Fakta Menarik Hongaria Sekaligus Negara Tertua Di Eropa Yang Harus Anda Ketahui

Fakta Menarik Hongaria Sekaligus Negara Tertua Di Eropa Yang Harus Anda Ketahui – Hungaria atau Hungaria adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah. Hongaria didirikan pada tahun 897, sebelum Prancis dan Jerman didirikan, dan kerajaan Anglo-Saxon sebelum penyatuan kembali Britania Raya. Negara ini pernah menjadi tempat pertempuran tiga kekuatan besar dunia, yaitu Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Ottoman, dan Kekaisaran Mongol.

Fakta Menarik Hongaria Sekaligus Negara Tertua Di Eropa Yang Harus Anda Ketahui

 Baca Juga : Heroes Square Budapest Alun-Alun Sekaligus Gerbang Taman Kota di Hungaria

Karena sejarahnya yang kuat dan berpengaruh di dunia, Hongaria memiliki banyak situs sejarah yang unik dan menarik. Berikut  fakta menarik Hungaria adalah negara tertua di Eropa.

Memiliki Dua “Ibukota”

Budapest ialah ibukota Negeri Hongaria sekalian kota terbanyak di negeri itu dengan jumlah masyarakat 1, 7 juta jiwa. Pada tahun 1873, Kota Buda serta Kota Obuda( Buda berumur) di tepi sisi barat bengawan Danube disatukan dengan Kota Pest di sisi tepi timur bengawan, alhasil jadi kota Budapest 2 kota ini dihubungkan dengan jembatan.

hungaria – Kota ini pula mempunyai pangkal air panas paling banyak di bumi. Dekat 7o juta liter air panas pergi ke dataran tiap harinya. Pangkal air panas itu menghasilkan banyak pemandian buat kesehatan serta adat- istiadat mandi yang telah lazim semenjak era Imperium Romawi. Hingga saat ini tempat- tempat kolam renang ini sedang terdapat serta dipertahankan bangunan aslinya.

Gedung Parlemen Terbesar Di Dunia

Bangunan Orszagha ialah bangunan Parlemen Hongaria yang terdapat di kota Budapest ini mempunyai besar 18. 000 kilometer persegi, memiliki 691 kamar, 20 km keseluruhan jauh tangga serta tingginya 96 m. Bangunan ini dihiasi 90 arca di bagian depannya dengan berat 40 kilogram serta terdiri dari 23 karat kencana. Bangunan ini dibentuk pada tahun 1885 serta berakhir pada tahun 1902.

Bangunan ini ialah salah satu bangunan legislatif tertua di Eropa serta ialah tujuan darmawisata yang terkenal di Hongaria. Apalagi besar bangunan ini menaklukkan bangunan parlemen Westminster Palace dari Inggris yang populer mewah serta luar biasa elegan itu. ih terdapat serta dipertahankan arsitektur aslinya.

Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua Di Eropa

Hongaria pula memeiliki sistem sepur dasar tanah tertua di Eropa tidak hanya di Kota London di Inggris. Rute sepur ini dibuka pada tahun 1896 kala Hongaria memperingati hari jadinya yang ke- 1000, oleh karena itu dipanggil Millenium Underground. Rute sepur ini dipakai selaku sepur dasar tanah M1 serta mengaitkan pusat kota dengan City Park.

Sinagoge Terbesar Di Dunia

Sinagoge ataupun Kanisah ialah tempat ibadah pemeluk ibrani. Di Hongaria ada Sinagoge terbanyak di bumi ialah Sinagoge Dohany Street. Sinagoge ini bisa menampung 3000 jamaah, dengan besar 44 m serta luasnya 2000 m persegi. Sinagog ini dibentuk pada tahun 1854 serta 1859 dengan style arsitektur Neo- Moorish.

Makam Gul Baba

Gul Baba ialah seseorang darwis Kerajaan Ottoman yang disegani. Tempat pemakamannya dibentuk sepanjang agresi Imperium Turki Ottoman pada era ke 16. Ia dihormati selaku orang bersih serta sehabis ia tewas pada tahun 1541, kuburannya di bagian Kota Buda jadi tempat kesukaan pemeluk Islam selaku tempat buat berkunjung.

Tempat ini dibentuk antara tahun 1543 serta 1548 ini ialah sedikit dari aset gedung Turki di Hongaria. Gedung aset yang lain merupakan Kiraly serta posisi kolam renang Rudas Turkish.

Negara Orang-Orang Pintar

Pada tahun 2007, terdapat 13 orang Hongaria yang memperoleh Nobel dalam seluruh aspek melainkan perdamaian. Tingkatan baca catat orang Hongaria menggapai 99%. Tidak hanya menciptakan ilmuan- ilmuan terkenal di bumi. Hongaria pula menciptakan komposer nada klasik yang populer semacam Membela Bartók, Zoltán Kodály serta Franz Liszt. Apalagi balpoint yang lazim kalian gunakan buat menulis dilahirkan oleh orang Hongaria yang bernama Laszlo Dinas. Sebagian penemuan- penemuan ini dipajang di museum Center of Scientific Wonders yang jadi tempat darmawisata terkenal di Hongaria.

Baca Juga : Temukan 14 Spots Menakjubkan Di Argyll & The Isles 

Gulyásleves Sup Yang Mengugah Selera

Gulyásleves ialah menu khas Hongaria yang dibuat dari daging lembusayuran, paprika serta bumbu- bumbu lain. awal mula sup ini dari makanan yang dimasak oleh penggembala yang dimasak dari daging lembu, paprika, sayuran serta bumbu lain. Sup ini berawal dari santapan yang dimasak oleh penggembala, gulyás berarti mengangon serta leaves yang berarti sup.

Goulash menggodok serta Dobos torte ataupun Dobosh ialah santapan yang pula populer di Hongaria. Di sisi itu sedang terdapat kue serta roti yang lain, semacam Langos, Palacsinta, Porkolt yang akan buat kalian ketagihan.

Hungaria