yang legal dari komunitas kota. Tidak seluruh orang Ibrani mau kembali ke Tanah yang Dijanjikan.

Beringsut dari hawa yang menusuk tulang, aku mampir di Spinoza, restoran kecil yang menyandang julukan filsuf Belanda. Menu hari ini: wine serta goulash, sejenis semur tipe Hungaria. Dikala tengah memotong daging- daging halus, kaum anak didik merambah ruang pentas di balik restoran buat menekuni kehidupan di Jewish Quarter saat sebelum pecahnya Perang Bumi II. Terbebas dari sosoknya yang bertambah modern, bertambah modern, Jewish Quarter hendak senantiasa jadi petilasan berumur yang memanggil- manggil cerita yang telah lalu. Di antara kehangatan goulash serta sedapnya wine, di antara pesta- pesta yang riuh di Szimpla, kita hendak senantiasa dituntut buat melawat ke balik.

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Masakan Hungaria
hungaria Informasi Makanan

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Masakan Hungaria

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Masakan HungariaHongaria adalah negara orang-orang yang ramah yang sangat bangga dengan makanan dan anggur mereka yang mereka rasakan keterikatan budaya yang kuat. Ini menjanjikan Anda jenis pengalaman kuliner yang paling baik dinikmati di lingkungan otentik negara itu sendiri. Gastronomi selalu memainkan peran penting dalam budaya Hongaria. Hal ini ditandai dengan tradisi dan inovasi, serta ide-ide kreatif dan solusi yang terinspirasi oleh warisan berabad-abad.

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Masakan Hungaria

 Baca Juga : Tempat Makan di Budapest Hungaria Untuk Umat Muslim

hungaria – Dari waktu ke waktu selama berabad-abad, Hongaria telah bertindak sebagai semacam dapur Eropa. Diapit oleh Cekungan Carpathian dan diberkati dengan iklim yang menguntungkan, ini adalah tanah yang dapat menghasilkan berbagai macam buah dan sayuran. Mungkin jenis buah yang paling khas adalah plum Szatmár, apel Szabolcs, aprikot Gönc, almond Káli, dan biji labu rség. Hutan dan padang rumput Hungaria sangat kaya akan jamur yang dapat dimakan, yang sering digunakan dalam masakan Hungaria, baik sebagai bahan atau bumbu, dan tidak kurang dari 250 jenis jamur yang dapat dimakan dapat ditemukan di Carpathian Basin.

GULYÁS (GOULASH) SUP DAN SUP IKAN: HANYA KRIM SUP HUNGARIA

Orang Hongaria mengatakan bahwa mereka adalah “bangsa pemakan sup”. Sementara di banyak negara, sup diturunkan menjadi makanan pembuka, secara tradisional untuk orang Hongaria, jika Anda belum makan semangkuk sup, maka Anda belum makan. Karena itu, kami membedakan antara sup sayuran ringan dan sup yang lebih banyak dengan daging dan pasta. Gulai ikonik dan sup ikan termasuk dalam kategori yang terakhir dan disiapkan dalam berbagai variasi, baik di restoran maupun di rumah. Ada dua kelompok utama sup ikan Hungaria: dinamai dari kota Baja dan Szeged. Sementara sup ikan Baja secara tradisional terbuat dari ikan mas dan dengan metode yang lebih sederhana, sup ikan Szeged dibuat dari berbagai jenis ikan dan melewati saringan. Makanan khas Hongaria lainnya adalah sup buah manis, disajikan dingin. Tapi bagaimanapun, sup sering mencerminkan musim;

THE MAGIC OF CAULDRON STEWS

“Pörkölt” — hidangan daging rebus — adalah hidangan khas Hongaria. Persiapannya yang tepat menjadi bahan perdebatan sengit: tanyakan pada segelintir orang Hongaria dan Anda akan mendapatkan setidaknya selusin pendapat. Secara tradisional, Anda mulai dengan menggoreng bawang cincang dalam lemak babi, kemudian dimasak dengan daging potong dadu dan disiram dengan paprika. Selain potongan konvensional daging sapi, kambing, babi atau ayam, sering disiapkan dengan jeroan, seperti babat atau ampela, atau permainan. Di restoran, sering disajikan dengan lauk panas, tetapi gaya rumahan dimakan dengan roti dan acar.

THE OLD-FASHIONED DISH AHEAD OF ITS TIME

“Főzelék” adalah hidangan utama berbahan dasar sayuran, yang bukan hanya makanan ringan dan sehat, tetapi juga cocok untuk vegetarian, atau tergantung bagaimana mengentalkannya, bahkan sebagai bagian dari pola makan vegan. “Főzelék” adalah hidangan yang benar-benar musiman, paling baik jika disiapkan menggunakan produk segar seperti kacang hijau atau kuning, bayam, kacang hijau, kentang, lentil, atau bahkan kubis Savoy.

FROM HOME FAVOURITE TO HAUTE CUISINE

Untuk non-vegetarian, masakan rumahan favorit lainnya adalah hidangan jenis casserole yang mengandung daging, seperti “rakott burgonya” (kentang berlapis), “rakott káposzta” (kubis berlapis) atau bahkan kembang kol berlapis. Orang Hongaria sangat percaya bahwa tidak ada hidangan, betapa pun lezatnya, yang tidak akan disempurnakan dengan menambahkan cambuk krim asam. Tart namun lembut, ini adalah salah satu produk susu Hungaria yang paling disukai. Masakan Hongaria tidak akan terpikirkan tanpanya. Saat ini, hidangan jenis casserole Hungaria, dimasak dalam satu panci dan menggabungkan sayuran dan daging, ditemukan pada menu di restoran-restoran top. Ini adalah tonggak sejarah dalam perjalanan membawa cita rasa klasik rumahan ke tempat yang tepat dalam keahlian memasak kelas atas.

FOR THOSE WITH A SWEET TOOTH

Di sisi yang lebih manis, Hungaria unggul dalam makanan penutup. Pancake Gundel yang lezat diisi dengan campuran kenari/rum yang disiram saus dark-cokelat, kue bolu Somlói rasa vanila dengan saus cokelat, rum, dan kismis, sementara túrógombóc adalah kue keju cottage manis dengan saus krim asam manis. Kue yang paling ikonik adalah Dobos dan Esterházy klasik, sementara Hongaria juga menemukan irisan zserbó walnut-aprikot dan Rákóczi túrós keju aprikot-cottage.

WELL-TRAVELLED STREET FOOD

Bagi orang Hongaria, ada makanan yang sedikit diperhatikan dari pemandangan jalanan, pasar, dan kehidupan sehari-hari mereka; sementara di luar negeri mereka dianggap sebagai makanan lezat yang nyata. “Lángos” dijual seperti kue panas pepatah di Jepang, seperti halnya “kürtőskalács” (kue cerobong asap) — sejenis kue yang dipanggang di atas arang di atas loyang khusus berbentuk kerucut — di AS. Meskipun, harus diakui, banyak negara Eropa Tengah mengklaim yang terakhir sebagai milik mereka. Membuatnya sendiri merupakan upacara: adonan dibungkus dengan silinder dan digulung dengan gula yang menjadi karamel hingga renyah saat dipanggang. Secara tradisional, itu ditaburi dengan kayu manis atau kenari tanah. Ini adalah favorit besar dengan orang Hongaria dan turis. Makanan jalanan Hungaria klasik lainnya adalah “lángos”, yang terbuat dari adonan lembut berbasis ragi, dibentuk menjadi bulat pipih dan digoreng. Secara tradisional,

Tempat Makan di Budapest Hungaria Untuk Umat Muslim
Restoran

Tempat Makan di Budapest Hungaria Untuk Umat Muslim

Tempat Makan di Budapest Hungaria Untuk Umat Muslim, Banyak orang orang islam yang mendatangi Budapest tiap tahunnya. Tidak tidak sering sering- kali mereka merasa bimbang mencari tempat makan yang halal di mari.

Menurut hungaria.org Walaupun beberapa besar masyarakat Budapest tidaklah pengikut agama Islam, tetapi terdapat banyak restoran ataupun tempat yang sediakan santapan halal di mari. Mereka sediakan bermacam berbagai alterasi santapan alhasil membuat wisatawan orang islam tidak butuh kerepotan kala mendatangi Budapest. Menu yang dihidangkan juga mulai dari santapan berat atau cuma semata- mata cemilan.

1. Al Amir Étterem

Restoran Suriah yang halal ini terdapat di tengah kota Budapest, alhasil membolehkan klien sekalian menikmati keelokan kota. Restoran ini pula mempunyai rasa yang lumayan menggoyang lidah.

Santapan yang diadakan juga lumayan bermacam- macam, semacam daging panggang, roti, sampai nasi kari. Biayanya juga berkisar antara seratus ribuan rupiah ke atas. Banyak versi Kebab yang bisa dipesan di mari.

Tidak cuma kebab, kalian pula dapat memesan menu lain berbahan roti manis, kentang, sampai salad. Kalian dapat memilah menu paket yang sudah diadakan.

2. Istanbul Kebab & Grill Török Étterem

Istanbul sejatinya ialah salah satu kota sangat populer di negeri orang islam, Turki. Nah, banyak sekali restoran Turki yang terhambur di Budapest yang sediakan bermacam menu harapan mereka yang mayoritas merupakan kebab. Rasanya juga lezat serta lumayan mengenyangkan perut.

Tidak hanya itu, restoran ini pula sediakan tempat makan outdoor alhasil membuat wisatawan dapat menikmati keelokan kota serta hawa yang fresh.

3. Roadside Burger and Pizza

Untuk peminat burger atau pizza, tidak harus takut kala mendatangi Budapest. Kalian dapat mendatangi restoran Roadside Burger serta Pizza selaku opsi.

Ada pula bermacam berbagai fries, kebab, daging atau ayam. Harga makanan- makanan di restoran ini pula relatif terjangkau, berkisar sekitaran 5 puluh ribuan rupiah ke atas.

4. Pappa Roti Café+

Di mari Ada bermacam menu seafood harapan serta pula bermacam berbagai roti dan kopi. Tempatnya pula baik serta Instagramable loh!

Tidak hanya itu, kalian pula dapat menikmati daging bakar serta fruit shisha dengan bermacam berbagai rasa semacam mempelam, nanas, peach sampai plum. Asyik amat sangat deh!

Baca Juga : 9 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Liburan Anda ke Hongaria

5. Kohinoor

Walaupun bukan restoran, tetapi gerai ini sediakan bermacam santapan halal, semacam daging lembu, ayam, sampai sosis. Gerai ini pula sediakan bermacam berbagai versi mie praktis asli Indonesia serta sayur- mayur.

Tidak cuma santapan berat, gerai Kohinoor juga menjual bermacam versi santapan enteng, alhasil kala membeli- beli di situ, kalian tidak harus takut apakah santapan di situ halal ataupun tidak.

Seperti itu saran tempat makan buat orang islam di Budapest- Hongaria. Mudah- mudahan dapat menolong kamu kalangan orang islam yang lagi traveling ke Hongaria

9 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Liburan Anda ke Hongaria
hungaria

9 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Liburan Anda ke Hongaria

9 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Liburan Anda ke Hongaria, sedikit lebih kecil dari negara bagian Indiana di AS, dan dengan populasi yang perlahan-lahan menurun hanya di bawah 10 juta (1,7 juta di antaranya tinggal di ibu kota, Budapest), Hongaria adalah negara yang menjadi budak sejarahnya.

Menurut hungaria.org Kuda itu masih dihormati di sini, Franz Liszt sangat besar dan gulai adalah sup bukan sup. Anda mungkin menemukan diri Anda disusul di pintu putar, tetapi Anda akan dibuat merasa benar-benar diterima saat bepergian ke sini — selama Anda tidak mendentingkan gelas bir Anda :

1. Memiliki danau terbesar di Eropa Tengah

Dengan panjang hampir 80 kilometer (50 mil), dan meliputi area seluas hampir 600 kilometer persegi (230 mil persegi), Danau Balaton begitu besar sehingga dikenal sebagai “Magyar tenger” atau Laut Hongaria.

Danau adalah tujuan liburan favorit bagi orang Hongaria — pantai selatan, dan terutama kota Siófok, adalah tempat pesta.

Tahunan festival musik musim panas Balaton Suara diadakan di kota terdekat dari Zamárdi. Keluarga dengan anak-anak lebih memilih sisi utara yang relatif tenang.

2. Baju renang adalah kebutuhan

Hungaria memiliki cadangan air panas. Ada lebih dari 1.000 mata air alami di negara ini (dan danau termal terbesar di dunia di Hévíz, dekat Danau Balaton), dengan 118 di Budapest saja.

Di sisi sungai Pest di ibu kota, Pemandian Air Panas Széchenyi ( llatkerti körút 9-11, 1146 Budapest; +36 1 363 3210) mengklaim sebagai kompleks pemandian air panas terbesar di Eropa.

Tempat pemandian Budapest yang bagus lainnya adalah Pemandian dan Hotel Gellért yang bergaya art nouveau ( Kelenhegyi út 4, 1118 Budapest; +36 1 466 6166) , di kaki Bukit Gellért.

Baca Juga : 7 Barang Yang Harus Dibeli Saat Berlibur di Hungaria Budapest

3. Orang Hongaria cerdas; tanyakan saja pada orang-orang di Nobel

Negara ini memiliki salah satu peringkat tertinggi, per kapita, untuk peraih Nobel, dengan 13 pemenang kembali ke yang pertama, pada tahun 1905 (untuk fisika), dan yang terbaru, pada tahun 2004 (untuk kimia).

Orang Hongaria juga telah menemukan banyak hal, mulai dari pulpen biro (dinamai berdasarkan penemu László Bíró) hingga ilmu komputer (János Neumann) hingga kubus Rubik .

Sebagai menteri negara untuk strategi ekonomi Zoltán Cséfalvay baru-baru ini mengatakan: “Saya sangat bangga dapat mengatakan bahwa segala sesuatu diciptakan oleh orang Hongaria.”

4. Franz Liszt masih besar

Komposernya sangat penting di sini sehingga, meskipun ia lahir di tempat yang sekarang disebut Austria, berbicara bahasa Jerman dan Prancis tetapi tidak berbahasa Hongaria dan meninggal di Jerman, mereka mengganti nama Bandara Internasional Budapest untuk menghormati ulang tahunnya yang ke-200, pada tahun 2011 .

Alasannya? Desa tempat dia dilahirkan adalah orang Hongaria pada saat itu, dan dia menggambarkan dirinya sebagai orang Hongaria.

Liszt Ferenc (dalam konvensi penamaan Hongaria, nama keluarga selalu didahulukan) juga memiliki kotak yang dinamai untuknya di Pest. Dikelilingi oleh kafe dan restoran trendi, tempat ini sangat populer di musim panas.

5. gulyás tidak seperti yang Anda pikirkan

Hidangan nasional khasnya adalah gulyás, yang mungkin Anda kenal sebagai gulai.

Apa yang disajikan di restoran Barat, bagaimanapun, biasanya adalah sup, sedangkan yang Anda dapatkan di Hongaria adalah sup.
Setiap orang mengklaim memiliki resep terbaik, dengan festival gulai tahunan yang diadakan setiap bulan September di Szolnok (120 kilometer tenggara ibukota di Hongaria tengah).

Versi di salah satu restoran paling terkenal di Budapest, Gundel ( Gundel Károly t 4, 1146 Budapest, di sebelah pintu masuk Kebun Binatang Budapest; +36 1 889 8100 ), akan membuat Anda membayar kembali HUF 3.800 ($17).

Di tikungan, Anda bisa mendapatkan mangkuk besar seharga HUF 1,900 di Bagolyvár ( Gundel Károly t 4, 1146 Budapest; +36 1 468 110; situs web dalam bahasa Hongaria ), yang dimiliki oleh Gundel tetapi berspesialisasi dalam masakan rumahan.

6. Gelas bir yang berdenting tidak disukai

Berjalan di sepanjang Budapest ke Soho London — kawasan pejalan kaki Ráday utca yang penuh dengan bar, restoran, dan galeri di pusat Pest — dan Anda akan mendengar sedikit dentingan gelas bir.

Ketika Hongaria kalah dalam Revolusi 1848-49 dan Perang Kemerdekaan, Austria mengeksekusi 13 jenderal Hongaria paling senior, dan konon merayakannya dengan minum bir dan mendentingkan cangkir mereka.

Hongaria bersumpah untuk tidak mendentingkan gelas bir selama 150 tahun ke depan. Meskipun periode itu berakhir pada tahun 1999, “larangan” itu masih ditaati secara luas, terutama di antara lebih banyak orang lanjut usia.

Tidak apa-apa untuk mendentingkan anggur dan gelas roh.

7. Tokaji adalah Anggur Raja

Tokaji begitu baik sehingga Louis XIV dari Prancis menyebutnya “Anggur Raja, Raja Anggur.” Jika Anda ingin membawa pulang sebotol anggur pencuci mulut yang manis, Anda akan menemukannya di sebagian besar toko anggur — Bortársaság (Wine Society) memiliki lokasi di seluruh Budapest dan negara.

Tokaji diukur dari manisnya, ditunjukkan dengan jumlah “puttonyos”. Contoh yang baik dari anggur berwarna topas adalah Tokaji Asz — carilah empat puttonyo atau lebih (skalanya naik menjadi enam).

Tokaji terbaik (juga paling langka dan paling mahal) adalah gaya Essencia.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Taman Nasional Terbaik Di Spanyol

8. Orang Hongaria gila olahraga

Orang Hungaria menyukai olahraga dan sangat bangga dengan fakta bahwa, per kapita, negara ini memiliki salah satu penghitungan medali Olimpiade tertinggi (482 di pertandingan musim dingin dan musim panas).

Mereka terus bermain anggar, berenang, senam, dan kayak dengan baik, tetapi tim polo air putra luar biasa — Anda akan menemukan orang Hongaria berkumpul di sekitar TV di mana-mana saat tim polo air sedang bermain.

9. Tradisi berkuda

Orang-orang Hungaria berkuda ke Carpathian Basin — wilayah Eropa tengah yang mereka taklukkan — dengan menunggang kuda dan sejak itu jatuh cinta pada hal-hal yang berkaitan dengan kuda.

Kavaleri ringan mereka yang terkenal memberi bahasa Inggris kata Hussar (dari bahasa Hongaria “Huszár”).

Juara dunia pengemudi-pelatih saat ini adalah Lázár bersaudara, yang mengadakan pertunjukan kuda reguler di Taman Berkuda Lázár di Domonyvölgy (Fenyő utca 47, 2182 Domonyvölgy; +36 28 576-510), sekitar 35 kilometer dari Budapest.

Ada banyak tempat lain di seluruh negeri untuk mengambil pelajaran berkuda atau sekadar pergi untuk meretas.

Pilihan yang baik adalah Hilltop Riding Farm (Repülőtéri t 0117/ 15 hrsz, 2100 Gödöllő, Hongaria; +36 30 636 8553), di kota Gödöllő, di luar Budapest.

7 Barang Yang Harus Dibeli Saat Berlibur di Hungaria Budapest
hungaria Informasi

7 Barang Yang Harus Dibeli Saat Berlibur di Hungaria Budapest

7 Barang Yang Harus Dibeli Saat Berlibur di Hungaria Budapest, Selain bahasa yang berdiri sendiri dan lagu Czardas yang menarik, masih banyak lagi yang harus dihafalkan. Berikut adalah beberapa barang yang mungkin ingin Anda bawa dari Budapest ke keluarga dan teman Anda di rumah.

1. Porcelain

Menurut hungaria.org Porselen kerajinan tangan tradisional Hungaria sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Benar-benar porselen bangsawan, porselen Herend telah digunakan di istana kerajaan dari Austria hingga Meksiko. Ratu Victoria sangat terkesan dengan porselen Hungaria ketika ditampilkan di pameran di seluruh Eropa, sehingga dia memesan beberapa untuk istananya. Hari ini, Herend masih membuat produk terkenal mereka di sebuah pabrik kecil di pedesaan Hungaria. Menggunakan campuran kuarsa, kaolin dan feldspar, porselen dibakar dengan panas yang luar biasa dan kemudian dilukis dengan tangan oleh pengrajin.

Cangkir kopi yang indah, mangkuk sup, piring dan mangkuk dihiasi dengan pola daun, burung, dan bunga. Herend juga membuat patung-patung porselen yang indah– figur pekerja karnaval yang dilukis dengan tangan halus, kuda, dan tentara tradisional. Porselen Herend tidak murah, berkisar antara $75-$300, tetapi harganya sepadan. Ada banyak produk Herend imitasi yang dijual di Budapest, jadi Anda harus berhati-hati saat membelinya. Tempat terbaik untuk membeli porselen Herend adalah dari salah satu ruang pamer perusahaan di sekitar kota, seperti toko Porselen Herend di Szentharomsag utca 5, Budapest, Hungaria. Mereka buka setiap hari dari jam 10:00 pagi – 7:00 malam dan karyawan mereka berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik.

Di mana menemukannya:

Herend Porcelain:

Alamat: Szentharomsag utca 5, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Setiap hari dari 10:00-19:00

2. Ajka Crystal

Didirikan pada tahun 1897, Pabrik Kristal Ajka terkenal di dunia dengan produk kristal buatan tangan yang indah yang mereka hasilkan. Produk peralatan makan dan dekorasi mereka yang indah tersedia dalam hingga 20 warna berbeda dan hadir dalam kotak hadiah yang indah dan mewah. Di pabrik, master glass blower Ajka meniup kaca ke dalam cetakan kayu dan kemudian melakukan proses pendinginan terus menerus selama empat jam. Kristal kemudian memiliki desain yang terukir di dalamnya dengan tangan.

Proses unik pabrik memastikan bahwa tidak ada dua keping kristal Ajka yang persis sama. Tidak heran perusahaan membanggakan bahwa saat Anda memegang sepotong kristal Ajka “Anda tidak hanya menyentuh sebuah mahakarya, tetapi juga hati sang master.” Jika Anda tidak dapat pergi ke pedesaan untuk mengunjungi pabrik, perusahaan memiliki sejumlah ruang pamer yang indah di sekitar Budapest. Mereka memiliki lokasi di 10 Kossuth Utca dan 7 Jozsef Attila Street, keduanya mudah diakses. Toko mereka di 18. Szent Istvan Korter sangat cantik dan memiliki banyak pilihan produk Ajka yang tersedia. Buka dari hari Senin sampai Jumat dari jam 9 pagi – 5 sore.

Di mana menemukannya:

Ajka Crystal:

Alamat: Szent Istvan Korter 18, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Senin – Jumat dari jam 9 pagi – 5 sore.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Terbaik di Hongaria

3. Telur Lukis

Meskipun popularitasnya melonjak sekitar Paskah, telur yang dilukis dengan tangan adalah makanan pokok toko suvenir dan kios pasar di Budapest. Secara tradisional, seorang pria akan mengunjungi kekasihnya pada hari Senin Paskah dan akan memercikkan air padanya. Sebagai imbalannya, wanita itu akan memberinya telur yang dilukis dengan tangan sebagai hadiah. Saat ini, telur-telur cantik ini hadir dalam berbagai warna dan desain yang berbeda dan dicat serta dijual oleh pengrajin Hungaria. Sangat indah dan halus, desain pada telur ini sering kali merupakan penggambaran bunga, hewan, atau simbol agama.

Beberapa di antaranya dijual sebagai hiasan – baik untuk Paskah atau Natal – dan ada pula yang dijual dalam karton telur, memberikan kebebasan kepada pembeli untuk menggunakannya sesuai keinginannya. Beberapa orang Hungaria menggantungnya di ranting willow vagina, menjadikannya hiasan yang cocok sepanjang tahun. Telur dijual di hampir setiap toko di Vaci Street, serta di pasar kerajinan yang indah di Castle Hill.

Pasar buka setiap hari dalam seminggu, meskipun masing-masing kios memiliki jam buka dan tutupnya sendiri, yang tidak selalu konsisten. Anda dapat membelinya di mana saja di sana, jadi pastikan Anda menelusuri semua kios dan melihat semua desain yang berbeda, sebelum membuat pilihan!

4. Kemeja Tradisional Hungaria

Beri sedikit warna pada lemari pakaian Anda, atau lemari pakaian seorang teman, dengan membawa kembali kemeja tradisional Hungaria dari Budapest. Meskipun tidak lagi dipakai setiap hari, orang Hungaria masih senang mengenakan pakaian tradisional mereka untuk acara tarian rakyat atau perayaan nasional. Kostum rakyat dari Hungaria sangat berwarna-warni dan disulam dengan desain yang indah.

Pakaian wanita cenderung terdiri dari rok melebar dengan rok, dan blus dengan lengan mengembang. Kostum pria cenderung berlengan panjang dan dilengkapi dengan rompi atau selempang. Sepatu bot dan sepatu bordir juga menjadi pakaian tradisional mereka. Kemeja rakyat biasanya berwarna putih dan disulam dengan tangan dengan desain warna-warni. Terkadang pita digunakan untuk menghias kerah atau manset.

Vaci utca adalah rumah bagi sejumlah toko yang menjual suvenir indah ini. Yang paling direkomendasikan adalah Folkart Centrum di 58. Vaci utca. Terletak di dekat balai kota tua, pilihan mereka sangat luas dan tampilan serta nuansa tokonya menawan. Folkart Centrum buka setiap hari dalam seminggu dari pukul 10:00 – 19:00.

Di mana menemukannya:

Folkart Centrum:

Alamat: Vaci utca 58, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Setiap hari dalam seminggu mulai pukul 10:00 hingga 19:00.

5. Boneka Tradisional

Boneka Hungaria telah dipamerkan di museum di seluruh dunia. Kostum mereka yang indah, fitur halus dan topi bordir, membuat mereka dikagumi di mana pun mereka ditampilkan. Boneka Hungaria membuat suvenir yang indah untuk dibawa kembali sebagai hadiah atau barang koleksi. Boneka buatan tangan yang indah ini datang dengan mengenakan kostum tradisional petani Hungaria, atau gaun pesta yang elegan dan kuno. Wajah porselen mereka yang indah dilukis dengan tangan dan jahitan, manik-manik dan bordir pada gaun mereka semuanya dilakukan dengan tangan.

Anda dapat membeli boneka kecil berukuran enam inci untuk diletakkan di atas meja rias atau boneka berukuran penuh untuk dipajang. Boneka terkecil berharga sekitar $6,50, yang berukuran sedang sekitar $35 dan boneka besar yang indah dapat berharga lebih dari $150. The Handicraft & Gift Shop di 32 Vaci Street adalah harta karun berupa boneka, bordir, dan kerajinan tradisional Hungaria. Staf berbicara bahasa Inggris dan harga cukup masuk akal. Mereka buka setiap hari dalam seminggu dari jam 9:00 pagi – 8:00 malam.

6. Anggur Tokaji

Setiap tahun pada hari ulang tahun Ratu Victoria, Kaisar Franz Josef akan mengiriminya satu botol Anggur Tokaji untuk setiap bulan dia hidup (total 972 botol pada hari ulang tahunnya yang ke-81!) Selama perjalanan Anda ke Budapest, kami sarankan Anda mengikuti Contoh Kaisar dan beli beberapa Tokaji untuk teman dan keluarga Anda di rumah. Disebutkan dalam lagu kebangsaan Hungaria, anggur ini telah menjadi harta Hungaria selama berabad-abad.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Terbaik Untuk Dikunjungi di Spanyol

Diproduksi hanya di Hungaria Timur Laut, anggur Tokaji hadir dalam berbagai rasa yang berbeda termasuk kering, Szamorodni, Aszu, Eszencia, Fordiatas, dan Maslas. Warnanya yang cerah dan rasanya yang fantastis, ditambah dengan kemasan botol yang ramping dan elegan, menjadikan Tokaji sebagai hadiah yang indah dan lezat. Anggur di Budapest sangat murah dan harga Tokaji berkisar dari $7-$25. Tokaji mudah dibeli di toko minuman keras Bacchus Borkereskedes yang terletak di 23 Vaci Utca. Tepat di jantung jalan perbelanjaan terbesar di Budapest, tokonya besar, harga terjangkau dan karyawan yang sangat ramah berbicara sedikit bahasa Inggris. Tempat ini buka setiap hari dalam seminggu mulai pukul 10:00 hingga 20:00.

Di mana menemukannya:

Bacchus Borkereskedes:

Alamat: Vaci utca 23, Budapest, Hungaria.
Jam Buka: Setiap hari dalam seminggu dari 10:00-20:00.

7. Taplak meja

Berikan meja ruang makan Anda tampilan tradisional yang elegan dengan taplak meja sulaman tangan yang indah dari Budapest. Ada beberapa gaya bordir berbeda yang populer di Hongaria, yang paling umum adalah pola biru di atas putih dan desain bunga berwarna-warni.

Benang biru digunakan untuk menyulam kain putih dengan desain halus yang membangkitkan keanggunan tradisional, mirip dengan pola pada cangkir teh porselen. Untuk tampilan yang lebih berwarna, pertimbangkan pola bunga merah dan hijau cerah yang disulam ke kain putih dan hitam. Pembuatan renda adalah kerajinan lain yang terkenal di Hongaria dan beberapa kain juga dilapisi dengan renda buatan tangan yang indah.

Harga taplak meja sangat bervariasi berdasarkan ukuran dan kualitas bordir. Anda dapat membeli pakaian berukuran kecil, ujung meja, dengan harga sekitar $50 tetapi pakaian ukuran penuh mungkin akan berharga beberapa ratus dolar. Anda akan menemukannya di kios-kios di Nagy Csarnok (The Great Market Hall) di Fovam Ter. Pilihannya sangat luas, jadi pastikan Anda berbelanja sebelum membuat keputusan. Jam buka pasar adalah Senin dari pukul 06:00-17:00, Selasa-Jumat dari pukul 06:00-18:00 dan pada hari Sabtu dari pukul 06:00-14:00

Di mana menemukannya:

Central Market Hall:

Alamat: Vámház krt. 1-3, 1093, Budapest, Hongaria.
Telepon:+36 1 366 3300
Jam Buka:
Senin dari 06 : 00-17 : 00,
Selasa-Jumat dari 06:00-18:00
Sabtu dari 06:00-14:00

Hungaria Melarang Semua Informasi LGBTQ di Dekolah, Buku anak-anak dan TV
hungaria Informasi

Hungaria Melarang Semua Informasi LGBTQ di Dekolah, Buku anak-anak dan TV

Hungaria Melarang Semua Informasi LGBTQ di Dekolah, Buku anak-anak dan TVHongaria telah melarang penggambaran homoseksualitas atau fluiditas gender yang ditampilkan kepada anak di bawah umur, sesuatu yang diklaim oleh para pendukung akan membantu memerangi pedofilia tetapi yang oleh kelompok hak asasi manusia dikecam sebagai diskriminasi.

Hungaria Melarang Semua Informasi LGBTQ di Dekolah, Buku anak-anak dan TV

 Baca Juga : Hungaria di Ambang Pembelian Bandara Budapest

hungaria – Fidesz, partai konservatif Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, memperkenalkan undang-undang tersebut, yang merupakan upaya terbaru untuk membatasi hak-hak pria gay, lesbian, biseksual dan transgender di negara Eropa.

Majelis Nasional Hongaria menyetujui RUU itu dengan suara 157-1, ditentang oleh satu orang independen.

Csaba Domotor, sekretaris negara bagian Fidesz, menggambarkan tujuannya sebagai “perlindungan anak-anak,” mencatat bahwa perubahan tersebut termasuk pengenalan daftar pedofil terpidana yang dapat dicari.

“Para pedofil tidak akan bisa bersembunyi lagi – ada solusi serupa di negara lain juga.”

Semua partai oposisi lainnya memboikot sesi pemungutan suara sebagai protes. Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengecam keras tindakan itu, dengan mengatakan itu salah untuk menyamakan orang-orang LGBTQ dengan pedofilia. Mereka berpendapat bahwa undang-undang tersebut dapat digunakan untuk menstigmatisasi dan melecehkan penduduk karena orientasi seksual dan identitas gender mereka.

“Pada hari yang memalukan ini, tempat oposisi bukan di parlemen tetapi di jalanan,” tulis Wali Kota Budapest Karacsony di Facebook.

Pemerintah Orban di masa lalu telah menggambarkan para migran sebagai ancaman besar bagi Hungaria dan identitas Kristen negara itu, sebuah tema yang berhasil digunakan perdana menteri untuk memenangkan pemilihan sebelumnya. Dengan pemilihan berikutnya yang dijadwalkan pada 2022, dan lebih sedikit migran yang memasuki Eropa, partai yang berkuasa semakin menggambarkan gerakan hak-hak LGBTQ sebagai ancaman dalam upaya untuk menopang basis konservatifnya.

Namun lebih dari selusin organisasi lokal, termasuk Amnesty International Hungaria dan organisasi hak-hak LGBTQ, berpendapat dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara bahwa undang-undang tersebut tidak mencerminkan masyarakat Hungaria, yang menurut mereka sebagian besar menerima seksualitas orang.

“(Itu) juga jelas melanggar hak atas kebebasan berekspresi, martabat manusia dan perlakuan yang sama, kata pernyataan itu.

Undang-undang tersebut termasuk amandemen yang melarang representasi orientasi seksual apa pun selain heteroseksual serta informasi perubahan jenis kelamin dalam program pendidikan seks sekolah, atau dalam film dan iklan yang ditujukan untuk siapa saja di bawah 18 tahun.

Ribuan aktivis dan pendukung LGBTQ mengadakan protes di Budapest pada hari Senin (Selasa AEST) dalam upaya yang gagal untuk menghentikan pengesahan undang-undang tersebut.

Dunja Mijatovic, komisaris hak asasi manusia di Dewan Eropa, badan hak asasi manusia terkemuka di benua itu, telah meminta anggota parlemen Hungaria untuk menolak undang-undang tersebut, dengan mengatakan undang-undang itu memperkuat prasangka dan homofobia.

Hukum Hungaria mengikuti langkah di Polandia, di mana 94 kotamadya telah mendeklarasikan “zona bebas LGBTQ”, menandatangani piagam yang hanya akan menegakkan hak keluarga heteroseksual.

Sebuah laporan untuk Dewan Eropa yang dirilis pada Februari tahun ini menemukan bahwa kejahatan kebencian anti-LGBTQ di Polandia telah berlipat ganda dalam dua tahun terakhir.

“Keputusan hari ini di parlemen Hungaria mewakili diskriminasi negara yang parah terhadap orang-orang #LGBTIQ,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Jerman Michael Roth di Twitter Selasa setelah undang-undang baru disahkan. “Undang-undang ini bertentangan dengan semua yang kami anggap sebagai nilai-nilai Eropa bersama kami. Solidaritas dan dukungan penuh untuk orang-orang LGBTIQ di Hungaria.”

Hungaria di Ambang Pembelian Bandara Budapest
hungaria Informasi

Hungaria di Ambang Pembelian Bandara Budapest

Hungaria di Ambang Pembelian Bandara Budapest – Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban hari ini menyatakan bahwa pembelian Bandara Budapest (BUD) dapat diselesaikan “sebentar lagi.”

Hungaria di Ambang Pembelian Bandara Budapest

 Baca Juga : 10 Tempat Wisata Terbaik di Hongaria

hungaria – Menurut kantor berita negara MTI , pembelian itu akan menjadi bagian dari upaya Orban untuk merebut kembali apa yang dianggap pemerintah sebagai kepentingan nasional.

Bandara Internasional Budapest Ferenc Liszt, sebelumnya dikenal sebagai Bandara Internasional Budapest Ferihegy dan masih disebut hanya sebagai Ferihegy, adalah yang terbesar dari empat bandara komersial Hongaria dan melayani ibu kota Hongaria Budapest.

AviAlliance GmbH, awalnya Hochtief AirPort GmbH, adalah pemegang saham terbesar perusahaan, dengan kepemilikan 55,44% dimiliki oleh Dewan Investasi Pensiun Sektor Publik Kanada (PSP Investments). Investasi Khusus GIC Singapura dan Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ) Kanada masing-masing memiliki sedikit lebih dari 21%.

“Dimiliki oleh orang Hongaria”

Pemerintah mengumumkan minat untuk membeli saham pengendali di bandara internasional utama Hungaria awal tahun ini, dan awal bulan ini mengajukan tawaran yang direvisi untuk membeli bandara dari pemilik asingnya, menurut Reuters .

Orban menyatakan bahwa bandara internasional terbesar di negara itu harus dimiliki oleh Hungaria karena “hanya adil”, dan ekonomi cukup kuat bagi pemerintah untuk membelinya kembali.

Orban sebelumnya menyatakan bahwa dia ingin bandara berada di tangan domestik, tetapi pemilik bandara tidak menunjukkan minat untuk menjualnya. Sejak berkuasa pada 2010, pemerintah Orban telah berupaya meningkatkan kepemilikan Hungaria di industri-industri utama seperti energi, keuangan, dan media.

Terlepas dari indikasi sebelumnya bahwa pemegang saham asing ingin mempertahankan kepentingan mereka, tawaran yang diubah awal bulan ini, yang datang tepat sebelum pemilihan nasional yang dijadwalkan untuk musim semi mendatang, menunjukkan bahwa mungkin lebih sulit bagi mereka untuk melakukannya.

Sejarah Awal Bandara

Rencana bandara baru di Budapest disusun pada tahun 1938. Bandara baru akan berlokasi di persimpangan tiga pemukiman (Pestszentlrinc, Rákoshegy, dan Vecsés). Bandara ini dibangun dengan tujuan sipil-militer-olahraga dalam pikiran.

Di sektor barat laut, fasilitas sipil akan dibangun, sedangkan di bagian barat daya, fasilitas militer akan dibangun. Sebuah tender umum diadakan untuk desain dan konstruksi bangunan lalu lintas, seperti halnya untuk satu sama lain.

Desain Károly Dávid Jr. (1903–1973) dipilih pada bulan Desember 1939, setelah presentasi hasil tender yang diadakan pada bulan September tahun itu. Dari sisi atas, perancang, yang merupakan salah satu nenek moyang seni arsitektur modern Hongaria, membayangkan sebuah struktur yang menyerupai pesawat terbang.

Proyek ini dimulai pada tahun 1942. Jalan berkecepatan tinggi sepanjang 16 kilometer (10 mil) dibangun antara tahun 1940 dan 1943 untuk menghubungkan kota ke bandara, dan masih digunakan sampai sekarang setelah direnovasi.

Struktur militer mulai dibangun secara paralel dengan struktur sipil pada tahun 1940 tetapi selesai lebih cepat karena situasi perang. Pada tahun 1943, bandara ini menjadi pusat penerbangan. Konstruksi sipil terhenti selama perang dan akhirnya terhenti pada awal 1944.

Banyak struktur bandara rusak menjelang berakhirnya Perang Dunia II. Budapest dan bandaranya diduduki oleh Soviet sebelum akhir tahun 1944.

Privatisasi di Milenia Baru

Penjualan saham BUD BAA, 75% saham yang dibeli pada bulan Desember 2005, kepada HOCHTIEF AirPort Consortium secara resmi diselesaikan dan diselesaikan pada tanggal 6 Juni 2007, oleh BAA dan sebuah konsorsium yang dipimpin oleh HOCHTIEF AirPort (HTA).

Pada saat itu, HOCHTIEF AirPort Consortium dimiliki oleh tiga investor keuangan: Caisse de dépôt et placement du Québec, Montreal (23,167 persen), GIC Special Investments, Singapura (23,167 persen), dan KfW IPEX-Bank, Frankfurt (49,666 persen) (4,0 persen).

Pada 16 Maret 2011, nama Bandara Internasional Budapest Ferihegy diubah menjadi Bandara Internasional Budapest Ferenc Liszt.

Sebelum pandemi, BUD adalah bandara berukuran sedang yang berkembang pesat yang diuntungkan oleh lonjakan pariwisata berbiaya rendah.

10 Tempat Wisata Terbaik di Hongaria
hungaria Informasi

10 Tempat Wisata Terbaik di Hongaria

10 Tempat Wisata Terbaik di HongariaHongaria adalah salah satu negara paling populer di Eropa Timur. Dicirikan oleh kastil-kastil perkasa, pedesaan yang menakjubkan, kota-kota yang berkilauan, dan arsitektur yang megah.

10 Tempat Wisata Terbaik di Hongaria

 Baca Juga : 7 Tempat Terindah Di Hongaria

hungaria – Ini memadukan budaya yang menarik dengan sejarah dan makanan yang luar biasa bersama dengan pengalaman perjalanan yang unik. Jika Anda ingin menjelajahi rahasia dan harta karun negara ini, berikut adalah 10 tempat terbaik untuk dikunjungi di Hongaria.

1. Budapest

Ibu kota Hongaria dan salah satu kota paling romantis di Eropa, Budapest tidak perlu diperkenalkan lagi. Itu dimahkotai oleh penguasaan luas Kastil Buda dan dipotong setengah oleh Danube yang berliku.

Selama bertahun-tahun, Budapest membentuk dirinya sebagai kepribadian yang misterius namun berkilauan. Dari universitas terkenal yang menarik mahasiswa terpelajar hingga klub dan bar tanpa tidur, pemandian air panas, dan area hijau yang luas, kota ini memiliki semuanya.

Pencari sejarah akan terpesona oleh Kastil Buda, Situs Warisan Dunia UNESCO. Para pecinta kuliner akan dipuaskan dengan banyaknya kedai makanan di pasar pusat, dan di malam hari, pergilah ke Fisherman’s Bastion untuk mengagumi pemandangan matahari terbenam yang tak terlupakan.

2. Eger

Budapest bukan satu-satunya tempat di mana Anda akan menemukan benteng, istana, dan kastil bersejarah. Jika Anda penggemar sejarah, Eger wajib dikunjungi. Kota ini adalah rumah bagi beberapa bangunan barok paling fantastis di Hongaria, tetapi terkenal dengan kastil abad pertengahannya.

Terletak di lereng selatan Pegunungan Bükk, Kastil Eger pernah menjadi pintu gerbang ke Hongaria utara. Desainnya saat ini berasal dari abad keenam belas, ketika direnovasi mengikuti tata letak benteng Italia.
Setelah Anda mengagumi menara yang tersisa, reruntuhan, dan pemandangan sekitarnya yang memesona, luangkan waktu untuk menjelajahi pusat abad pertengahan dan bersantai di salah satu dari banyak restoran atau kafe bohemian.

3. Szentendre

Terbungkus di tepi sungai Danube yang hanya berjarak 20 kilometer dari Budapest, Szentendre muncul dalam simfoni jalan-jalan berbatu dan rumah-rumah Magyar kuno.

Kota yang indah ini mengesankan dengan kota tua yang benar-benar ajaib yang memiliki tanda-tanda pemukim Mediterania dan Serbia. Saat ini, kota ini adalah magnet sejati bagi seniman yang akan datang dan merupakan rumah bagi banyak galeri, toko butik, dan bangunan penuh warna. Tidak diragukan lagi, tempat yang menarik untuk dikunjungi di Hongaria.

4. Debrecen

Sebuah tujuan yang diremehkan yang benar-benar layak mendapatkan sedikit senter adalah Debrecen, kota terbesar kedua di Hongaria. Permata tersembunyi yang dekat dengan perbatasan Rumania ini adalah tempat terbaik di Hongaria tempat untuk mengalami gaya hidup otentik.
Campuran sejarah dan budaya yang mengejutkan, menyambut wisatawan dengan fasad neoklasik, museum, dan taman kota yang menakjubkan.

Setelah menjelajahi kota kuno ini, manjakan diri Anda dengan beberapa hidangan lokal atau istirahat di kafe budaya untuk pengalaman bersantap yang tiada duanya.

5. Tokaj

Tokaj adalah anggur pokok Hongaria, serta sebuah wilayah di timur laut negara itu. Namanya juga kota utama di distrik anggur ini.

Apakah Anda seorang pecinta anggur atau tidak, mengunjungi Tokaj adalah pengalaman yang tiada duanya. Kota ini adalah situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal akan sejarahnya yang kaya. Selain arsitektur Magyar yang menakjubkan, tempat ini juga menawarkan pemandangan kebun anggur dan desa-desa lain di wilayah ini yang sempurna untuk kartu pos.

Selain pemandangan dan sejarah yang menakjubkan, anggur sejauh ini merupakan daya tarik wisata utama di sini. Dari mencicipi anggur gratis hingga tur kebun anggur, ada beberapa hal yang dapat dilakukan di wilayah ini sambil memanjakan diri Anda dengan segelas minuman lezat ini.

6. Sopron

Hanya berjarak delapan kilometer dari perbatasan Austria dan 65 kilometer selatan Wina , Sopron adalah tujuan populer bagi para pelancong harian. Kota yang terletak di dekat kaki timur Pegunungan Alpen ini menawarkan lingkungan yang mengesankan, pusat sejarah yang terpelihara dengan baik, dan bangunan barok yang tak terhitung jumlahnya.

Dibangun di atas reruntuhan Romawi, Kota Tua yang khas memiliki lebih dari 100 monumen yang terdaftar secara resmi dan lebih dari 200 bangunan yang dilindungi. Kota ini berisi fitur dari periode sejarah yang berbeda dan elemen arsitektur yang menarik. Saat mengunjungi jalan-jalan akan berubah menjadi pengalaman perjalanan yang tak terduga.

7. Pecs

Kota kuno lainnya dan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Hongaria, Pecs terkenal dengan bangunan ibadah dan Kota Tua abad pertengahan.

Mendominasi barat laut dari pusat bersejarah, Katedral St. Peter menunjukkan pengaruh dari banyak budaya yang berbeda. Didirikan pada 1009, kemudian dibangun kembali setelah mengalami kerusakan serius selama serangan Mongol. Diubah menjadi masjid dan kemudian toko, gereja itu dibangun kembali pada akhir abad kesembilan belas, mendapatkan fasad yang mengesankan.

Setelah menemukan banyak harta karun St. Peter, berjalanlah di atas Masjid Yakovali Hassan Pasha di dekatnya. Di sini kagumi menara dan museumnya yang megah, lalu berhenti di pasar abad pertengahan yang indah untuk istirahat yang memang layak.

8. Tihany

Salah satu resor liburan paling populer di Hongaria, Tihany menghadap ke Danau Balaton dan mengesankan dengan pemandangannya yang luar biasa.

Ditunjuk sebagai cagar alam, kota ini sebagian besar tertutup untuk lalu lintas, dan Anda hanya dapat menjelajahinya dengan berjalan kaki. Di sepanjang jaringan jalan setapak yang ditandai dengan baik, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengagumi Biara Benediktin yang indah yang berasal dari abad ketujuh belas, serta pemandangan danau yang menakjubkan.

Tempat ini adalah suguhan manis terutama di musim semi ketika pohon almond bermekaran atau di awal musim panas ketika aroma lavender memenuhi udara.

9. Esztergom

Esztergom diyakini sebagai pusat agama Kristen di Hongaria, dan merupakan ibu kota Kerajaan Hongaria. Itu menjadi tuan rumah bagi raja-raja yang dihormati selama berabad-abad, dan hari ini, ia memamerkan konstruksi keagamaannya yang luas.

Basilika Esztergom yang besar adalah daya tarik utama. Sebuah bangunan besar lengkap dengan kubah besar dan ruang bawah tanah yang suram. Di sekitar basilika berdiri distrik Watertown, labirin jalan berbatu yang memukau, bangunan klasik, fasad bergaya barok, dan alun-alun bermandikan sinar matahari yang dapat dengan mudah menaklukkan hati semua wisatawan.

10. Tapolca

Bisa dibilang salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Hongaria, Tapolca menonjol berkat gua bawah tanahnya yang luas. Permata unik yang pasti akan membuat Anda terdiam. Terkenal karena khasiat obatnya, gua ini terletak tepat di tengah kota dan mudah dijelajahi dengan perahu. Juga sepelemparan batu dari Tapolca, Anda juga dapat menemukan Kastil Szigliget atau melakukan perjalanan sehari ke Danau Balaton.

7 Tempat Terindah Di Hongaria
hungaria Informasi Wisata

7 Tempat Terindah Di Hongaria

7 Tempat Terindah Di Hongaria – Berbatasan dengan tujuh negara, Hungaria berada di jantung Eropa Tengah, tetapi memiliki identitas budaya yang kuat sendiri.

7 Tempat Terindah Di Hongaria

 Baca Juga : 10 Hal Yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Hongaria

hungaria – Sebagian besar pengunjung akan masuk ke Budapest selama beberapa hari untuk melompat di antara pemandian air panas, reruntuhan, dan keajaiban arsitekturnya, tetapi masih banyak lagi yang dapat ditemukan di luar tepi Sungai Danube . Luangkan waktu untuk menjelajahi danau-danau spektakuler Hongaria, kawasan anggur yang luas, kota-kota kuno, dan pusat budaya.

1. Lake Balaton

Sekitar satu jam perjalanan ke barat daya Budapest, Danau Balaton merupakan danau terbesar di Eropa Tengah. Garis pantainya dipenuhi dengan ‘resor pantai’ yang populer dan area ini adalah rumah bagi perbukitan, kebun anggur, dan ladang lavender. Dikenal sebagai ‘Laut Hongaria’, Danau Balaton menarik para pencari matahari yang terkurung daratan dari seluruh negeri untuk berenang, berlayar, berjalan dan bersepeda, serta makan dan minum di restoran dan kilang anggur terkemuka.

2. Eger Wine Region

Di kaki Pegunungan Bükk di timur laut Hongaria, Eger adalah salah satu daerah penghasil anggur paling terkenal di negara itu. Tradisi pembuatan anggur di area ini sudah ada sejak abad ke-11 dan banyak ruang bawah tanah kuno yang diukir pada batu kapur yang membentuk jaringan terowongan bawah tanah. Anggur paling terkenal yang diproduksi di wilayah ini adalah Darah Banteng (Egri Bikavér), campuran dari tiga atau lebih anggur yang telah matang dalam tong kayu ek setidaknya selama 12 bulan. Pergilah ke Szépasszony-völgy (Lembah Wanita Cantik) untuk melompat di antara ruang bawah tanah untuk tur dan mencicipi.

3. Danube Bend

Di utara Budapest, Danube Bend (Dunakanyar) adalah bentangan sungai terpanjang kedua di Eropa yang paling indah. Cara terbaik untuk menjelajahinya adalah dengan naik perahu saat sungai sedang pasang antara bulan Mei dan September. Bepergian dari ibu kota, Anda akan melewati puncak yang indah dan tepi sungai yang rimbun. Di tepi barat, Anda dapat mengunjungi beberapa pemukiman tertua di Hongaria: Szentendre, kota kecil bergaya barok dengan jalan berbatu yang dipenuhi galeri seni, museum, dan toko; Visegrád, dengan benteng puncak bukit abad ke-13 dan reruntuhan istana Renaisans, dan Esztergom, bekas ibu kota negara, rumah bagi katedral terbesar di Hongaria.

4. Veszprém

Beberapa mil di utara Danau Balaton, kota cantik Veszprém didirikan di atas tujuh bukit dan memiliki distrik kastil puncak bukit yang bersejarah. Dikenal sebagai ‘Kota Ratu’, ini adalah bekas rumah Ratu Gizella, ratu pertama Hongaria. Distrik kastil berisi katedral abad ke-10, kapel abad pertengahan yang didekorasi dengan lukisan dinding abad ke-13, sejumlah galeri seni, dan menara api ikonik yang menawarkan pemandangan cakrawala yang menakjubkan dari puncak tangga spiralnya. Atur waktu perjalanan untuk bertepatan dengan Utcazene yang populer di Veszprém , festival musik populer selama 4 hari yang menampilkan jalanan berbatu kota yang dipenuhi musisi dan band.

5. Pécs

Di kaki pegunungan Mecsek di barat daya Hongaria, kota kuno Pécs adalah pusat budaya yang indah. Rumah bagi universitas terbesar di Hongaria, teater nasional yang megah, gedung konser modern kelas dunia, dan sejumlah museum dan galeri yang luar biasa, kota ini pernah menjadi Ibukota Kebudayaan Eropa pada tahun 2010 dan telah dua kali terpilih sebagai salah satu pusat kota paling layak huni di dunia. -kota berukuran Alun-alun utama memiliki masjid abad ke-16 yang dibangun di bawah pemerintahan Ottoman, dan Anda dapat menjelajahi reruntuhan Romawi dan Mausoleum Kristen awal, yang sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO .

6. Hévíz

Di pantai utara Danau Balaton, Hévíz adalah danau termal terbesar di Eropa. Air belerang yang menyembuhkan secara alami dipanaskan hingga sekitar 86 derajat dan dikatakan membantu meningkatkan relaksasi dan meringankan penyakit seperti rematik. Anda dapat menghabiskan waktu Anda mengambang di perairan di sekitar pemandian bersejarah atau memesan pijat yang menenangkan. Ada juga rumah sakit di daerah itu untuk perawatan yang berbasis di sekitar terapi air.

7. Sopron

Meskipun dirusak oleh Turki Ottoman dan dibom selama Perang Dunia II, Sopron adalah kota yang menawan di barat laut Hongaria dengan kota tua abad pertengahan yang utuh. Itu terletak di perbatasan Austria dan merupakan bagian dari wilayah penghasil anggur yang signifikan. Jelajahi jalan-jalan kota yang penuh warna dan nikmati reruntuhan dan bangunan Romawi kuno dengan gaya abad pertengahan, Renaisans, dan Barok. Untuk menghirup udara segar dalam jumlah besar, ikuti jalur pendakian di Lővérek terdekat, area luas perbukitan berhutan pinus, atau lakukan perjalanan ke Danau Fertő, Situs Warisan Dunia UNESCO.

10 Hal Yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Hongaria
hungaria Informasi

10 Hal Yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Hongaria

10 Hal Yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Hongaria – Arsitektur dongeng Hungaria, sumber mata air panas yang melimpah, dan sejarah cerita rakyat yang memesona memberikan popularitas yang bertahan lama. Namun selain dari landmarknya yang terkenal, negara ini memiliki rahasia yang tidak diketahui banyak orang yang berkunjung. Dari anggur kelas dunia hingga lereng ski di luar Budapest, berikut adalah sepuluh fakta yang tidak pernah Anda ketahui tentang Hongaria.

10 Hal Yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Hongaria

 Baca Juga : 7 Hal Yang Kami Duga Tidak Anda Ketahui Tentang Hongaria

1. Memiliki Laut Dalam

hungaria – Bukan laut sebenarnya, tetapi karena luasnya hampir 600 kilometer persegi, tidak mengherankan jika Danau Balaton mendapat julukan Laut Hongaria. Danau air tawar berjarak satu jam di barat daya Budapest, dan yang terbesar di Eropa Tengah. Pengunjung dapat menikmati segalanya mulai dari berlayar hingga berenang santai di perairannya.

2. Gandakan Alfabet

Ke-26 huruf alfabet kita tampak agak sedikit di sebelah Hungaria 44. Bahkan lebih menarik, beberapa dari huruf-huruf itu sebenarnya terdiri dari kombinasi huruf. Misalnya, dzs, yang dilafalkan j. Tidak heran itu adalah bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari …

3. Ini Negara Anggur Kuno

Wilayah anggur resmi tertua di dunia bukanlah Provence, tetapi Tokaj di Hongaria. Para ahli telah menemukan jejak pemeliharaan anggur sejak lebih dari dua ribu tahun, dan Raja Prancis Louis XIV pernah menyatakan minuman Tokaji sebagai “anggur raja, raja anggur”.

4. Hungaria Dan Raja Rock And Roll

Apa hubungan Elvis Presley dengan Hongaria? Cukup banyak, ternyata. Pada tahun 1957, ia memberikan penghormatan kepada pemberontakan anti-Soviet di negara itu baru-baru ini dengan pertunjukan Peace in the Valley. Pada tahun 2011, Hongaria memberikan kewarganegaraan anumerta kepada Elvis sebagai pengakuan atas dukungannya bertahun-tahun yang lalu.

5. Strap On Your Skis

Hongaria biasanya tidak muncul dalam pikiran sebagai tujuan istirahat ski, tetapi mungkin memang seharusnya demikian. Negara ini menawarkan koleksi lereng yang indah dan kurang dikenal; Pusat Ski Dobogók adalah yang paling dekat dengan ibu kota, dan Síaréna Eplény yang lebih besar telah dijuluki sebagai Pegunungan Alpen kecil.

6. Pemecah Rekor I: Dohány Street Synagogue

Budapest adalah rumah bagi sinagoga terbesar di Eropa dan terbesar kedua di dunia. Fasad mawar dan emas di sudut Jalan Dohány tentu saja sulit untuk dilewatkan, dan interiornya yang mewah dapat menampung hingga 3000 orang.

7. Pemecah Rekor II: Gua Budapest

Ibu kota Hongaria terkenal dengan pemandian air panasnya, tetapi labirin bawah tanah di bawahnya lebih merupakan rahasia. Di sinilah letak sistem gua termal terbesar di dunia. Kenakan helm dan jelajahi Szemlö-hegy berwarna merah muda, salah satu dari sedikit gua yang dibuka untuk umum.

8. Ini Rumah Bagi Raja Mumi

Mumi bukan hanya untuk Mesir, lho. Jelajahi Basilika Saint Stephen di Budapest dan Anda akan menemukan sesuatu yang agak tak terduga tersimpan di kapel. Tangan kanan mumi Raja Stephen, raja pertama negara itu, ditampilkan dalam kotak kaca berornamen dan dianggap sebagai relik suci.

9. Bangsa Penemu

Di atas segalanya, Hongaria telah menghasilkan serangkaian penemu rumahan. Sebenarnya insinyur Hungaria Béla Barényi, bukan Mr. Porsche, yang merancang Volkswagen Beetle yang legendaris. Arsitek Ernö Rubik menciptakan Kubus Rubik, dan László Bíró memimpikan pulpen.

10. Masters Of The Silver Screen

Hollywood harus berterima kasih kepada Hongaria atas banyak keberhasilannya. Pendiri Paramount Pictures dan Fox Film Corporation, masing-masing Adolf Zukor dan Vilmos Fried, keduanya berasal dari belahan dunia ini. Michael Curtiz, direktur Casablanca, lahir sebagai Mano Kaminer di Budapest.

7 Hal Yang Kami Duga Tidak Anda Ketahui Tentang Hongaria
hungaria Informasi

7 Hal Yang Kami Duga Tidak Anda Ketahui Tentang Hongaria

7 Hal Yang Kami Duga Tidak Anda Ketahui Tentang Hongaria – 1. Nama belakang didahulukan.  Di Hongaria, ketika orang menulis nama mereka atau memperkenalkan diri, nama belakang mereka didahulukan. Mereka mengatakan “Nagy Gábor vagyok” atau “Saya Nagy Gábor.”

7 Hal Yang Kami Duga Tidak Anda Ketahui Tentang Hongaria

 Baca Juga : 9 Hidangan Tradisional Hungaria Gurih Yang Harus Anda Coba

hungaria – Ini tidak berarti orang-orang memanggil satu sama lain dengan nama belakang mereka; itu hanyalah cara formal untuk memperkenalkan diri Anda atau memperkenalkan nama di depan umum. Jika saya adalah teman Gábor, saya hanya akan memanggilnya Gábor. Perlu disebutkan bahwa selain orang Hongaria, di seluruh dunia hanya beberapa orang Asia yang menunjukkan nama mereka dengan cara ini.

2. Ambil nama saya, semuanya.

Berpegang pada topik nama, ketika seorang wanita Hungaria menikah, seluruh namanya berubah. Jadi jika Eva menikahi Nagy Gábor, dia secara terbuka menjadi Nagy Gáborné atau Ny.Nagy Gabor/ istri Nagy Gábor. Sekali lagi, teman-teman dan keluarganya akan tetap memanggilnya Eva, tetapi jika dia diwawancarai di TV, namanya akan muncul sebagai Nagy Gaborné. Penting untuk dicatat bahwa tradisi ini tidak umum saat ini, dan wanita yang sudah menikah dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan. Jadi istri saya Anita (jika dia mau) sekarang bisa menjadi FitzGerald Colmné!

3. Orang Hongaria bukan orang Slavia.

Selain Austria dan Rumania, Hongaria dikelilingi oleh negara-negara Slavia. Jadi, mengejutkan banyak orang bahwa orang Hongaria juga bukan orang Slavia. Asal usul orang Hongaria, atau orang Magyar begitu mereka menyebut diri mereka sendiri, adalah topik perdebatan sengit dan teori-teori fantastik berlimpah. Kebanyakan ahli setuju bahwa suku Magyar berasal dari suatu tempat antara Sungai Volga dan Pegunungan Ural di Rusia saat ini. Aliran pemikiran lain menunjukkan bahwa Hongaria memiliki asal Sumeria/Iran.

Yang lain masih mempromosikan gagasan hubungan timur jauh dengan Attila dan orang Hunnya yang merampok, sebagaimana dibuktikan oleh keahlian menunggang kuda dan memanah Magyar kuno. Ada juga bukti bahwa sebelum menetap di Cekungan Carpathian (di mana Hongaria sekarang) bahwa Magyar berdagang dan bersekutu dengan Turki dan Bulgar.

Tentu saja ada banyak kontroversi dan beberapa orang menganggap topik asal Magyar dengan SANGAT serius. Satu hal yang saya pikir kita semua bisa sepakati: orang Hongaria tidak diragukan lagi unik!

4. Ini adalah negara anggur.

Orang mungkin digiring untuk berpikir bahwa orang Hongaria memiliki sejarah mendalam tentang bir seperti orang Jerman dan Ceko. Orang juga mungkin menduga bahwa orang Hongaria adalah penembak vodka biasa seperti tetangga utara mereka. Sekarang jangan salah paham, orang Magyar menyukai bir dan minuman keras mereka, tetapi secara historis ini adalah negara anggur.

Ada 22 wilayah anggur yang berbeda dan delapan varietas anggur asli di Hongaria. Bukti pemeliharaan anggur berasal dari setidaknya abad ke-5 M dan hanya tiga bahasa Eropa yang memiliki kata untuk anggur yang bukan berasal dari bahasa Latin: Yunani, Turki, dan Anda dapat menebaknya, Hongaria.

Wilayah anggur Tokaj di timur laut Hongaria, yang terkenal dengan Asz yang manis dan anggur putih Furmint yang kering, adalah yang paling terkenal. Pada tahun 1737, Tokaj ditetapkan sebagai wilayah anggur nasional oleh Raja Karoly, menjadikannya wilayah anggur resmi pertama di dunia, hampir 120 tahun sebelum Bordeaux Prancis.

Setelah Perang Dunia II, Hongaria jatuh ke tangan Soviet. Dan dengan cara yang sama dengan semua hal lain yang mereka lakukan, Komunis memilih kuantitas daripada kualitas dan sedikit banyak merusak reputasi Hongaria sebagai produsen anggur berkualitas.

Tetapi banyak pembuat anggur kecil-kecilan mempertahankan tradisi mereka yang dihormati selama masa-masa kelam itu. Dan hari ini, para penjual anggur yang bersemangat menghidupkan kembali kecintaan Hongaria pada anggur yang baik dan pada gilirannya kecintaan orang asing terhadap anggur Hongaria.

5. Orang Hongaria suka air panas.

Banyak yang mengetahui pemandian air panas Gellért dan Széchenyi yang terkenal di Budapest, tetapi tidak semua orang tahu bahwa Hongaria sebenarnya dipenuhi dengan sumber air panas. Negara ini menawarkan sekitar 1.500 spa, 450 di antaranya untuk umum. Danau Hévíz , di Hongaria barat, adalah danau termal terbesar ke-2 di dunia dan terletak di dekat Danau Balaton (bukan danau termal, tetapi danau terbesar di Eropa Tengah). Selain itu, Pemandian Gua Miskolc-Tapolca di Hongaria utara adalah salah satu dari dua pemandian gua termal alami di dunia.

6. Orang Hungaria membanggakan otak dan otot.

Dibandingkan dengan ukuran populasinya yang sekitar 10 juta, Hungaria adalah negara yang sangat berbakat. Bukan rahasia lagi bahwa orang Hongaria telah memberikan kontribusi besar bagi sains modern dengan sejumlah penemuan dan terobosan yang menakjubkan, termasuk helikopter, bolpoin, dan kubus Rubik. Beberapa orang mengatakan bahwa struktur bahasa Hungaria sangat unik sehingga memungkinkan adanya aliran pemikiran yang sama sekali berbeda, dan inilah mengapa bahasa Hungaria sangat berpengaruh secara ilmiah; pikiran mereka bekerja tidak seperti kita.

Hungaria tidak hanya penuh dengan kutu buku dan ilmuwan gila, dengan 476 medali Olimpiade Musim Panas, negara kecil ini juga memiliki banyak atlet aneh. Negara ini memiliki medali terbanyak dari negara mana pun yang belum menjadi tuan rumah pertandingan dan tim sepak bola Hungaria adalah yang paling menang dalam sejarah Olimpiade. Jika kita melihat berdasarkan ukuran populasi, Hungaria berada di urutan kedua setelah Finlandia dalam perolehan medali emas terbanyak!

7. Memberi nama anak-anak Anda membutuhkan persetujuan pemerintah.

Kembali ke permainan nama: Di Hungaria, Anda diminta untuk memberi nama anak Anda dari daftar nama yang telah disetujui sebelumnya. Daftarnya luas dan terus bertambah. Tetapi jika Anda sudah mati menetapkan nama untuk junior yang tidak terdaftar, Anda harus mengirimkan aplikasi Anda ke Lembaga Penelitian Linguistik dari Akademi Ilmu Pengetahuan Hungaria dan berharap itu akan disetujui.

9 Hidangan Tradisional Hungaria Gurih Yang Harus Anda Coba
hungaria Informasi Makanan Restoran

9 Hidangan Tradisional Hungaria Gurih Yang Harus Anda Coba

9 Hidangan Tradisional Hungaria Gurih Yang Harus Anda Coba – Selama dua tahun terakhir hidup di ibu kota, saya telah menjadi pemuja pemuja di altar masakan Hungaria. Satu-satunya masalah dengan makan makanan Hungaria di Budapest adalah bahwa ada lebih banyak restoran buruk daripada yang bagus.

9 Hidangan Tradisional Hungaria Gurih Yang Harus Anda Coba

 Baca Juga : 5 Makanan Populer di Hongaria 

hungaria – Hal ini terutama terjadi di distrik pusat kota di mana setiap tempat lain adalah jebakan turis dengan harga yang terlalu mahal. Untungnya, ada banyak pilihan restoran bagus yang menyajikan masakan Hungaria yang benar-benar lezat untuk Anda pilih. Dalam panduan ini, saya telah mencantumkan beberapa hidangan Hungaria favorit saya dan restoran lokal terbaik di Budapest tempat Anda dapat mencicipinya.

Gulyás di Cafe Kör

Gulyás atau ‘gulai’ ini bisa dibilang yang pokok makanan di Hungaria dan benar-benar merupakan kategori dalam dirinya sendiri. Setiap restoran memiliki resep uniknya masing-masing, tetapi hampir semuanya melibatkan potongan daging sapi, bawang bombay, sayuran akar, dan tentu saja paprika. Secara tradisional gulyás disajikan dalam mangkuk sup tua yang besar dan berakar dari hidangan penunggang kuda dari dataran terbuka pedesaan yang luas.

Persembahan Cafe Kör adalah versi yang lebih gourmet dan tanpa sayuran akar, alih-alih menyoroti beberapa daging sapi muda paling lezat yang pernah dicelupkan ke dalam gigi ini. Penendang di sini adalah kroket kentang mendesis emas yang berfungsi sebagai spons sempurna untuk menyedot semua jus gulyás. Ada banyak hidangan luar biasa lainnya untuk dicoba di Cafe Kör yang terletak tidak jauh dari Liberty Square dan merupakan pilihan tepat jika Anda ingin menikmati santapan sekolah tua yang layak dalam suasana berkelas.

Halászlé di Szegedi Halászcsárda

Halászlé adalah sup nelayan dan sama seperti gulyás ini melibatkan banyak paprika, tapi kali ini dagingnya ditukar dengan gumpalan ikan yang lezat dan sedikit lebih, yah, pekat daripada sepupunya yang gemuk. Ini juga biasanya cukup pedas, berbeda dengan beberapa sup Magyar lainnya yang dibumbui secara opsional dengan bumbu meja. Sebagai negara yang terkurung daratan, orang Hungaria mengandalkan ikan sungai seperti ikan mas dan lele yang bersumber dari Danube dan Tisza, serta sungai kecil dan anak sungai yang melintasi negara seperti jaring.

Szegedi Halászcsárda adalah restoran tepi sungai bertema bahari dan terlepas dari kemiringan wisatanya, sup di sini mewah. Ini benar-benar restoran berbasis halászlé jadi merupakan tempat yang bagus untuk mencelupkan jari-jari kaki Anda ke dalam kaldu paprika. Jika Anda merasa berisiko, cobalah “campuran penyihir” mereka yang melibatkan semua jeroan dan kebaikan hati.

Paprika Ayam di Hilda

Chicken paprikás adalah hidangan berbahan dasar ayam yang memiliki, ya Anda dapat menebaknya, paprika. Secara tradisional ayam direbus dan diolesi roux cakep dan kemudian disendok di atas tempat tidur nokedli yang kental (pikirkan gnocchi Hongaria). Anda akan melihat banyak pilihan “paprikás” lainnya pada menu di seluruh kota yang menjalankan keseluruhan daging lainnya, tetapi ayam adalah yang paling terkenal.

Hilda adalah tempat makan kelas atas yang mahal di Nádor utca yang terbang tinggi, hanya sepelemparan batu dari Basilika. Makanan di sini layak untuk tiket masuk mewah dan suasananya tak terkalahkan jika Anda mencari sedikit kemewahan. Sebagian besar makanan khas Hongaria, termasuk paprikás, memiliki semacam sentuhan. Di sini nokedli diganti dengan pangsit kentang renyah. Koktail dan makan siang yang enak di akhir pekan!

Töltött Káposzta di Pozsonyi Kisvendéglő

Töltött káposzta alias kubis isi adalah bintang rock dari sebuah hidangan. Anda mungkin berpikir bahwa kubis isi adalah vegetarian dan Anda mungkin berpikir salah. Sama seperti kebanyakan masakan Hungaria, biasanya ada daging yang terlibat. Daun kubis dililitkan di sekitar daging cincang dan kemudian direbus dalam jus yang kaya rasa. Gulungan ini kemudian disajikan di atas lebih banyak kubis dan sendok saus dengan sesendok krim asam untuk ukuran yang baik. Salah satu profil rasa paling dinamis yang dapat Anda temukan jika dilakukan dengan benar.

Pozsonyi Kisvendéglő terletak di cabang Pozsonyi utca yang merupakan nama Hongaria untuk Bratislava. Ini adalah bentangan kota yang luar biasa di dekat Jembatan Margit, melintasi Distrik XIII yang rimbun. Ini adalah restoran bergaya keluarga, sama seperti kebanyakan tempat berlabel “vendéglő” dan merupakan keuntungan besar dengan ukuran porsinya yang besar. Staf menunggu yang sangat ramah dan banyak makanan klasik lainnya untuk dicicipi.

Zsíros Kenyér di Tokaji Borozó

Sayangnya, Anda harus mencari lebih keras untuk makanan bar yang indah ini saat ini dan hanya tempat-tempat jadul yang masih menyajikannya. Ini adalah hidangan super sederhana yang benar-benar lebih dari camilan. Resepnya sesuai dengan namanya: ambil sepotong “kenyér” alias roti dan masukkan ke titik kritis dengan zsír, yang secara harfiah berarti lemak. Ini bukan mentega, itu lebih baik. Biasanya diisi dengan bawang bombay kemudian ditaburi dengan paprika dan berfungsi sebagai penyerap yang sangat baik untuk malam dari pálinka swilling .

Anda akan menemukan salah satu persembahan favorit saya di kota di Tokaji Borozó . Borozo adalah jenis kedai anggur murah yang sangat istimewa dengan suasana bar Hungaria. Banyak dari mereka adalah penyelaman kecil yang berkarat, tetapi di sini Anda akan menemukan ruang bawah tanah kayu berkubah yang megah dengan hiruk-pikuk ocehan Magyar yang tidak dapat dipahami. Ini adalah tempat yang sangat keren dengan banyak penduduk setempat yang menghabiskan berliter-liter anggur.

Jókai Mór Bableves di Regős Vendéglő

Jókai sialan Mór. Surat-surat Charles Dickens dari Magyar, atau apakah Charles Dickens adalah Jókai Mór dari orang-orang Inggris? Bagaimanapun, hanya satu dari penulis terkenal ini yang memiliki sup yang dinamai menurut namanya. Ini adalah kenikmatan yang dimasak perlahan dengan tumpukan kacang (bábleves secara harfiah berarti sup kacang) dan potongan daging asap (biasanya babi). Mr Mór yang hebat menghangatkan banyak malam di tepi Danau Balaton sambil menyeruput sup favoritnya dan menulis novel legendaris. Sebuah inspirasi!

Anda akan menemukan Regős Vendéglő tepat di atas garis 4/6 di jalan dari kekacauan Király utca. Ini adalah restoran bawah tanah bawah yang menyajikan resep kenyamanan lama yang bagus. Lihat, ini bukan makanan terbaik di kota dan pasti sedikit di sisi turis tapi jauh lebih baik daripada kebanyakan restoran di genre itu. Nuansa lokal yang nyata ke tempat ini dan dindingnya ditutupi dengan kenang-kenangan budaya yang menarik. Saya suka di bawah sana, itu punya salah satu perasaan nyaman .

Steak Tartare di Csalogány 26

Jelas beberapa versi steak tartare muncul di sebagian besar menu internasional dan versi Hungaria sama baiknya dengan apa pun. Daging sapi mentah mungkin sedikit membuat Anda mual, tapi tidak apa-apa, lebih untuk saya! Kuning telur yang encer merekatkan semuanya dalam hidangan pembuka yang terkenal ini. Salah satu hidangan yang membuka beberapa emosi yang kuat jauh di dalam jiwa.

Saya baru tahu tentang Csálogány 26 setelah pindah ke Buda bulan lalu dan ini adalah permata tersembunyi total. Csálogány alias “burung bulbul” juga merupakan nama jalan dan restoran yang sulit dipahami ini adalah bintang dari sepatu khusus itu. Saya katakan sulit dipahami karena mereka memiliki jam buka terbatas yang gila (lihat di bawah). Tetapi tarif berperingkat Michelin layak untuk diatur ulang jadwal Anda. Jika Anda punya uang untuk dibakar, cobalah menu icip mereka untuk tur rasa lengkap melalui dapur Magyar. Bersifat ketuhanan.

Rántott Csirkemell di A Séf Utcája

‘Rántott’ hanya berarti ‘dilapisi tepung roti’ dan orang Hongaria suka ‘rántott’ hampir di seluruh wastafel dapur. Ayam adalah salah satu pilihan klasik dan akan muncul di banyak tempat yang menyajikan makanan jalanan. Ada juga versi daging sapi muda yang merupakan tiruan langsung dari wiener schnitzel (kadang-kadang terdaftar di menu Hungaria sebagai “Bécsi Szelet”, serta banyak pilihan sayuran.

Sebuah Séf utcája adalah perlengkapan di aula pasar Hold Street dan akan mudah dibedakan dengan barisan pelanggan setiap hari untuk makan siang. Mereka menyajikan makanan mereka di talenan kayu besar dan saya akan mengatakan ini mungkin makanan jalanan terbaik di seluruh kota.

Kolbász di TöLTő

Sebuah kolbász adalah sosis dan merupakan salah satu hidangan nasional paling menonjol dari Hungaria. Anda akan melihat banyak lemak, kolbász kering yang nikmat tergantung dengan bangga dari kios daging yang melimpah di banyak aula pasar Budapest. Ada banyak jenis kolbász yang berbeda dan biasanya, setiap daerah memiliki campuran bumbu dan rempah khasnya sendiri. Beberapa yang paling terkenal adalah Csabai dan Gyulai kolbász, yang sebelumnya bahkan memiliki penunjukan geografisnya sendiri yang dilindungi.

Gambar di atas adalah dari A Séf utcáj a yang menyajikan versi masakan yang lezat dengan mustard pedas dan roti panggang. Untuk beberapa sentuhan modern dengan topping inventif, Anda dapat mengunjungi Töltő di Distrik VII dan mencoba beberapa kreasi gourmet mereka. Favorit saya adalah babi hutan.

5 Makanan Populer di Hongaria
hungaria Informasi Makanan

5 Makanan Populer di Hongaria

5 Makanan Populer di Hongaria – Masakan Hungaria berkembang selama bertahun-tahun. Pada abad ke – 15 pada masa Raja Mathias dan istrinya Beatrice dari Napoli, bahan-bahan baru dan teknik memasak diperkenalkan seperti kastanye manis, bawang putih, jahe, fuli, kunyit, pala, dan bawang, penggunaan buah untuk memasak dengan daging. dan dalam isian, dan pembuatan pasta.

5 Makanan Populer di Hongaria

 Baca Juga : 10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest

hungaria – Dalam beberapa abad terakhir, metode persiapan makanan dipinjam dari masakan Ottoman dan Austria, dan sebaliknya, khususnya untuk beberapa kue dan manisan yang menunjukkan pengaruh Jerman-Austria yang kuat.

Kekhasan Makanan Hongaria

Beberapa hidangan datang dengan lauk biasa seperti csirkepaprikás (ayam paprika) yang selalu dimakan dengan nokedli (mie), untuk beberapa roti utama hampir wajib sementara yang lain dapat disajikan sesuka hati.

Berbagai macam produk daging babi asap adalah makanan pokok di rumah tangga Hongaria seperti sosis asap, lemak babi asap, dan ham asap yang merupakan bintang dari “hidangan dingin” . Di samping roti dan sayuran segar, ini dikonsumsi saat datang untuk sarapan dan makan malam, dan di restoran terkadang ditawarkan sebagai makanan pembuka . Meskipun salah satu bahan utama di dapur Hungaria adalah lemak babi, seringkali diganti dengan lemak angsa, lemak bebek, atau minyak sayur. Lemak angsa adalah media memasak yang sempurna, bahkan dalam makanan penutup, karena praktis dan murah, dan disukai oleh beberapa orang karena rasanya yang khas.

Salami musim dingin adalah salami Hungaria yang terbuat dari daging babi Mangalitsa dan rempah-rempah yang diproduksi menurut tradisi berabad-abad. Disembuhkan di udara dingin dan dihisap perlahan , ia mengembangkan cetakan mulia di permukaan selama proses pematangan.

Produk acar utama adalah savanyú káposzta (sauerkraut) , yang secara tradisional dikonsumsi di musim dingin sebagai sumber vitamin C. Untuk musim panas, ada hidangan sup buah dingin yang menarik , misalnya hideg meggyleves (sup ceri asam) , yang menghilangkan panasnya.

1. Gulyás

Goulash, duta makanan Hongaria yang terkenal, pertama kali disiapkan oleh para gembala yang memasak daging potong dadu dengan bawang dan perasa lainnya di atas api terbuka sampai semua cairannya terserap. Daging tersebut kemudian dijemur agar para penggembala dapat mengemasnya ke dalam kantong yang terbuat dari perut domba . Ini adalah makan siang mereka yang dikemas , disiapkan sebelum berangkat dengan kawanan mereka. Ketika tiba waktunya untuk makan, mereka menambahkan air ke sebagian daging untuk menyusunnya kembali menjadi sup atau rebusan.

“gulai ketel” klasik disiapkan dengan menggoreng kubus daging sapi atau kambing dengan bawang dalam lemak babi. Tambahan bawang putih, biji jintan, tomat, paprika hijau, dan kentang ditambahkan untuk melengkapi rebusan.

Seiring waktu gulai menjadi hidangan nasional dan sup lezat ini, dengan potongan daging sapi yang empuk , kini dinikmati di rumah. Resepnya menyajikan kentang, wortel, bawang, seledri, paprika, dan tomat dengan banyak paprika dan sangat populer di kalangan juru masak yang lebih suka menggunakan potongan murah untuk rasa yang kaya . Berkat teknik memasaknya yang lambat, potongan daging yang murah dan keras menjadi lembut seperti garpu.

Hidangan ini juga dapat dibuat dengan ayam atau babi seperti Székely gulyás , rebusan daging babi dan asinan kubis yang dibumbui dengan tomat, bawang, biji jintan, dan krim asam.

2. Lángos

The populer jalan langos makanan ini dikenal sebagai “pizza Hungaria” karena menggunakan bahan yang sama untuk pizza kerak (gandum, ragi, garam, dan air) . Itu diperkenalkan oleh orang Turki selama pendudukan mereka berabad-abad yang lalu dan sekarang kesenangan gila ini dapat ditemukan di sebagian besar pameran di semua perbatasan negara-negara Eropa Timur selama perayaan lokal.

Pertama-tama digoreng dengan minyak sayur, roti pipih keemasan yang renyah kemudian diolesi dengan bawang putih cincang, di atasnya dengan krim asam dan keju parut, yang meleleh nikmat di permukaan yang panas. “Láng” dalam bahasa Hongaria berarti api dan disebut demikian karena, pada hari-hari memanggang roti, itusecara tradisional dipanggang di depan oven bata dekat dengan api. Tetapi karena saat ini orang tidak memiliki oven batu bata, dan mereka juga tidak banyak membuat roti di rumah, lángos digoreng dengan minyak dan dijual sebagai makanan cepat saji yang lezat.

3. Töltött Paprika

Pengaruh kuliner Ottoman lainnya yang lezat adalah paprika isi, yang menjadi hidangan pembuka atau lauk yang enak. Dibuat dengan paprika lilin Hungaria, lebih disukai karena kulit dan aromanya yang lebih tipis, dua bahan umum paprika dan saus tomat Hungaria dan krim asam yang selalu ada untuk hiasan hidangan memenuhi syarat töltött paprika sebagai hidangan adopsi yang dicetak dengan karakter Hongaria yang kuat. Isiannya adalah campuran daging giling dan babi, nasi, bawang bombay cincang, bawang putih cincang, peterseli, paprika Hungaria, telur kocok, garam dan merica . Paprika Töltött dimasak dalam oven sambil berdiri dan diberi saus tomat dimaniskan dengan sejumput gula. Setelah selesai, satu sendok krim asam diletakkan di atasnya dan disajikan panas.

4. Csirke Paprikás

Variasi paling terkenal dari hidangan paprika , yang umum di meja Hungaria, adalah paprika ayam . Begitu terkenalnya bahkan nenek saya yang setengah Hungaria yang tinggal di Rumania memasaknya; itu adalah bagian besar dari kenangan masa kecil saya yang tinggal di pedesaan. Makanan pokok ini mendapatkan namanya dari banyaknya penggunaan paprika . Potongan ayam direbus sebentar dalam saus berdasarkan roux yang diresapi paprika. Untuk membuat roux, Anda membutuhkan tepung dan lemak dalam jumlah yang sama ( lemak bebek atau angsa baik, tetapi jenis lemak apa pun bisa digunakan). Setelah melelehkan lemak di wajan, campur dan aduk tepung sampai rata dan berwarna cokelat. Basis ini diwarnai dengan paprika dan digunakan sebagai bahan pengental untukayam paprika , yang disiapkan dengan bawang bombay, paprika manis, dan bawang putih dan diakhiri dengan krim asam. Daging ayam yang dimasak begitu empuk sehingga benar-benar lepas dari tulangnya sendiri .

Csirkepaprikásis biasanya disajikan dengan mie telur rebus seperti pangsit . Lauk pauk lain yang mungkin disajikan termasuk millet, nasi, atau tagliatelle, tetapi nenek saya selalu memasangkannya dengan polenta dan itu sempurna, terlepas dari “aturan nokedli” .

5. Gyümölcsleves (Sup Buah)

Hidangan musim panas yang mungkin tidak Anda kenal tetapi dengan antusias dipilih oleh orang Austria, Polandia, Slovakia, dan Jerman adalah sup buah yang menyegarkan ini . Bertentangan dengan harapan, itu tidak dimakan sebagai makanan penutup tetapi sebagai sup dan orang Hongaria lebih suka panas . Ini memiliki banyak variasi tergantung pada buah musiman dan dimasak dengan krim atau susu murni, cengkeh, kayu manis, dan gula . Secara tradisional disajikan sebagai hidangan makan malam tetapi juga dapat diubah menjadi makanan penutup atau hidangan pembuka jika sedikit anggur putih atau merah yang manis.bersama dengan crème fraîche ditambahkan sebelum disajikan. Selera Eropa lainnya menyukainya langsung dari lemari es untuk penyegaran di hari-hari musim panas.

Gyümölcsleves dapat dibuat dari redcurrant, blackberry, apel, pir, atau quincebu t resep sup buah yang paling populer adalah meggyleves, sup ceri asam. Hidangan ini dapat disiapkan bahkan di musim dingin menggunakan jeruk, clementine, atau buah manis apa pun yang tersedia – segar adalah yang terbaik tetapi beku dapat digunakan.

6 Cara untuk Membenamkan Diri Anda dalam Bahasa dan Budaya Hongaria
hungaria Informasi

6 Cara untuk Membenamkan Diri Anda dalam Bahasa dan Budaya Hongaria

6 Cara untuk Membenamkan Diri Anda dalam Bahasa dan Budaya Hongaria – Bahasa Hungaria secara luas ditakuti sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Jangan biarkan tuduhan ini menghalangi Anda untuk menggunakan bahasa yang sangat unik ini.

6 Cara untuk Membenamkan Diri Anda dalam Bahasa dan Budaya Hongaria

 Baca Juga : 13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria 

hungaria – Ingat: Belajar bahasa lebih dari sekadar sekumpulan kosakata dan aturan tata bahasa. Justru sebaliknya: Ini membuka jalan untuk memahami negara dan budaya yang sama sekali baru.

6 Sumber Belajar Bahasa Hongaria yang Direkomendasikan

Berikut adalah 6 sumber daya kami yang sangat direkomendasikan untuk membenamkan diri dalam bahasa dan budaya Hongaria.

1. Belajar Satu Kata Hongaria Sehari

Menerima satu kata bahasa Hongaria setiap pagi ke dalam kotak masuk Anda adalah cara yang tepat untuk memulai hari seorang pelajar bahasa Hongaria yang ambisius. Semua kata sehari-hari dilengkapi dengan terjemahannya, setidaknya dua contoh kalimat, pengucapannya, serta sekumpulan kata terkait. Sempurna untuk dosis kecil harian bahasa

2. Masak Makanan Hongaria, dalam bahasa Hongaria!

Masakan Hungaria terkenal di dunia dan banyak hidangan yang sangat mudah dimasak di rumah. Memasak dengan bantuan resep atau video Hongaria adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk membenamkan diri ke dalam bahasa dan budaya. NoSalty adalah tempat yang tepat untuk menemukan semua jenis resep, baik internasional maupun Hungaria. Untuk lebih banyak lagi, kunjungi ” Mindmegette ” (yaitu “makan semuanya”) dan Anda sudah dilengkapi dengan puluhan ribu hidangan mulai dari vegan hingga daging dan manis hingga umami. Jó étvágyat!

3. Temukan Dunia Baru Internet

Dari makanan dan mode hingga perjalanan dan pembelajaran bahasa – blogger dan vlogger Hungaria masih hidup dan menendang dan menemukan mereka akan membuka dunia internet yang sama sekali baru untuk Anda! Lain kali Anda mencari situs web yang sesuai dengan minat Anda, lihat apakah situs tersebut telah diliput oleh seorang blogger Hungaria – Anda akan terkejut betapa banyak yang akan Anda temukan di sana! Selain itu, membaca dan menonton blog serta menonton saluran YouTube adalah cara terbaik untuk membenamkan diri dalam budaya pop Hungaria.

4. Temukan Adegan Musik Hongaria

Ada ratusan band Hungaria kontemporer dari setiap genre yang memungkinkan di luar sana, mulai dari rock klasik hingga pop kontemporer. Dan karena musik (secara harfiah!) detak jantung dan jiwa suatu negara, masuk akal dan bernyanyi bersama dengan lirik Hongaria (yang berkisar dari kritis secara politis hingga yang dalam dan patah hati) bukan hanya cara yang bagus untuk belajar sedikit bahasa tetapi juga akan juga membawa Anda lebih dekat dengan budaya bangsa yang menarik ini.

Kivándorló Blues (“Emigration Blues”) misalnya adalah lagu hebat Quimby, sebuah band rock dari Dunaújváros yang bercerita tentang betapa menyakitkan meninggalkan Hungaria ke negara lain, tetapi bagaimana situasi politik, pekerjaan, atau lainnya sering membutuhkannya.

“Èlvezd” (Nikmati!) dari Punnany Massif, di sisi lain, adalah hit musim panas 2012 dan itu semua tentang tidak terlalu khawatir dan menikmati hidup. Sangat membangkitkan semangat!

Atau nyalakan “Az a baj” Bëlga (“Itu masalahnya”) dan biasakan untuk tidak pernah bisa memuaskan semua orang atau bahkan siapa pun. Dan jangan pernah lupakan ungkapan “az a baj” lagi.

5. Glosika

Jika Anda serius ingin belajar bahasa Hongaria, Glossika harus Anda miliki. Kursus bahasa Hongaria Glossika dirancang untuk memberi Anda cara yang mendalam untuk belajar dan mempercepat kemajuan Anda sehingga Anda benar-benar dapat mengadakan percakapan dan mulai berbicara bahasa Hongaria dengan lancar dalam waktu yang sangat singkat. Dengan mengajari Anda seluruh kalimat yang diucapkan oleh penduduk setempat dengan kecepatan percakapan normal dan dengan menggunakan pengulangan spasi tingkat lanjut, itu pasti akan memberi Anda kurva belajar yang curam.

6. Grup dan Halaman Facebook

Karena kita semua menghabiskan terlalu banyak waktu di Facebook, sebaiknya kita gunakan saja sebagai alat pembelajaran bahasa yang cerdas. Ada banyak sekali grup dan halaman Facebook Hungaria yang sangat berguna, menghibur dan menarik di luar sana yang menyatukan orang-orang dari semua jenis hobi dan minat. Bonus besar dari terjun di dunia Hungaria Facebook adalah bahwa frasa dan ekspresi yang akan Anda baca di sana lebih mirip dengan bahasa lisan yang sebenarnya daripada yang bisa dilakukan oleh buku teks mana pun. Jika Anda ingin menambahkan beberapa bahasa gaul perkotaan ke dalam proses belajar Anda, inilah saatnya Anda bergabung dengan salah satu atau grup Facebook lainnya!

12 Kota Terbaik untuk Dikunjungi di Hongaria
hungaria Informasi

12 Kota Terbaik untuk Dikunjungi di Hongaria

12 Kota Terbaik untuk Dikunjungi di Hongaria – Sebuah negara dengan sejarah yang menarik, Hongaria memiliki lebih dari sekadar ibukotanya yang berkilauan; di luar Budapest, Anda akan menemukan keajaiban arsitektur yang indah, pemandian air panas yang mengepul, dan situs bersejarah yang menarik.

12 Kota Terbaik untuk Dikunjungi di Hongaria

 Baca Juga : 13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria

hungaria – Kota-kota di Hongaria penuh dengan pemandangan yang menakjubkan, dengan reruntuhan kastil yang terletak di sebelah museum yang menarik dan istana yang elegan yang berasal dari saat negara itu menjadi bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria.

Ada nuansa yang hidup tentang jalan-jalan tua kota dan ada banyak kehidupan malam yang menyenangkan dapat ditemukan, apakah itu di klub tepi pantai Siofok atau di kota universitas Pecs. Di antara semua ini, Budapest adalah permata mahkota yang tidak diragukan lagi dalam daftar kota terbaik untuk dikunjungi di Hongaria – ibu kota negara adalah salah satu tempat terindah di seluruh Eropa.

12. Szekesfehervar

Pernah menjadi rumah bagi Raja dan Ratu Hongaria, Szekesfehervar adalah kota yang sangat penting di Abad Pertengahan. Itu terletak di sejumlah rute perdagangan tetapi sebagian besar dihancurkan oleh invasi Ottoman pada abad ke-16.

Dibangun kembali di bawah Hapsburg, kota ini menawarkan banyak istana dan rumah mewah yang elegan, serta sejumlah gereja dan katedral yang indah, dengan Katedral Szent Anna yang paling spektakuler.

Sementara pusat kota sangat indah untuk dijelajahi, atraksi paling populer di Szekesfehervar, Kastil Bony, terletak di pinggiran kota dan menampilkan arsitektur yang indah serta taman yang rimbun.

11. Nyiregyhaza

Bertindak sebagai pusat ekonomi dan budaya ke wilayah sekitarnya, Nyiregyhaza adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi yang memiliki sejumlah museum dan pemandian air panas yang menarik.

Museum Terbuka Sosto, misalnya, sangat menarik untuk semua bangunan tua yang dipamerkan dan wawasan yang ditawarkannya tentang kehidupan tradisional di daerah tersebut. Kota ini memiliki beberapa taman yang indah dan rindang yang tersebar, serta beberapa gereja dan restoran yang bagus.

Terletak tidak jauh dari kawasan anggur Tokaj, banyak orang menggunakan kota ini sebagai basis atau titik awal untuk menjelajahi kebun anggur dan kilang anggur terdekat.

10. Miskolc

Berbatasan dengan Pegunungan Bukk yang menakjubkan, Miskolc terletak di lingkungan yang indah; di musim dingin, Anda bahkan dapat bermain ski di alam pegunungan yang tertutup salju.

Pusat kota sangat menyenangkan untuk berkeliaran dan merupakan rumah bagi pemandangan seperti Kastil Diosgyor yang mengesankan namun runtuh dan Gereja Protestan Avas abad ke-13, yang dikelilingi oleh kuburan yang menakutkan namun atmosfer.

Meskipun Miskolc memiliki banyak hal untuk ditawarkan, pengunjung tidak dapat pergi tanpa berenang di pemandian gua yang megah di Tapolca terdekat. Perairan termal dibatasi oleh dinding batu dan pengaturan unik membuat tempat yang damai dan khusus untuk bersantai.

9. Sopron

Berasal dari zaman Romawi, Sopron terletak di perbatasan Austria, hanya lebih dari satu jam perjalanan dari Wina. Karena pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Austro-Hongaria, warganya berbicara bahasa Hongaria dan Jerman.

Karena sejarahnya yang panjang, ada banyak arsitektur yang menarik dan mengesankan untuk dilihat, dengan Menara Pengawas Api yang megah menjadi daya tarik utama, di samping bangunan-bangunan Barok yang indah yang berjajar di alun-alun utama.

Dengan hutan asli di dekatnya serta Danau Ferto yang berkilauan, pengunjung memiliki yang terbaik dari kedua dunia; mereka dapat berkeliaran di sekitar pusat abad pertengahan sebelum membenamkan diri di alam.

8. Győr

Terletak di sudut kiri atas negara tepat di sebelah perbatasan dengan Austria dan Slovakia, Gyor hanya berjarak lebih dari satu jam dari Budapest dengan kereta api. Dengan demikian, itu membuat perjalanan sehari yang menyenangkan.

Kota terpenting di wilayah ini, kota tua bersejarah Gyor terletak di pertemuan tiga sungai. Ada beberapa bangunan tua yang indah untuk dijelajahi, dengan Balai Kota yang menakjubkan menjadi sangat luar biasa.

Jalan-jalannya yang berbatu adalah rumah bagi banyak restoran, toko, dan kafe, dan lokasinya yang penting berarti banyak orang mampir dalam perjalanan ke negara-negara tetangga Hongaria.

7. Keszthely

Terletak di pantai barat Danau Balaton, Keszthely adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi dengan kekayaan bangunan bersejarah dan townhouse elegan yang dipamerkan.

Puncaknya adalah Istana Festetics neo-barok yang menakjubkan yang indah untuk dilihat. Di musim panas, Anda dapat menikmati konser di halamannya yang indah.

Dengan gaya hidup yang santai, Keszthely adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi jika Anda mencari liburan yang santai. Anda dapat bersantai di salah satu pantainya, mendaki di salah satu tamannya yang sangat luas, atau berenang di danau.

6. Siofok

Dengan pantainya yang indah, pemandangan tepi danau yang menawan, dan kehidupan malam yang mendebarkan, Siofok adalah salah satu tujuan liburan paling populer di Hongaria di antara orang asing dan penduduk lokal.

Bersantai di pantai di sebelah perairan Danau Balaton yang memikat adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan hari dan ada banyak bar tepi pantai, restoran, dan klub malam untuk Anda nikmati.

Meskipun kekurangan lokasi wisata yang sebenarnya, Siofok lebih dari sekadar menebusnya dengan berbagai pilihan musik dan hiburan, olahraga airnya yang fantastis, dan tentu saja pantai keemasannya.

5. Debrecen

Terletak di Dataran Besar Hongaria tanpa gunung atau sungai yang terlihat, Debrecen adalah kota terbesar kedua di Hongaria. Bekas ibu kota memiliki banyak situs keagamaan yang menarik selain beberapa museum yang bagus.

Pernah dikenal sebagai ‘Roma Calvinis’, Gereja Agung emasnya yang berkilauan adalah simbol kota; tempat ini wajib dikunjungi, di samping Katedral St. Anne yang indah dan Museum Deri, yang menampung koleksi artefak dan karya seni Hongaria yang brilian.

Dengan populasi siswa yang cukup besar, Debrecen memiliki banyak bar dan klub malam yang ditawarkan. Banyak orang menggunakan kota ini sebagai basis untuk menjelajahi pemandangan Great Plain yang indah.

4. Pecs

Salah satu kota paling populer untuk dikunjungi di antara turis ke Hongaria, Pecs terletak di barat daya negara itu dan memiliki sejarah yang panjang dan terkenal; itu didirikan lebih dari 2000 tahun yang lalu oleh orang Romawi.

Akibatnya, pusat kota memiliki sejumlah situs arkeologi yang menarik untuk dijelajahi pengunjung, serta katedral abad ke-11 yang indah, masjid tua, dan beberapa museum seni Hongaria yang menawan.

Dikelilingi oleh perbukitan yang ditutupi oleh kebun-kebun anggur dan kebun, iklim Pecs yang hangat berarti ada sejumlah anggur lokal yang bagus untuk Anda coba. Karena ini adalah kota universitas, ada suasana yang hidup dan berjiwa muda.

3. Tisza

Terletak di Tenggara negara di sepanjang tepi Sungai Tisza, Szeged dikenal sebagai ‘Kota Sinar Matahari’ karena cuacanya yang indah. Penuh dengan taman rindang dan kafe pinggir jalan yang ramai.

Szeged bertindak sebagai pusat ekonomi dan budaya untuk wilayah sekitarnya, dan karena merupakan kota universitas, ada banyak kehidupan malam yang luar biasa untuk dinikmati, serta banyak kafe, bar, dan restoran yang bagus.

Kota terbesar ketiga di negara ini memiliki pemandangan budaya yang semarak; di musim panas, tempat ini menyelenggarakan banyak festival, dengan festival Open Air Theatre menjadi acara utama tahun ini. Dengan banyak arsitektur indah di Kota Tua – dalam bentuk rumah mewah yang elegan dan sejumlah pemandian air panas – Szeged pasti patut dikunjungi.

2. Eger

Penuh dengan bangunan barok tua yang indah, Eger menyenangkan untuk berkeliaran. Di kompleks kastil puncak bukitnya, ada beberapa museum dan pameran fantastis yang memberikan pandangan menarik tentang pengepungan Turki dan pendudukan kota.

Jalan-jalannya yang menawan adalah rumah bagi beberapa restoran dan bar yang bagus. Eger terkenal dengan anggurnya, jadi pengunjung harus mampir ke gudang anggur atmosfer di Lembah Wanita Cantik untuk mencobanya.

Dengan pemandian Turki, basilika besar, dan beberapa jalur hiking indah yang berkelok-kelok di sekitar pedesaan berbukit di sekitarnya, Eger tentu memiliki banyak hal untuk ditawarkan.

1. Budapest

Mengangkangi Danube yang mengalir melaluinya, ibu kota Hungaria yang semarak adalah tujuan yang semakin populer dan benar-benar memiliki semua yang Anda inginkan dari sebuah kota dan banyak lagi.

Indah untuk dilihat, Budapest memiliki beberapa arsitektur indah yang dipamerkan yang berkisar dari barok dan neoklasik hingga art nouveau, dengan Benteng Nelayan yang elegan dan gedung Parlemen yang sangat besar menjadi dua dari banyak sorotannya .

Dengan banyak situs bersejarah yang ditawarkan, masa lalu Budapest sangat menarik untuk dijelajahi; House of Terror yang menghantui hanyalah salah satu museum yang bergerak dan penting.

Dikenal sebagai ibu kota spa Eropa, ada banyak pemandian air panas yang indah untuk Anda bersantai. Di bar reruntuhan yang menjadi ciri khasnya, pemandangan kehidupan malam Budapest yang fantastis sama unik dan menyenangkannya.

13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria
hungaria Informasi

13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria

13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria – Bahasa resmi Hongaria sangat unik dan kompleks: terlepas dari lokasi negaranya di Er0pa tengah, dialoknya tidak sama dengan yang digunakan di negara-negara tetangganya. Kami melihat 13 fakta tentang Hungaria yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

13 Fakta Menarik Tentang Bahasa Hongaria

 Baca Juga : Sejarah Hongaria Modern

Ini adalah salah satu bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari

Siapa pun yang belajar bahasa Hongaria akan tertarik untuk memberi tahu Anda bahwa ini adalah salah satu bahasa yang paling menantang untuk dipelajari. Sementara pendapat bervariasi, kurang lebih semua orang setuju itu ada di 10 besar berkat 26 kasus dan banyak aturan kompleks.

Ini sebenarnya disebut Magyar

Sementara bahasa Hongaria umumnya disebut sebagai bahasa Hongaria di luar perbatasan negara, sebenarnya nama aslinya adalah “Magyar”, yang juga dapat digunakan untuk merujuk pada orang Hongaria.

Itu hanya diucapkan oleh 13 juta orang

Hongaria adalah negara kecil dengan sekitar 9,8 juta penduduk, tetapi – mungkin mengejutkan – ini bukan satu-satunya negara yang menggunakan bahasa Hongaria. Daerah di sekitar negara itu, yang dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Hongaria, adalah rumah bagi sekitar 2,2 juta penutur bahasa Hongaria. Negara-negara seperti Austria , Kroasia dan Slovenia termasuk dalam daftar, sedangkan bahasa Hongaria juga digunakan oleh ribuan orang yang tinggal di negara-negara seperti Amerika Serikat.

Itu berasal dari Asia

Bahasa Hungaria benar-benar berbeda dengan dialek yang digunakan oleh tetangganya, yang biasanya berbicara bahasa Indo-Eropa. Faktanya, bahasa Hongaria berasal dari wilayah Ural di Asia dan termasuk dalam kelompok bahasa Finno-Ugric, yang berarti kerabat terdekatnya sebenarnya adalah orang Finlandia dan Estonia.

Ada 14 vokal

Lima vokal bahasa Inggris pucat jika dibandingkan dengan total 14 vokal dalam bahasa Hongaria. Selain vokal dasar “a, e, i, o, u”, bahasa Hongaria juga menyertakan 9 variasi lebih lanjut pada ini: á, é, í, ó, ö, , , ü, . Pengucapan masing-masing sedikit berbeda dan dapat mengubah arti kata sepenuhnya.

Urutan kata fleksibel

Saat menyusun kalimat dalam bahasa Hongaria, ada sejumlah opsi dalam hal urutan kata (seolah-olah semuanya tidak cukup rumit!). Meskipun urutan kata fleksibel, itu tidak sepenuhnya gratis – masih ada aturan tentang bagaimana kata-kata perlu diatur. Hal ini bergantung pada penekanan kalimat, dan pengertian yang disampaikan.

Orang Hongaria mungkin mengunjungi Amerika sebelum Columbus

Christopher Columbus terkenal dengan perjalanannya ke Amerika, tetapi bahasa Hongaria mungkin hanya menjadi bukti bahwa seorang Magyar ada di sana sebelum dia. Di Yarmouth County Museum , sebuah batu dapat ditemukan yang bertuliskan bentuk awal dari Old Hungarian – yang merupakan dialek dari waktu jauh sebelum Columbus menjelajahi bumi.

Kata terpanjang memiliki 44 huruf

Tanpa padanan bahasa Inggris, kata terpanjang Hongaria adalah frasa sepanjang 44 huruf: Megszentségteleníthetetlenségeskedéseitekért . karena mungkin panjangnya, percakapan itu tidak kagi digunakan dalam sehari-hari . Apa artinya? Sesuatu di sepanjang baris “untuk perilaku [jamak] Anda yang berkelanjutan seolah-olah Anda tidak dapat dinodai”.

Tapi sebenarnya, kata-kata bisa jauh, jauh lebih lama

Bahasa H0ngaria merupakan bahasa aglutinatif, yang berarti bahwa berbagai komp0nen tata bahasa – seperti imbuhan dan batang – dapat ditambahkan ke sebuah kata untuk menambah panjangnya (dan mengubah artinya). Berkat ini, kata-kata lebih dari 100 huruf telah dibuat di masa lalu, meskipun semakin panjang kata, semakin cenderung kehilangan maknanya.

Bahasa Hungaria benar sampai ke akar-akarnya

Selama bertahun-tahun, sejak diciptakan sebagai bahasa, bahasa Hongaria telah berkembang dan berubah seperti dialek lainnya. Namun, tetap setia pada akar kunonya, bahasa Hongaria mengandung 68% etimmon, atau kata-kata aslinya. Bandingkan ini dengan 4% yang dipertahankan oleh bahasa Inggris, atau 5% yang disimpan oleh bahasa Ibrani , dan skalanya bahkan lebih mengesankan.

Ada dua kata untuk warna merah

Ketika dihadapkan dengan menggambarkan sesuatu yang merah, orang Hongaria memiliki dua kata untuk dipilih. ” Piros” dan ” vörös” keduanya menawarkan arti yang sama. Namun, sedikit membingungkan, mereka dapat dipertukarkan dalam beberapa kasus dan tidak dalam kasus lain. Anggur selalu vörös , misalnya, sedangkan darah atau mawar bisa jadi keduanya.

Nama belakang ke depan

Saat memperkenalkan diri di Hongaria, nama depan Anda selalu dicantumkan setelah nama belakang Anda. Misalnya, Tamas Nagy akan diperkenalkan sebagai Nagy Tamas. Ini dapat menarik perhatian beberapa pengunjung, namun nama yang diberikan masih digunakan saat berbicara dengan atau tentang seseorang.

Alfabet memiliki 44 huruf – dan beberapa huruf sebenarnya memiliki 2 atau 3 bagian

Alfabet Hongaria tidak hanya menampilkan 44 huruf secara total, tetapi beberapa dari mereka yang dihitung sebagai huruf sebenarnya terdiri dari dua atau bahkan tiga. Bingung ? Ambil, misalnya, “dsz”, sebuah huruf dalam alfabet Hungaria diucapkan sebagai “j”, atau “zs” yang setara dengan “z”.

Sejarah Hongaria Modern
hungaria Informasi Sejarah

Sejarah Hongaria Modern

Sejarah Hongaria Modern – Pada 23 Oktober 1989, Hongaria menjadi republik parlementer yang demokratis. Hongaria bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004 dan hari ini dianggap sebagai kekuatan menengah dalam urusan global serta tujuan wisata populer Eropa. Namun, jalan menuju titik ini dalam sejarah menampilkan banyak tikungan dan belokan dan Hongaria mengalami abad kedua puluh yang dirusak oleh kekerasan dan perang.

Sejarah Hongaria Modern

 Baca Juga : 10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest

hungaria – Sementara fondasi negara Hongaria didirikan pada akhir abad kesembilan, kisah kenegaraan Hongaria adalah kisah yang kompleks. Sekitar tahun 1530, Hongaria yang merdeka jatuh ke tangan orang asing dan itu akan memakan waktu berabad-abad sampai ada kemiripan perdamaian atau keamanan. Sejarah Hongaria dari titik ini penuh dengan pemberontakan, pertempuran, perang, deklarasi perdamaian sementara, revolusi dan pembunuhan.

Dalam artikel ini kita akan mengkaji aspek-aspek sejarah Hongaria ini, menelusuri sejarah ini dari abad Hongaria sebagai kekuatan besar hingga jatuhnya Hongaria yang merdeka pada tahun 1530 hingga penghapusan kemerdekaan konstitusional Hongaria pada tahun 1849. Artikel ini dirancang untuk bertindak sebagai latar belakang bagi mereka yang tertarik dalam perjalanan ke Hungaria atau mengambil bagian dalam salah satu tur Odyssey kami untuk Hungaria, termasuk Sofia, Bucharest, Budapest Kelompok Kecil Tour , Habsburg Seni dan Musik Tour dan Oberammergau Passion Play 2020 tur .

Hari ini, Hongaria adalah tujuan wisata yang semakin populer yang menawarkan pengalaman perjalanan yang unik dan tak tertandingi. Harta karun arsitektur yang dibingkai oleh pemandangan alam yang menakjubkan, baik kota maupun pedesaan kemungkinan akan membuat Anda terpesona dengan pemandangannya yang indah.

Dari bangunan umum bergaya art nouveau hingga kastil abad pertengahan dan reruntuhan Romawi, kisah Hongaria terus terlihat. Berjalan-jalan di sekitar Danau Balaton yang indah, bersantai di pemandian Turki, manjakan diri dengan makanan Hungaria yang lezat dan temukan beberapa permata tersembunyi di negara ini.

Hungaria Kekuatan Besar

Fondasi negara Hongaria didirikan pada 895 ketika Magyar, orang Finno-Ugric, bersatu dan dipimpin oleh Pangeran Arpad menaklukkan Cekungan Carpathian. Pada tahun 1000, daerah itu menjadi kerajaan Kristen dan St Stephen, keturunan Pangeran Arpad, dinobatkan sebagai Mahkota Suci Hongaria. Dengan ini struktur negara Hongaria didirikan dan pada tahun 1006, Stephen telah melenyapkan saingannya yang berusaha mengikuti tradisi pagan lama atau menginginkan aliansi dengan Kekaisaran Bizantium Kristen Timur. Dia memperluas wilayah kontrolnya dan selama waktu ini, Hongaria adalah salah satu negara bagian terbesar di Eropa.

Meskipun ada beberapa tahun perselisihan setelah kematian Stephen I, pemerintahan Bela III dari tahun 1172 hingga 1192 dianggap sebagai periode yang makmur dan stabil dari sejarah Hongaria yang kompleks dan sulit. Bela III adalah pemimpin terkaya dari dinasti Arpad dan dikatakan bahwa ia memiliki setara dengan 23.000 kg perak murni tahunan sekali pakai – lebih dari raja Prancis dan Mahkota Inggris. Dia memperluas kerajaan Hongaria ke selatan dan barat, mengurangi kekuatan Kekaisaran Bizantium.

Selama Arpad dan dinasti Anjou (dari 1301), Hongaria abad pertengahan umumnya berkembang, meskipun invasi Mongol yang menghancurkan pada 1241 yang menghancurkan banyak bagian negara itu. Raja Hongaria terakhir yang kuat adalah Matthias Corvinus (1458-90), yang mengubah Hongaria menjadi pusat kebangkitan di Eropa Tengah. Corvinus adalah banyak hal; seorang pemimpin militer yang sukses, seorang peramal yang mengesankan, pelindung seni dan pembelajaran, ahli bahasa yang ulung, dan reformis. Dia dianggap sebagai penguasa yang adil dan dia berharap bisa memperkuat Hongaria, berusaha membangun wilayah luas yang bisa melawan Kekaisaran Ottoman, yang mengancam Eropa.

Runtuhnya Hongaria yang Merdeka

Kekaisaran Ottoman telah menjadi negara politik terpadat kedua di dunia pada abad keenam belas tetapi mereka yang berkuasa di Hongaria tidak menyadari ancaman kekaisaran, yang merambah Hongaria dari selatan, sebagaimana seharusnya. Dengan kematian Cornivus (dia tidak memiliki anak), para pembuat kebijakan malah berfokus untuk menemukan raja baru dan banyak raja Hongaria mencari raja yang lemah yang dapat mereka kendalikan dan manipulasi. Akibatnya, Raja Vladislaus II naik takhta. Dia akan dikenal sebagai Raja Dobze (berarti ‘baik’ atau ‘oke’ jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris) karena dia melakukan seperti yang diperintahkan oleh para raja. Di bawah pemerintahannya, dana kerajaan dihamburkan, sistem administrasi dibongkar, benteng-benteng rusak dan tanah diambil alih.

Lingkungan ini membuat marah kelas pekerja dan memicu pemberontakan petani pada Mei 1514, yang dipimpin oleh Gyorgy Dozsa. Pemberontakan secara brutal dihancurkan oleh kaum bangsawan, yang dipimpin oleh John Szapolyai. Ribuan petani disiksa dan dieksekusi, termasuk Dozsa. Dari pemberontakan, perbudakan feodal selamanya ditulis menjadi hukum, mengkodifikasi hak dan hak istimewa para baron dan bangsawan.

Degradasi ketertiban yang mengikuti pergantian peristiwa ini menciptakan lingkungan di mana Kekaisaran Ottoman dapat membuat langkah yang menentukan di Hongaria. Pada tahun 1526, tentara Hongaria dikalahkan dalam Pertempuran Mohacs. Kemenangan Turki pada Pertempuran Mohacs menandai berakhirnya efektif monarki Hongaria dan membuka jalan bagi Habsburg dan dominasi Turki di negara tersebut. Dari pertempuran yang menentukan ini hingga akhir abad ke-17, Hongaria akan terpecah menjadi tiga bagian.

Buda direbut oleh Turki dan mereka menguasai sebagian besar negara. Hongaria Utara dan Barat mengakui Habsburg sebagai pemimpin dan Transylvania menjadi kerajaan independen. Ketika Turki mengambil alih, mereka mengakui Transylvania sebagai vasal mereka tetapi tetap merupakan daerah otonom.

Zaman Keemasan Transylvania

Di bawah kepemimpinan Gabor Bethlen , pangeran Hungaria Transylvannia, entitas independen makmur. Meskipun Bethlen dianggap sebagai pemimpin despotik di dalam negeri, kendalinya atas perdagangan dan pengembangan sumber daya kerajaan membuat pendapatan Transylvania berlipat ganda. Dia memperjuangkan penyebab Protestan dan mengobarkan perang terhadap Kaisar Habsburg tiga kali, memperoleh konfirmasi dari Perjanjian Wina untuk penyebab Protestan dan Perdamaian Nikolsburg. Penggantinya, Rakoczi, mengawasi penandatanganan Perdamaian Linz dan bersama-sama, Bethlen dan Rakoczi menciptakan era keemasan bagi Translyvania dengan meningkatkan akses ke pendidikan dan menjaga budaya Translyvania tetap hidup. Selama pemerintahan mereka, Transylvania adalah salah satu dari sedikit negara Eropa di mana Katolik Roma, Calvinis, Lutheran, dan Unitarian hidup dalam toleransi timbal balik—semua agama yang diterima secara resmi.

Namun, zaman keemasan segera berakhir tiba-tiba dengan kekalahan Pangeran John Kemeny oleh Turki dan pengangkatan Mihaly Apafi yang lemah ke atas takhta. Dengan ini, Translyvania menjadi negara klien Kekaisaran Ottoman dari sekitar tahun 1661. Ini akhirnya akan menjadi bagian dari Hongaria di bawah Habsburg. Namun, 1687 melihat Pertempuran Mohacs kedua, dengan Habsburg dan Turki berperang lagi. Turki menderita kekalahan telak, kehilangan banyak tanah Hungaria mereka. Pada 1718, seluruh kerajaan Hongaria telah dihapus dari kekuasaan Ottoman dan Turki telah diusir oleh Habsburg. Peperangan terus-menerus antara Hongaria dan Turki Utsmaniyah berdampak signifikan pada komposisi demografis dan etnis Hongaria.

Habsburg memerintah hingga 1869

Pengusiran orang Turki tidak berarti bahwa Hongaria menjadi bebas dan merdeka, melainkan menjadi provinsi Kekaisaran Habsburg. Berkat Sanksi Pragmatis Kaisar Charles VI , yang mendukung garis suksesi melalui garis perempuan Habsburg, putri Charles, Maria Theresa, naik takhta dan setelah lima tahun masa pemerintahannya, bangsawan Hongaria menjanjikan ‘hidup dan darah’ mereka kepadanya. di diet di Pozsony (sekarang Bratislava) dengan imbalan pembebasan pajak atas tanah mereka. Ini menandai awal dari periode ‘absolutisme yang tercerahkan’ yang akan berlanjut di bawah pemerintahan putra Maria Theresa, Joseph II (memerintah 1780-90).

Di bawah Maria Theresa dan Joseph II, Hongaria perlahan mulai pulih dari kehancuran pendudukan Turki. Petani Jerman melakukan perjalanan ke Danube dan mulai mengisi kembali bagian selatan Hongaria sementara daerah yang tidak berpenghuni di timur dan selatan dihuni oleh orang Rumania dan Serbia. Hongaria mulai mengambil langkah maju baik secara ekonomi maupun budaya. Joseph II berusaha memodernisasi masyarakat dengan membebaskan budak, meningkatkan kehidupan petani dan menetapkan bahasa Jerman sebagai bahasa resmi pemerintah. Namun, meskipun tampak sebagai seorang reformis yang hebat, Joseph II membatalkan semua kecuali tiga reformasinya di ranjang kematiannya pada tahun 1790.

Sejak akhir abad ke-18, ide-ide nasionalisme mulai berakar di Hongaria dan ada minat yang berkembang pada bahasa, adat istiadat, dan sejarah Maygar. Dipengaruhi oleh Pencerahan dan Romantisisme, para intelektual Hongaria membaca tentang Revolusi Prancis dan melakukan perjalanan ke seluruh Eropa, membawa ide-ide ini kembali ke Hongaria. Sementara itu, Hongaria mulai berkembang secara ekonomi dengan Pest berubah menjadi pelabuhan sungai. Salah satu negarawan paling terkemuka di negara itu, Pangeran István Széchenyi,mengakui perlunya modernisasi dan mendirikan Akademi Ilmu Pengetahuan Hongaria di majelis nasional Bratislav yang menandai dimulainya Periode Reformasi. Perkembangan gagasan dan suntikan modal ini akan menjadi landasan bagi revolusi 1848-49. Sejak tahun 1832, majelis nasional mulai mengadakan sesi-sesinya dalam bahasa Hongaria, bukan bahasa Latin.

Para raja Habsburg, merasakan gejolak nasionalisme, mencoba untuk mencegah industrialisasi dan liberalisasi negara, memenjarakan banyak reformis termasuk Lajos Kossuth (1802-94), seorang pengacara dan jurnalis yang merupakan pemimpin bangsawan rendah di Parlemen.

Kossuth akan menjadi tokoh penting di Hongaria. Dia memiliki pandangan radikal dan serangannya terhadap pemerintah yang menyebabkan dia dipenjara pada tahun 1837. Dia dibebaskan pada tahun 1840 dan segera menjadi editor Pesti Hirlap dan pemimpin kaum liberal ekstrim. Dia menuntut pemerintahan yang merdeka untuk Hongaria.

Perang Kemerdekaan 1848-49

Pada tahun 1848, Count Lajos Batthyany yang liberal diangkat menjadi perdana menteri kementerian Hongaria dan Habsburg setuju untuk menghapus perbudakan dan menyatakan kesetaraan di bawah hukum. Namun, pada bulan September, Habsburg, yang dengan cepat kehilangan kesabaran dengan seruan untuk revolusi di Hongaria, membubarkan pemerintah Batthyany dan melancarkan serangan ke Hongaria. Sebagai tanggapan, Hongaria membentuk komisi pertahanan nasional dan memilih Kossuth sebagai gubernur sementara negara tersebut. Parlemen mendeklarasikan kemerdekaan penuh Hongaria pada tahun berikutnya, pada dasarnya ‘melengserkan’ Habsburg, yang meminta bantuan Rusia.

Tsar Rusia, Nicolas I, memberikan Habsburg penggunaan 200.000 tentara dan 13 Agustus 1849 melihat tentara Hungaria menyerah kepada kaisar Austria dan pasukan superior tsar Rusia di Világos. Yang terjadi selanjutnya adalah serangkaian pembalasan dan represi brutal di pihak Habsburg. Para Martir Arad (Lajos Batthyany dan 13 jenderalnya) dieksekusi dan Kossuth diasingkan di Turki. Kemerdekaan konstitusional Hongaria dihapuskan dan adat dan hukum Austria diperkenalkan, sementara semua hukum yang diadopsi pada tahun 1848-49 dinyatakan tidak berlaku. Kastil dan benteng di seluruh negeri dihancurkan secara sistematis oleh pasukan Habsburg untuk mencegahnya digunakan oleh pemberontak Hongaria.

Dekade revolusioner akan menyusul, tetapi kami akan meninjau kembali Kekaisaran Austro-Hongaria dan dampak perang dunia di Hongaria dalam artikel mendatang. Yang pasti adalah bahwa sejarah Hungaria yang penuh gejolak masih jauh dari selesai dengan pergantian peristiwa ini tetapi meskipun mengalami kegagalan dan kemunduran, nasionalisme Hungaria, budaya dan bahasa masih menyala terang di antara orang Hungaria. Sementara kemerdekaan dalam bentuk apa pun masih jauh, keinginan orang Hongaria untuk mempertahankan budaya mereka sudah jelas. Jika artikel ini telah memicu minat Anda pada Hongaria dan Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi, silakan lihat tur Hongaria kami yang mengunjungi negara yang menakjubkan ini.

Ada banyak hal yang disukai tentang Hongaria hari ini. Budapest adalah salah satu kota terindah di Eropa dan di sekitar pedesaan Anda akan menemukan kastil dan istana untuk dijelajahi serta pemandangan alam yang indah. Selain museum, landmark, dan pemandian air panas untuk dijelajahi di Budapest, ada permata tersembunyi seperti kota universitas Pecs dan desa-desa kuno di sekitar Danau Balaton, danau air tawar terbesar di Hongaria.

10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest
Informasi Makanan Restoran

10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest

10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest – Hari ini kami menyusun daftar 10 hal teratas yang harus dicoba setiap orang di Budapest, dan juga menambahkan di mana menemukannya ketika seseorang mengunjungi ibu kota Hungaria. Daftar ini berisi hidangan dan minuman tradisional Hongaria yang paling ikonik.

10 Makanan dan Minuman Hungaria Yang Harus Anda Coba di Budapest

 Baca Juga : Barang Hongaria Yang Harus Kalian Beli Jika Di Budapest

1. Fisherman’s soup (Halászlé)

Sup Fisherman’s Hongaria mirip dengan paprikash ikan, tetapi dengan lebih banyak air. Sup pedas lezat ini biasanya terbuat dari ikan mas yang ditangkap di sungai Danube. Resepnya yang paling berpengaruh dalah bubuk paprika tradisional, yang memberi warna merah cerah pada sup. Versi sup Fisherman’s yang paling terkenal merupakan: sup nelayan Baja, Szeged dan wilayah Tisza. Anda bisa mencoba sup ini di banyak tempat di Budapest, misalnya di Horgásztanya Restaurant .

2. Gulai (Gulyás)

Goulash adalah salah satu (jika bukan No. 1) hidangan Hongaria yang paling terkenal. Goulash adalah sup kaya yang terbuat dari daging dan sayuran, dan dengan banyak paprika. Secara tradisional, gulai terbuat dari daging sapi, tetapi Anda juga dapat menemukan gulai yang terbuat dari racikan daging babi maupun ayam. Anda dapat mencoba gulai di hampir setiap restoran di Budapest, tetapi untuk pengalaman bersantap yang unik, Anda dapat pergi ke restoran Vagon atau Gettó Gulyás .

3. Paprikas Ayam (Csirke paprikás)

Paprika ayam memiliki semua yang menjadi ciri khas masakan Hungaria: paprika, merica, bawang merah, bawang putih, hijau, merica, tomat, daging, dan krim asam. Hidangan ini mempunyai saos krim yang daging ayamnya direbus selama satu jam. Secara tradisional, disajikan dengan nokedli atau yang biasa kita sebut pangsit telur. Anda dapat mencoba hidangan Hungaria yang sangat populer ini di Paprika Jancsi , Budapest.

4. Lecsó . Hongaria

Beberapa negara memiliki versi makanan ini sendiri (misalnya ratatouille Prancis). Lecsó Hungaria pada dasarnya adalah rebusan sayuran yang terbuat dari tomat, paprika kuning, dan bawang. Sayuran dibumbui dengan garam dan bubuk paprika. Pecinta daging sering memasukkan sosis ke dalam lecó mereka, tetapi versi asli dari makanan ini dibuat tanpa daging. Lecsó biasanya disajikan dengan roti dan satu sendok krim asam. Tidak banyak hidangan vegetarian tradisional Hongaria, jadi Lecsó benar-benar harus dicoba untuk vegetarian yang mengunjungi ibu kota. Anda bisa mencobanya di restoran M10 di Buda.

5. Solet Sólet

adalah rebusan yang terbuat dari kacang merah, bawang bombay, barley, dan paprika. Ini adalah hidangan tradisional Hungaria-Yahudi. Sólet biasanya disajikan dengan telur utuh atau setengahnya sebagai hiasan. Anda dapat mencobanya di jantung Kawasan Yahudi Budapest, di restoran Kőleves .

6. Makanan jalanan Hungaria: Lángos

Lángos adalah adonan gorengan yang disajikan dengan berbagai topping. Namun, Lángos Hungaria tradisional disajikan dengan minyak bawang putih , krim asam, dan keju parut di atasnya. Anda dapat menemukan lángos terbaik di pasar makanan yang berbeda di Budapest, seperti Great Market Hall, atau Anda dapat mengunjungi restoran Lángos Papa .

Hidangan penutup

7. Kue Sponge ( Somlói galuska )

Kue bolu merupakan makanan penutup Hongaria yang paling familiar.  Ini adalah kue kecil yang dibuat dengan tiga kue bolu rasa yang berbeda, krim, kismis serta kenari dan saus cokelat. Makanan penutup ini pertama kali dibuat untuk World Expo pada tahun 1958, dan langsung sukses. Anda dapat mencoba makanan penutup ini langsung di restoran tempat pembuatannya: Gundel .

Minuman

8. Fröccs

Fröccs adalah minuman paling sederhana dan paling indah untuk dinikmati di hari yang panas: pada dasarnya adalah anggur yang dicampur dengan air soda. Ada banyak versi fröccs dengan nama yang berbeda, tergantung pada rasio anggur-soda. Karena anggur Hungaria lezat, begitu juga fröccs. Anda dapat memesan fröccs di setiap bar di Budapest, tetapi World of Food & Drinks merekomendasikan Szimpla untuk pengalaman fröccs paling otentik.

9. Palinka

Pálinka mungkin adalah minuman beralkohol Hongaria yang paling terkenal. Ini adalah suntikan yang kuat, secara tradisional disuling dari berbagai jenis buah-buahan: plum, pir, persik, ceri, anggur, dll. Pálinka biasanya dinikmati sebelum makan (untuk membantu nafsu makan) dan di akhir makan (untuk membantu pencernaan). Pálinka berkualitas dan buatan sendiri memang bagus, tetapi jauhi yang murahan. Anda dapat mencoba 250 pálinka premium dengan rasa yang berbeda di Abszolut Palinka.

10. Milk bars

Minum susu di bar susu khusus adalah tradisi yang relatif baru di Budapest. Bar susu buka pagi-pagi sekali untuk menyambut siapa saja yang mampir untuk minum kopi atau susu dan sarapan dalam perjalanan untuk memulai hari mereka. Kunjungi Cserpes Tejivó untuk melihat apa yang dimaksud dengan bar susu khas Hongaria. Tempat ini menawarkan banyak pilihan kue dan produk susu.

1 2 3