Sat. May 21st, 2022

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Orang Hungaria dan Budayanya – Dalam posting ini saya akan memberitahu Anda beberapa hal tentang Hongaria yang dapat membantu Anda memahami mereka lebih baik dan mengatasi hambatan budaya ketika Anda bepergian ke Budapest atau bagian lain dari Hongaria.

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Orang Hungaria dan Budayanya

hungaria – Orang Hongaria tidak terlalu mudah terbuka, Orang Hongaria dianggap sebagai orang yang tertutup dan pendiam. Mereka pada dasarnya ramah, sopan, dan biasanya berpikiran terbuka, tetapi tidak mudah didekati. Mereka juga sangat lugas dan jarang menyembunyikan ketidakpuasan mereka. Jika mereka tidak menyukai sesuatu, mereka akan segera memberi tahu Anda.

Kebanyakan orang Hongaria memandang orang asing dengan skeptis dan cenderung curiga terhadap orang yang tidak mereka kenal. Sebagian alasannya adalah kendala bahasa. Sistem pendidikan mereka tidak sebaik di negara-negara Eropa lainnya, sehingga lebih sedikit orang yang berbicara bahasa asing.

Tidak seperti orang Rumania, yang tampak sangat hangat dan ramah kepada orang asing , orang Hongaria akan menjaga jarak sampai mereka mengenal Anda lebih baik. Tapi begitu Anda mendapatkan kepercayaan mereka, mereka akan menjadi teman yang paling bisa diandalkan, setia, dan jujur ​​yang pernah Anda miliki.

Orang Hongaria sangat bangga dengan warisannya

Ada banyak nasionalisme di Hongaria. Kebanyakan orang Hongaria sangat bangga dengan negara mereka, terutama generasi yang lebih tua. Itu sebagian karena fakta bahwa Hongaria dulunya adalah negara besar yang memerintah Eropa Tengah selama ratusan tahun.

Orang Hongaria adalah pejuang pemberani yang bertempur dalam pertempuran hebat, tetapi sejarah tidak bersahabat dengan mereka. Mereka percaya negara mereka masih akan menjadi salah satu negara paling kuat di dunia, tetapi untuk Perjanjian Trianon di mana Hongaria kehilangan dua pertiga wilayahnya.

Hongaria telah hidup melalui pergolakan ekonomi yang besar dan kebanyakan dari mereka, bahkan profesional seperti dokter, profesor dll tidak mampu membayar tingkat pengeluaran yang sama seperti orang asing. Ini entah bagaimana mempengaruhi rasa bangga mereka. Meskipun mereka diam-diam mengagumi budaya dan peradaban barat, mereka tidak siap untuk tunduk di depan siapa pun.

Baca Juga : Produksi Anggur di Hongaria

Orang Hongaria punya alasan bagus untuk bangga pada diri mereka sendiri

Yang benar adalah bahwa orang Hongaria memiliki beberapa alasan bagus untuk bangga dengan negara mereka. Hongaria memiliki salah satu jumlah tertinggi medali Olimpiade per kapita (482 antara pertandingan musim dingin dan musim panas). Ini juga memiliki tim olahraga yang sangat baik, terutama di polo air, anggar, senam dan kayak .

Sepanjang sejarahnya, Hongaria telah menghasilkan banyak matematikawan, pemenang Hadiah Nobel, komposer hebat (Béla Bartók, Franz Liszt) dan seniman.

Hongaria juga telah mempengaruhi industri di seluruh dunia. Misalnya, pendiri Paramount dan Fox Studios memiliki akar Hongaria. Juga, Erno Rubik, seorang profesor arsitektur di Budapest (Hongaria) adalah pencipta Rubik’s Cube yang terkenal. Bahkan pesulap terkemuka Harry Houdini adalah keturunan Hongaria.

Tetapi yang terpenting, orang Hongaria bangga dengan fakta bahwa mereka masih ada. Dengan banyak musuh dan sedikit sekutu, dikelilingi oleh negara-negara dengan bahasa dan budaya yang sangat berbeda dari mereka, mereka berhasil mempertahankan budaya dan identitas mereka selama lebih dari 1.000 tahun.

Nama belakang didahulukan

Ada beberapa fakta tentang budaya Hongaria yang mungkin mengejutkan Anda. Salah satu yang menurut saya cukup menarik adalah urutan nama. Ketika orang Hungaria memperkenalkan diri, mereka akan menyebut nama belakang mereka terlebih dahulu. Misalnya, mereka akan: “ Galffy Laszlo vagyok ,” yang berarti “ Saya Galffy, Laszlo ” (Galffy menjadi nama belakang). Ini sangat membingungkan, kecuali Anda mengetahui urutan nama.

Ketika nama keluarga Hongaria pertama kali muncul, mereka berfungsi untuk membedakan antara orang-orang dengan nama yang sama. Misalnya, karena di desa yang sama terdapat lebih banyak Laszlo, ‘ Galffy ‘ memungkinkan untuk membedakan satu Laszlo dari Laszlo lainnya di komunitas.

Ambil namaku dan ambil semuanya!

Dan berbicara tentang nama. Ketika seorang wanita menikah dengan seorang Hongaria, dia tidak hanya mengadopsi nama keluarga suaminya, tetapi juga nama lengkapnya. Jadi ketika saya menikah dengan suami saya Laszlo Galffy saya secara terbuka menjadi Galffy Laszloné , yang berarti istri Galffy Laszlo.

Di paspor dan dokumen resmi saya, saya tentu saja hanya Anda Galffy. Namun, ketika saya diperkenalkan dengan orang baru di Hungaria, saya dipanggil Galffy Laszloné (istri Laszlo Galffy). Agak lucu, kan?

Makanan adalah urusan serius yang tidak bisa dianggap enteng

Orang Hongaria menganggap makanan sangat serius. Mereka didorong olehnya! Makanan meningkatkan semangat dan menghibur hati yang patah. Ini menyertai diskusi politik, menyimpulkan kesepakatan bisnis, atau membantu merayakan acara bahagia. Makanan bahkan bisa menyembuhkan penyakit! Di Hongaria, makanan adalah budaya dan sejujurnya, makanan Hongaria benar-benar nikmat!

Orang Hongaria banyak berpikir tentang makanan mereka berikutnya. “ Mit kapunk ebédre? ” (Makan siang apa?) Makan siang hari Minggu itu sakral dan hampir selalu merupakan acara tiga hidangan.

Anda mungkin akan memiliki sup, lalu hidangan utama (biasanya daging direbus dengan bawang bombay, bawang putih dan paprika, disertai dengan acar atau asinan kubis dan disajikan di atas pangsit telur). Anda akan selalu selesai dengan gurun, yang dapat bervariasi dari strudel, panekuk dengan selai, kue kenari, atau kue coklat).

Tata krama meja sangat penting!

Ketika orang Hongaria mengundang Anda ke rumah mereka untuk makan, mereka akan menyajikan sejumlah hidangan kepada Anda. Anda diharapkan untuk mencoba semuanya, jadi ambillah porsi kecil.

Mulai makan sebelum tuan rumah/nyonya rumah dianggap serakah dan tidak sopan. Juga, politik dan bisnis tidak dianggap sebagai percakapan meja yang baik.

Orang Hongaria tidak bisa hidup tanpa paprika dan krim asam

Berpegang pada topik makanan, ada dua bahan yang ditambahkan orang Hongaria ke hampir semua hidangan: paprika dan krim asam. Paprika, piros arany Hungaria atau ’emas merah’, adalah bagian penting dari masakan Hungaria dan merupakan rasa dominan dari makanan mereka. Anda akan menemukan paprika di meja restoran sebagai bumbu, di samping tempat garam dan merica.

Saat mengunjungi Hungaria, Anda akan langsung melihat kegemaran orang Hungaria yang asam-krim. Mereka menuangkannya ke hampir semua hal, bahkan pada roti. Mereka memakannya dengan bawang, dengan mentimun, dengan kentang dan ya, bahkan dengan makanan penutup.

Orang Hongaria merasa sulit untuk percaya bahwa Anda tidak dapat mempelajari bahasa mereka

Anda tidak perlu berbicara bahasa Hongaria untuk berkeliling di Budapest. Bahasa Inggris digunakan di sebagian besar tempat wisata, seperti museum, hotel, bar, dan restoran. Tetapi jika Anda bepergian ke luar kawasan wisata, sangat kecil kemungkinan Anda dapat menggunakan bahasa Inggris (atau bahasa lain apa pun dengan token ini).

Anda mungkin menemukan pasangan muda yang akan berjuang untuk memberi Anda arahan jika Anda terlihat benar-benar tersesat, tetapi itu saja. Di luar toko turis, Anda tidak akan bisa membeli apa pun kecuali Anda tahu beberapa kata bahasa Hongaria.

Meskipun tinggal di sekitar orang Hongaria dan menikah dengan orang Hongaria, saya masih tidak bisa berbicara bahasa mereka. Saya tahu banyak kata dan beberapa frasa dasar, tetapi tidak cukup untuk berkomunikasi.

Dalam pembelaan saya sendiri, bahasa Hongaria bukanlah bahasa yang mudah untuk dipelajari dan akan menimbulkan tantangan bagi siapa saja yang mencoba untuk mempelajarinya. Itulah alasan mengapa orang Hongaria sangat menghargai orang yang belajar bahasa mereka atau setidaknya mencoba mengucapkan beberapa kata. Meskipun demikian, dalam pikiran kerabat Hongaria saya, benar-benar tidak ada alasan bagi saya untuk tidak berbicara bahasa Hongaria setelah sekian lama!

Etiket Hongaria

Etiket Hongaria sangat mirip dengan banyak negara Eropa lainnya . Jabat tangan adalah salam normal, tetapi pria harus selalu menunggu wanita untuk menawarkan tangannya terlebih dahulu. Anda masih akan melihat generasi yang lebih tua membungkuk sebagai salam, atau mencium tangan wanita itu.

Jika diundang ke rumah orang Hongaria untuk makan, bawalah sekotak cokelat yang enak, bunga, atau minuman keras Barat. Jangan membawa anggur, karena orang Hongaria bangga dengan anggur Hongaria dan mereka menganggap diri mereka ahli dalam memetiknya. Datang terlambat dianggap tidak sopan. Dalam kebanyakan kasus, Anda diharapkan datang 10-15 menit lebih awal.

Orang Hongaria dan Transylvania

Mereka yang melakukan perjalanan ke Hungaria diharapkan memiliki pengetahuan dasar tentang sejarah negara tersebut. Satu hal yang sulit diatasi oleh Hongaria adalah kehilangan Transylvania ke Rumania .

Ini adalah hasil dari Perjanjian Trianon pada tahun 1920, ketika Hongaria kehilangan sekitar dua pertiga wilayahnya ke negara-negara tetangganya. Bukan karena orang Hongaria berpikir bahwa Transylvania adalah milik mereka , tetapi bahwa itu adalah milik mereka selama berabad-abad. Dan banyak orang Hongaria mengalami kesulitan untuk “melepaskannya.”

Apa yang tidak boleh Anda katakan kepada orang Hongaria

Orang Hongaria sangat bangga dengan anggur dan minuman beralkohol mereka. Kejutan kejutan! Apakah ada sesuatu tentang diri mereka yang tidak mereka banggakan? Menolak minum pálinka saat ditawarkan, atau memberi tahu orang Hongaria bahwa Anda tidak menyukai anggur Hongaria, pasti akan dianggap sebagai pelanggaran besar.

Hal kedua yang akan membuat mereka kesal adalah menganggap bahwa kehidupan di Hongaria lebih baik sejak jatuhnya Komunisme. Ketika Tembok Berlin runtuh, beberapa orang di Hongaria berkembang pesat, tetapi banyak yang masih merasakan efek kehilangan pekerjaan tetap dan gaji yang diberikan Komunisme. Orang Hongaria bangga dengan masakan mereka, jadi pergi ke negara mereka dan tidak makan makanan lokal pasti akan memicu ketidaksetujuan.