Sat. May 21st, 2022

Produksi Anggur di Hongaria – Umat ​​manusia setiap tahun menghasilkan sekitar 27.900 juta liter anggur. Itu cukup untuk mengisi 37.200 juta botol anggur ukuran standar 750 ml. Seseorang seharusnya bisa mengisi beberapa gudang anggur dengan itu, kan? Namun, hanya 65 persen dari anggur ini yang dikemas dalam botol. Sisanya dijual dalam jumlah besar.

Produksi Anggur di Hongaria

hungaria – Hongaria memproduksi sekitar 300 juta liter anggur setiap tahun. Itu berarti Hungaria memproduksi sekitar 1 persen anggur dunia, menjadikannya produsen anggur terbesar ke-14 di dunia, dan produsen terbesar ke-7 di Eropa (yang mengejutkan, Hongaria berada tepat di belakang Rusia). Hongaria membuat jumlah anggur yang sama dengan Brasil.

Dan Hungaria menghasilkan lebih banyak anggur daripada negara-negara penghasil anggur seperti Austria, Selandia Baru, dan Yunani. Tidak terlalu buruk untuk negara yang menganggap dirinya kecil! Tapi, Pabrik Anggur E. & J. Gallo California menghasilkan lebih dari dua kali jumlah anggur seperti yang dilakukan seluruh negara Hongaria! Setiap tahun Gallo menghasilkan 900 juta botol, dibandingkan dengan Hungaria 400 juta botol.

Areal Kebun Anggur Di Mana Posisi Hongaria?

OIV juga melacak produksi anggur. Ini jelas tidak sama dengan produksi anggur karena ada negara-negara penghasil anggur besar yang menggunakan anggur mereka terutama untuk produk lain (seperti kismis, selai, atau jus) daripada anggur. Negara-negara seperti Cina, Turki, Iran, dan Uzbekistan adalah petani anggur besar, tetapi tidak begitu dikenal (jika sama sekali) untuk anggur mereka.

Negara dengan luas kebun anggur terbesar adalah Spanyol (967.000 hektar). Hongaria berdiri sederhana di posisi ke-24 dengan 65.000 hektar ditanami, tepat setelah Aljazair dan Mesir. Itu mengingat bahwa kita tidak menang dengan kuantitas!

Dari 65.000 hektar kebun anggur Hongaria, 60.000 hektar aktif dan memproduksi anggur untuk pembuatan anggur. 5.000 lainnya adalah perkebunan baru yang belum produktif atau ditanami anggur yang tidak digunakan untuk pembuatan anggur.

Untuk menempatkannya dalam perspektif, semua tanah Hongaria di bawah pohon anggur dapat masuk ke dalam wilayah Chianti Italia. Chianti (75.000 hektar) hanyalah salah satu dari ratusan daerah penghasil anggur Italia. Wilayah Bordeaux Prancis memiliki dua kali luas Hongaria (112.000 hektar).

Baca Juga : Mengulas Tentang Segala Hal Di Negara Hungaria 

Daerah Anggur yang Luas di Hongaria

Hongaria memiliki 22 daerah penghasil anggur. Kunság adalah yang terbesar, dengan luas 20.000 hektar yang mengesankan, dan menghasilkan sepertiga anggur Hongaria. Monster sejati. Tetapi Kunság berukuran kira-kira sama dengan Napa Valley AVA (Area Vitikultura Amerika), yang hanya menghasilkan 4 persen anggur California.

Di ujung lain spektrum ukuran Hongaria, ada Mór, wilayah anggur terkecil di Hongaria (460 hektar). Wilayah Somló dan Pécs mengikuti, masing-masing dengan sedikit lebih dari 500 hektar. Untuk menempatkan ini dalam perspektif, AVA Lembah Napa memiliki 16 sub-AVA (sub-wilayah). Salah satunya, Los Carneros AVA, berukuran sama dengan seluruh wilayah Mór. Hungaria cukup butik, kan?

Konsumsi Anggur

Sebagai sebuah negara, Hongaria minum 240 juta liter anggur setiap tahun. Kedengarannya layak, bukan? AS minum 3,26 miliar liter dalam setahun! AS memimpin dalam kategori ini, diikuti oleh Prancis, Italia, dan kemudian Jerman. Hongaria adalah konsumen anggur terbesar ke-32. Ukuran penting di sini. Hongaria berukuran hampir sama dengan negara bagian New York, sehingga sulit untuk bersaing dengan raksasa seperti AS. Melihatnya berdasarkan per kapita, orang Hongaria minum 21,2 liter anggur per orang setiap tahun.

Prancis jauh di depan dengan 43,7 liter per orang, dan Amerika berada di belakang dengan 11 liter per kapita. Kabar baik (atau buruk?) adalah bahwa sebagian besar anggur yang dikonsumsi Hongaria adalah anggur lokal. Artinya, tidak banyak yang tersisa untuk pasar internasional. Maaf! Bagaimanapun, kami adalah satu-satunya yang dapat memahami (dan membaca) label anggur kami.

Anggur Yang Tumbuh di Hongaria

Anggur putih

Tujuh puluh persen kebun anggur Hongaria (41.000 hektar) ditanami anggur putih. Varietas yang paling banyak ditanam adalah Bianca (4.800 hektar), anggur yang tidak dikenal yang tidak sering digunakan untuk pembuatan anggur. Mengapa begitu banyak hektar Bianca? Mudah diproduksi, tidak rentan terhadap penyakit kebun anggur, dan sangat beradaptasi dengan baik di tanah Kunság (ingat, itu adalah wilayah terbesar kami). Bianca sebagian besar digunakan untuk memproduksi anggur curah.

Peringkat berikutnya adalah Cserszegi Fűszeres yang sulit diucapkan, dengan 3.900 hektar tanaman merambat yang ditanam. Varietas aromatik ini adalah persilangan Hungaria (anggur buatan menggunakan dua varietas dari spesies yang sama), yang dibuat pada 1960-an. Namanya berarti “yang pedas dari Cserszeg,” dan dinamai berdasarkan kota tempat Profesor Karóly Bakonyi menciptakan varietas, Cserszegtomaj di pantai utara Danau Balaton.

Varietas ketiga yang paling banyak ditanam di Hungaria adalah Furmint tercinta, dengan luas 3.700 hektar. Mengapa kita menyukai Furmint? Ini membantu agar mudah diucapkan! Ini adalah anggur serbaguna yang dapat menghasilkan setiap jenis anggur putih dari anggur bersoda kering tulang hingga anggur penutup yang manis dan lezat.

Itu juga benar-benar mencerminkan tempat di mana ia ditanam, atau sebagaimana orang Prancis menyebutnya, terroir. Furmint dikenal sebagai anggur paling penting di Tokaj, dan Tokaj adalah wilayah terpenting di Hongaria. Itu juga ditanam di dekat Danau Balaton dan di wilayah Somló yang kecil tapi perkasa.

Varietas berikutnya dalam popularitas dulunya adalah varietas yang paling banyak ditanam di Hongaria (dan paling sering terlihat pada label anggur). Kini, Olaszrizling turun ke posisi ke-4 dari total luas tanam 3.300 hektar. Seperti kata pepatah “untuk Hongaria, anggur berarti Olaszrizling dan Olaszrizling berarti anggur.

” Mudah di kebun anggur (tidak rentan terhadap penyakit), dan mudah di ruang bawah tanah (berfermentasi dengan cara yang andal dan menghasilkan anggur yang seimbang). Ini adalah anggur terbaik untuk ditanam jika Anda tidak ingin terlalu khawatir tentang kebun anggur Anda. Jika dibuat dengan benar, ia dapat menghasilkan anggur yang luar biasa, tetapi bila dilakukan tanpa banyak perhatian, ia menghasilkan anggur fröccs (artinya paling baik dengan percikan soda).

Berada di urutan kelima di Hungaria adalah putri dunia, Chardonnay, dengan luas 2.150 hektar. Dunia menyukai Chardonnay karena relatif mudah tumbuh, matang lebih awal (yang sangat bagus untuk tempat beriklim sejuk seperti Hongaria), dapat menghasilkan berbagai gaya anggur (seperti kaleng Furmint), dan orang-orang mengenalinya dan membelinya! Chardonnay telah menjadi taruhan yang aman untuk perkebunan anggur di Hongaria. Tetapi seperti yang Anda lihat dari peringkat, kami masih lebih memilih varietas asli kami. Semoga tetap seperti itu!

Anggur merah

Dengan 18.000 hektar anggur merah yang ditanam, sekitar 30 persen anggur Hungaria berwarna merah atau mawar. Kékfrankos berada di posisi nomor satu, menang dengan knock-out, dengan 7.150 hektar lahan yang ditanami. Kékfrankos adalah cerminan dari profil anggur Hongaria segar, buah, mudah diminum, dengan potensi penuaan yang besar. Di Austria, di mana varietas itu berasal, disebut Blaufränkisch, dan hanya ada 3.000 hektar yang ditanami. Hal ini menjadikan Hungaria negara dengan areal Kékfrankos terbesar! Akhirnya, kita menang dalam sesuatu!

Di tempat kedua, ketiga dan kelima kami memiliki BFF Bordeaux: Cabernet Sauvignon (2.500 hektar), Merlot (1.900 hektar), dan Cabernet Franc (1.300 hektar). Merlot dan Cabernet Sauvignon senang bersama, dan memang ditakdirkan untuk bersama. Cabernet Sauvignon yang tannic dan bertubuh penuh mendapat manfaat dari buah Merlot dan lebih lembut, itulah sebabnya mereka biasanya dicampur.

Meskipun Hongaria sering terlalu dingin untuk mematangkan Cabernet Sauvignon, ia berdiri di tempat kedua yang solid dalam barisan merah Hongaria. Cabernet Franc yang lebih cocok (kebanggaan wilayah Villány) adalah merah ke-5 yang paling banyak ditanam di Hongaria, matang 10 hari lebih awal dari putranya (secara genetis) Sauvignon. Ini menjadikan Franc varietas yang lebih cocok untuk wilayah selatan Villány dan Szekszárd yang cukup hangat.

Zweigelt, varietas Austria lainnya, adalah varietas merah ke-4 yang paling banyak ditanam di Hongaria, dengan luas 1.500 hektar. Zweigelt diciptakan oleh Profesor Fritz Zweigelt dari Austria pada tahun 1920-an. Ini beradaptasi dengan baik dengan iklim yang lebih dingin di wilayah Sopron, Eger, dan Bükk di Hongaria utara, di mana ia termasuk yang paling banyak ditanam. Itu membuat anggur merah ringan dan menawan dengan rasa buah delima dan ceri asam. Jika Anda menyukai Beaujolais, Anda akan menyukai Zweigelt!